Youtube Marketing: Pengertian, Cara Kerja dan Strateginya

Youtube Marketing Pengertian, Cara Kerja dan Strateginya

Di era perkembangan digital, Anda berkesempatan besar dalam mencari cuan melalui platform Youtube. Youtube menjadi platform promosi paling efektif dalam dunia marketing melalui platform Youtube Marketing. Youtube Marketing adalah salah satu platform promosi yang menguntungkan. Simak penjelasan lengkap mengenai apa itu Youtube Marketing pada artikel ini.

Apa Itu Youtube Marketing?

Youtube Marketing merupakan media pemasaran secara online dalam meningkatkan penjualan bisnis. Sebagai salah satu digital marketing, Youtube banyak digunakan dalam mengembangkan dan memperluas jangkauan target pasar sehingga membuka peluang keuntungan yang optimal.

Apa Itu Youtube Marketing

Youtube menjadi strategi digital yang paling tepat digunakan oleh pelaku bisnis jejaring internet. Platform ini memungkinkan pengguna untuk melihat video konten dalam mempromosikan produk atau jasa tertentu sehingga menarik untuk membelinya.

Manfaat Youtube Marketing

Berikut beberapa manfaat Youtube Marketing adalah:

1. Menjangkau Audiens Lebih Luas

Pengguna Youtube saat ini mencapai angka 2 milliar dan terus bertambah dalam setiap bulannya. Dalam setiap bulan, pengguna Youtube menonton video hingga 1 milliar jam. Ini artinya, platform Youtube menjangkau audiens lebih luas dan dapat disesuaikan dengan campaign.

2. Menjangkau Pelanggan Potensial

Youtube menjadi website yang paling banyak dikunjungi nomor 2 setelah Google. Youtube ini memungkinkan semua bisnis dapat menjangkau pelanggan kapan pun dan di mana pun. Artinya, melalui konten video yang ditelusuri oleh pengguna Youtube dapat dijadikan sebagai pelanggan yang potensial.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Dari setiap logo dan foto profil perusahaan yang berada di video Youtube dapat menjadi langkah dalam meningkatkan brand awareness. Hal ini dikarenakan pengguna Youtube akan melihat brand tersebut pada setiap konten video yang ditontonnya.

Bagaimana Cara Kerja Youtube Marketing

Bagaimana Cara Kerja Youtube Marketing?

Pada dasarnya Youtube Marketing adalah sebuah praktik pemasaran produk yang dilakukan melalui kanal Youtube. Dengan mengunggah video pada Youtube, maka secara tidak langsung mempromosikan mengenai produk yang dijual oleh perusahaan atau pun iklan perusahaan.

Baca Juga:  Collateral Definition Marketing: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Adapun cara kerja Youtube Marketing yaitu menentukan target konsumen dengan melakukan segmentasi seperti sosial-budaya, tempat tinggal, penghasilan dan usia. Selanjutnya, unggah konten kreatif dan menarik sesuai dengan segmentasi target konsumen yang diinginkan.

Selanjutnya, gunakan tools Youtube Marketing. Untuk itu, pastikan Anda memahami cara penggunaan dan fungsi masing-masing tools. Namun, secara umum tools dari Youtube Marketing digunakan untuk memantau dan mengevaluasi konten sehingga menjamin efektivitas strategi marketing yang dilakukan.

Bagaimana Strategi Youtube Marketing

Adapun strategi Youtube Marketing yang perlu Anda lakukan dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa yang ditawarkan adalah:

Bagaimana Strategi Youtube Marketing

1. Membuat Channel Youtube

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk melancarkan strategi Youtube Marketing adalah membuat kanal Youtube. Dalam membuat kanal Youtube ini, Anda dapat menggunakan email reguler atau pun perusahaan secara langsung. Dengan begitu, Anda dapat memulai strategi pemasaran melalui Youtube sesuai dengan brand yang Anda buat.

2. Melakukan Riset Target Audiens

Melakukan riset mengenai target audiens sangat perlu dilakukan guna mengetahui demografi Youtube. Anda dapat memulai menjelajahi usia, lokasi dan juga preferensi tampilan untuk memenuhi kebutuhan pengguna Youtube.

Membuat konten video yang didasarkan pada keinginan dan juga kebutuhan pengguna, maka akan semakin menarik audiens. Apalagi jika sudah memiliki kanal Youtube bisnis, maka Anda akan mudah menganalisis dan menemukan preferensi audiens.

3. Melakukan Analisis Kompetitif

Melihat Youtube merupakan platform besar dan digunakan oleh pelaku bisnis di seluruh penjuru dunia, tentunya akan menciptakan persaingan yang tinggi. Dengan melakukan analisis kompetitif, maka Anda dapat mencari peluang bisnis yang tepat pada akun Youtube Anda.

Anda dapat melakukan analisis mulai dari 3 hingga 5 pesaing yang paling sukses melalui keyword tertentu. Dengan begitu, Anda dapat melihat peringkat dari brand tersebut sehingga dapat memperhitungkan analisis persaingan di pasar online.

4. Mempelajari Algoritma Video Youtube

Dalam menghasilkan video yang trending, Youtube memiliki algoritma tersendiri. Untuk itu, perlu membuat thumbnail yang mudah dikenali, judul konten yang optimal dan deskripsi video yang merujuk pada keyword.

Dengan mempelajari algoritma Youtube ini, maka Anda memiliki prioritas di atas kanal lain dan mendapatkan lebih banyak viewers. Agar judul semakin mudah ditelusuri, pastikan Anda meletakan kata kunci yang kuat dan sesuai dengan brand perusahaan Anda.

Baca Juga:  Customer Centric: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya 

5. Upload Konten Secara Konsisten

Upload konten secara konsisten dapat meningkatkan algoritma Youtube sesuai dengan porsinya. Anda dapat memulai dengan membuat jadwal upload konten tepat waktu. Ini akan membantu subcriber Anda mengetahui konten terbaru dan usahakan konten sesuai dengan tren saat ini.

Pastikan Anda mengunggah video pada kanal Youtube dengan memilih hari dan waktu yang tepat. Pada saat itu, jumlah viewers akan berada pada posisi tertinggi. Untuk melihat waktu yang tepat untuk mengunggah video, Anda dapat membuka analitik pada Youtube.

6. Mengisi Deskripsi Lengkap Channel Youtube

Untuk menghindari kesalahpahaman dengan audiens, diperlukan deskripsi secara lengkap mengenai informasi dan maksud dari konten tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan link pada sosial media untuk memperluas brand Anda.

7. Mengukur Aktivitas Youtube

Setelah berhasil mengunggah konten Youtube secara konsisten, maka Anda dapat melihat Youtube Analytics untuk mengukur aktivitas kanal Youtube Anda. Melalui Youtube Analytics ini, Anda akan melihat perubahan jumlah subscriber, demografi audiens, laporan perangkat dan sumber lalu lintas.

Terlepas dari strategi yang dilakukan, tips agar Youtube Marketing Anda sukses adalah mempelajari lebih dalam mengenai tools Youtube, meninjau konten hingga mengikuti kursus IT. Untuk itu, Coding Studio hadir dengan mentor berkualitas agar kemampuan Youtube Marketing Anda semakin meningkat. Mengingat Youtube Marketing adalah hal yang sangat penting untuk bisnis saat ini.

Related Articles