Mengenal Pengertian Internet, Sejarah dan Manfaatnya

Internet adalah sistem jaringan yang mampu menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain. Keberadaannya saat ini seolah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Hampir berbagai aktivitas manusia membutuhkan jaringan internet.

Mulai dari menyelesaikan pekerjaan hingga hal-hal yang bersifat hiburan, seperti bermain game online. Bahkan untuk melakukan komunikasi saat ini mayoritas orang mengandalkan internet.

Pengertian Internet

Untuk memberikan pemahaman yang lebih lanjut, pengertian internet yaitu sistem jaringan yang menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan komputer dari berbagai belahan dunia.

Pengertian Internet

Apa itu internet sebenarnya merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jaringan ini memungkinkan Anda bisa berkomunikasi dan berbagi informasi dengan siapa saja serta dari mana saja.

Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) merupakan standar teknologi yang mendukung internet secara global. TCP/IP dalam internet adalah protokol untuk pertukaran paket yang dapat digunakan oleh pengguna yang tersebar di dunia. Proses ini menghubungkan serangkaian internet sekaligus penerapan aturannya yang populer dengan istilah internetworking.

Sejarah Internet

Sejarah internet dimulai tahun 1960 ketika Departemen Pertahanan USA membuat jaringan yang selanjutnya bernama ARPANET melalui ARPA (Advanced Research Project Agency). ARPANET ini menjadi embrio keberadaan jaringan internet.

Lalu pada taun 1980an, jaringan ini sudah digunakan beberapa kampus walaupun sifatnya masih terbatas. Sementara untuk protokol standar TCP/IP pertama kali muncul tahun 1982. Barulah tahun 1986 berdiri NSFNET (National Science Foundation Network) yang menggantikan ARPANET. 

Namun secara resmi, ARPANET baru diturunkan sekitar tahun 1990. Kemudian CERN memperkenalkan layanan bernama WWW (World Wide Web). Tahun 1993, pengembangan internet mulai muncul yang berfungsi untuk meregistrasikan nama domain. 

Internet baru masuk ke Indonesia sekira tahun 1994. Pada tahun inilah, orang-orang IT mulai mengenalkan internet pada masyarakat secara luas.

Saat jaringan sudah ditemukan, perkembangan internet mengalami perubahan signifikan. Mulai dari cakupan, transmisi, kecepatan hingga penggunaannya. Cakupan tersebut lebih kepada jangkauan wilayah yang bisa menggunakan internet.

Baca Juga:  Apa Itu Feedback? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tipsnya

Sampai saat ini, banyak negara yang berusaha memperluas jangkauan internet melalui satelit. Sebab, satelit inilah yang menjadikan jangkauan internet semakin luas.

Soal transmisi data juga terus mengelami perkembangan dari tahun ke tahun. Begitu pula dengan kecepatannya, yang mana pengembangannya saat ini sudah mencapai 5G. 

Sementara dari segi pengguna pun semakin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan menjadikannya sebagai kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari masyarakat.

Manfaat Internet

Setelah mengetahui pengertian dan sejarahnya, selanjutnya ketahui pula manfaat internet sebagaimana berikut ini.

Manfaat Internet

Komunikasi dan Informasi

Di jaman serba digital saat ini, masyarakat merasakan kemudahan dalam melakukan komunikasi dengan orang lain. Komunikasi bisa Anda lakukan secara visual, audio dan audio visual tanpa terhalang oleh jarak dan waktu.

Masyarakat juga bisa mencari berbagai jenis informasi yang mereka butuhkan dengan mudah menggunakan internet. Sebab, internet mampu menghubungkan berbagai perangkat dalam dunia maya untuk saling bertukar data.

Untuk mencari informasi melalui internet, Anda cukup mengetikan kata kunci tertentu pada mesin pencarian Google. Lalu, berbagai jenis informasi akan muncul secara otomatis, Anda bisa memilih mana yang paling relevan.

Pendidikan

Internet menjadi salah satu faktor yang bisa membantu proses belajar dan mengajar. Anda bisa mengakses sekaligus mendapatkan informasi berupa jurnal, artikel, modul, pengetahuan umum dan sebagainya.

Cara paling mudah untuk mendapatkan informasi dunia pendidikan adalah dengan akses ke Google Scholar. Selain itu, internet juga memfasilitasi pembelajaran secara online melalui Google Meet atau Zoom.

Hiburan

Banyak orang yang mencari hiburan dengan memanfaatkan internet. Terlebih jenis hiburan yang tersedia semakin banyak belakangan ini, seperti streaming video, menonton serial TV atau film, bermain game online dan sebagainya. Bahkan belakangan ini banyak orang yang lebih memilih hiburan dari internet daripada menonton TV atau mendengarkan radio. 

Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, internet membantu Anda dalam mengakses berbagai informasi mengenai kesehatan. Bahkan saat ini sudah banyak situs ataupun aplikasi yang memfasilitasi seseorang untuk berkonsultasi langsung dengan dokter menggunakan internet. 

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Weebly dan Kelebihan dan Kekurangannya

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi untuk menjaga kesehatan. Misalnya pola hidup sehat, mencari gerakan workout, rekomendasi makanan sehat dan sebagainya.

Bisnis

Bisnis adalah bidang yang paling mengambil keuntungan dari internet. Pebisnis bisa memasarkan produknya melalui internet. Bahkan internet juga memfasilitas transaksi jual beli dilakukan secara online.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya menjadi seorang YouTuber, Content Creator, Blogger, Freelancer dan sebagainya.

Dampak Negatif Internet

Dampak Negatif Internet

Internet adalah jaringan yang menawarkan berbagai kemudahan. Namun di samping kelebihannya terdapat pula dampak negatif internet sebagaimana penjelasan berikut ini.

Cyber Crime

Internet memungkinkan cyber crime berkembang dengan pesat, seperti penipuan online dan peretasan data. Kehadirannya juga mampu memunculkan spamming, hacking dan cracking yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Konten Ilegal

Pembuatan konten ilegal juga tidak terlepas dari kemudahan ini, misalnya konten pornografi. Melalui internet, penyebarluasan konten ilegal menjadi semakin mudah. Hal ini tentu berbahaya bagi anak-anak di bawah umur yang bisa mengaksesnya dengan mudah.

Penyebaran Hoax

Internet juga bisa berperan dalam memanipulasi dan mengembangkan hoax. Tidak adanya pembatasan konten, membuat penyebarannya semakin cepat. Keberadaan hoax bisa berdampak besar bagi masyarakat, misalnya kegelisahan, perpecahan dan sebagainya.

Itulah penjelasan tentang internet adalah sistem jaringan yang mampu menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya. Jika ingin mencari keuntungan dari internet, seperti membangun website, Anda harus mahir dalam menguasai IT. Caranya bisa mengikuti kursus IT di Coding Studio.