Thumbnail Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Thumbnail Adalah Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Umumnya, thumbnail adalah elemen yang akan sering kita jumpai ketika menjelajahi video internet, blog, hingga konten tertentu. Perannya juga terbilang penting, yakni menjadi kesan awal dari suatu konten. Jika tampilan thumbnail menarik, umumnya para audiens akan lebih mudah terpikat.

Pengertian Thumbnail

Lantas, apa itu thumbnail dan seperti apa cara kerjanya? Secara harfiah, thumbnail merupakan representasi kecil dari suatu konten yang lebih besar. Dalam dunia digital, thumbnail menjadi bagian kecil yang akan dilihat sebelum audiens menelusuri suatu gambar secara utuh.

Pengertian Thumbnail

Dengan kata lain, thumbnail menjadi gambar kecil yang akan mewakili konten secara keseluruhan. Saat seseorang melihat suatu thumbnail yang menarik, ia akan mengklik gambar mini tersebut untuk melihat gambar atau konten yang lebih besar dan jelas.

Thumbnail banyak digunakan dalam dunia bisnis toko online, video internet, blog, dan berbagai konten lainnya. Ukurannya juga lebih kecil agar dapat digunakan dalam penelusuran seluler. Beberapa mesin pencari bahkan membuat thumbnail secara otomatis saat proses pengeditan. 

Manfaat Penggunaan Thumbnail

Umumnya, ukuran suatu thumbnail adalah 75×75 pixel, 100×150 pixel, atau 200×200 pixel. Dalam berbagai bisnis, thumbnail banyak digunakan karena manfaatnya yang terbilang luas. Adapun manfaat yang dimaksud seperti:

Manfaat Penggunaan Thumbnail

1. Lebih terlihat interaktif

Thumbnail dikenal akan selalu melibatkan pengguna situs web tertentu. Hal ini terlihat dari aktivitas mereka saat akan melihat konten, yakni dengan mengklik thumbnail terlebih dahulu. Dengan demikian, thumbnail dapat dijadikan sebagai media yang interaktif untuk dekat dengan audiens.

2. Ramah bagi pengguna

Adapun manfaat thumbnail yang lain yakni ramah bagi pengguna, terutama jika berkaitan dengan gambar. Thumbnail seperti ini dapat diketahui dengan cepat sehingga para audiens akan mendapatkan gambaran konten yang akan dilihatnya.

Baca Juga:  Tips dan Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik

3. Menghemat ruang konten

Selain itu, thumbnail juga akan memungkinkan ruang yang lebih kecil dalam suatu konten. Meski demikian, mengklik suatu thumbnail akan membawa para audiens ke dalam kontan media yang berukuran asli, baik dibuka di laman yang sama atau di tab yang baru. 

Tips untuk Membuat Thumbnail

Seperti yang sudah dipahami, thumbnail adalah elemen penting yang wajib dibuat, terutama dalam pembuatan konten seperti video Youtube. Meski demikian, Anda perlu memahami beberapa tips penting untuk membuat thumbnail ini, seperti:

1. Ambil salah satu bagian dari konten 

Salah satu tips saat akan membuat thumbnail tentunya mengambil bagian dari konten yang sebelumnya Anda buat. Misalnya jika thumbnail dibuat untuk video Youtube, maka akan lebih baik jika Anda memilih salah satu cuplikan dari video untuk kemudian dijadikan gambar utama thumnail.

2. Hindari judul yang misleading

Adapun tips membuat thumbnail yang lain yakni dengan menambahkan judul hingga tulisan yang menarik. Pilih tulisan yang akan memberikan gambaran tentang isi konten tersebut, namun pastikan bukan yang bersifat click bait agar konten tersebut tidak dipandang buruk oleh audiens.

3. Pastikan ukuran dan warna yang menarik

Supaya audiens lebih tertarik, memilih desain yang apik dalam suatu thumbnail memang merupakan hal yang penting. Gunakan warna, font, hingga efek stiker yang menarik. Jangan lupa atur ukuran thumbnail agar tidak pecah dan sesuai dengan konten.

Cara Mudah Membuat Thumbnail

Cara Mudah Membuat Thumbnail

Salah satu tips lain dalam membuat thumbnail adalah memilih tools yang tepat sehingga thumbnail dapat dibuat dengan baik. Saat ini, sudah ada berbagai aplikasi dan website yang dapat membantu pembuatan thumbnail secara menarik, seperti Canva, Adobe Photoshop, dan sebagainya.

Untuk membuat thumbnail tersebut, diperlukan latar belakang atau background gambar yang representatif. Selain itu, pastikan juga Anda mengikuti ukuran thumbnail yang tepat. Misalnya dalam video Youtube, pastikan resolusi gambar berukuran 1280×720 dengan lebar minimal 640 pixel.

1. Membuat thumbnail dengan Canva

Terdapat banyak template yang Canva sediakan untuk Anda membuat thumbnail dalam berbagai keperluan, termasuk untuk video Youtube. Anda dapat memilih template tersebut akan mengubahnya sedikit untuk kemudian di-upload pada media konten Anda,

Baca Juga:  Mengenal Gateway, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

2. Berkreasi membuat thumbnail dengan Photoshop

Adapun cara membuat thumbnail yang lain yakni dengan membuatnya dari awal, yakni dengan memilih ukuran 1280×720 pixel dan resolusi 300. Tambahkan gambar atau foto yang ingin dijadikan sebagai thumbnail, berikan tulisan dan setelah selesai bisa langsung Anda tambahkan pada konten.

3. Buat thumbnail Youtube di Android

Anda yang ingin membuat thumbnail Youtube juga dapat memanfaatkan aplikasi Youtube di Android. Caranya dengan mengunjungi koleksi video Anda, kemudian pilih “Edit thumbnail” untuk kemudian memilih thumbnail yang dibuat otomatis dari video yang akan di-upload.

Contoh Aplikasi Thumbnail

Penggunaan dan contoh thumbnail mungkin lebih sering kita jumpai pada video konten seperti Youtube. Padahal, thumbnail juga dapat kita temui pada berbagai media seperti animasi GIF, toko online, hingga berbagai opsi pengelola file.

Semuanya juga memiliki tujuan yang sama, yakni menyediakan gambaran dari produk atau konten yang akan dilihat oleh audiens. Anda dapat membuat thumbnail yang disesuaikan dengan website tempat konten tersebut diunggah.

Itulah beberapa hal mengenai thumbnail yang wajib Anda pahami, terutama sebagai pembuat konten. Meskipun berukuran kecil, thumbnail adalah hal penting yang akan membawa audiens Anda ke dalam konten yang Anda sediakan.

Ingin semakin ahli dalam bidang IT untuk mendukung konten yang dibuat? Tentunya Anda perlu menambah pengetahuan melalui Coding Studio. Sebagai platform pelatihan IT dengan kurikulum ter-update, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas pembelajaran yang disediakan.

Related Articles