Mengenal Apa Itu ICT? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Macam-Macamnya

Mengenal Apa Itu ICT Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Macam-Macamnya

ICT adalah teknologi sistem informasi yang berperan dalam sektor riil. Perannya sangat penting untuk kebutuhan bisnis dan industri. Namun dalam dunia pendidikan juga membutuhkan teknologi ini.

Sebenarnya ICT juga populer dengan istilah TIK (Teknologi Informasi Komunikasi). Teknologi ini merupakan konsep besar untuk mengembangkan TIK itu sendiri.

Apa Itu ICT?

Apa itu ICT merujuk pada singkatan Information and Communication Technology yang familiar dengan istilah TIK. Jadi, ICT adalah konsep dasar yang berisikan beberapa bidang, yang mana fokus pengembangannya ada pada perkembangan dalam teknologi, informasi dan teknologi.

Apa Itu ICT

Namun ICT juga merujuk pada teknologi untuk berkomunikasi, pengelolaan dan pendistribusian informasi. Secara umum, teknologi ini bisa berupa komputer, telepon, internet, radio, televisi dan sebagainya.

Sejarah Perkembangan ICT

Sejarah perkembangan ICT ini muncul pertama kali pada tahun 1837 yang perkembangannya semakin pesat sampai saat ini. Kemunculannya pertama kali melalui telegraf yang ditemukan oleh Samule Morse. Telegraf memfasilitasi pengiriman pesan secara jarak jauh dengan menggunakan sinyal Morse. 

Lalu tahun 1876, muncul telepon yang ditemukan Alexander Graham Bell. Kemudian muncul kembali mesin tik dan telegraf yang mempercepat proses pertukaran pesan.

Barulah sekitar 1940, muncullah komputer elektronik yang diperkenalkan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Tujuan utama penggunaan komputer elektronik ini dengan tujuan militer dan ilmiah. Barulah pada tahun 1950an dan 1960an mulai muncul komputer yang bisa digunakan untuk kebutuhan komersial.

Semakin pesat perkembangannya, tahun 1969 mulai muncul internet yang pertama kali dikembangkan ARPANET. Kemudian tahun 1989 muncul WWW (World Wide Web) yang memungkinkan akses informasi melalui laman web. 

Barulah kemudian di tahun 2000an, kemajuan pesat teknologi digital semakin berkembang. Komputer pribadi menjadi semakin terjangkau, lalu perangkat mobile mendominasi pasar. Perkembangan era digital juga semakin masif dengan munculnya media sosial, email dan sebagainya.

Baca Juga:  Open Source Adalah: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, perkembangan ICT sudah semakin mengalami inovasi. Misalnya adanya cloud computing, Artificial Intelligent, big data dan IoT (Internet of Things) yang sudah menjadi solusi komunikasi tidak terbatas.

Fungsi dan Manfaat ICT

Untuk pemahaman Anda, fungsi ICT dan manfaat ICT juga perlu Anda ketahui. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Fungsi dan Manfaat ICT

Penyimpanan Data

ICT adalah sistem informasi yang berguna untuk pengumpulan dan penyimpanan data. Melalui bantuan software dan hardware, data bisa Anda ambil, olah dan disimpan secara efisien.

Pengolahan Data

Anda bisa memproses dan analisis data secara akurat dan cepat. Melalui algoritma dan hardware khusus, Anda bisa melakukan identifikasi tren, pola dan wawasan yang ada dalam data.

Komunikasi

Konsep dasar ICT memungkinkan Anda berkomunikasi dan kolaborasi dengan orang-orang secara efisien. Misalnya melalui pesan instan, email, video konferensi, media sosial, telepon dan platform lainnya. Anda bisa berinteraksi sekaligus bekerja sama tanpa terbatas oleh kondisi geografis.

Akses Informasi

Akses informasi bisa dengan mudah Anda dapatkan dari berbagai sumber. Melalui internet, Anda bisa mencari informasi, menjelajah dunia, membaca berita dan sebagainya secara mudah dan cepat.

Meningkatkan Efisiensi

Keberadaan ICT juga membantu dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi berbagai bidang. Misalnya dalam dunia bisnis, sistem manajemen informasi yang terintegrasi dapat membuat proses bisnis berjalan secara otomatis, meningkatkan produktivitas pegawai dan optimalisasi inventaris.

Macam ICT

Berikut ini beberapa macam ICT yang harus Anda ketahui. 

Multimedia

Jenis teknologi multimedia ini berguna untuk menghasilkan video, foto, lagu, objek visual, animasi dan sebagainya. Misalnya kamera, alat perekam, handycam dan sebagainya.

Jaringan

Perangkat saat ini membutuhkan jaringan ketika mengoperasikannya. Jaringan ini bisa berupa kabel LAN, internet, modem dan sebagainya. Jaringan juga menjadi kebutuhan untuk melakukan komunikasi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya.

Baca Juga: LAN Adalah: Definisi, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Media CAI

CAI (Computer Assisted Instruction) merupakan media pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif. Hasil dari multimedia ini bisa berupa video, teks, foto dan suara.

Baca Juga:  Mengenal Gateway, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Media Sosial

Medis sosial belakangan ini penggunaannya semakin masif, misalnya Instagram, TikTok, Facebook, YouTube dan sebagainya. Bahkan penggunaannya sudah digunakan dalam dunia bisnis untuk melakukan transaksi dan promosi produk.

Software

Software yang dimaksud bisa berupa HTML, PHP, CSS, browser dan sebagainya. Adanya software dan hardware dapat mendukung kinerja jaringan, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Contoh ICT

Penerapan ICT sebenarnya bisa Anda lihat dari contoh ICT itu sendiri. Penasaran apa saja contohnya? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Contoh ICT

E-learning

Kemajuan TIK memungkinkan pembelajaran secara e-learning bisa berjalan secara lancar untuk kebutuhan pendidikan. Melalui e-learning, para siswa bisa mengikuti kursus, mengakses materi, interaksi dengan guru dan menyelesaikan tugas online.

E-commerce

E-commerce membuat transaksi bisnis bisa Anda lakukan secara online, baik sebatas pelayanan ataupun penjualan produk. Pelanggan bisa membeli barang ataupun menggunakan layanan tanpa datang langsung ke toko fisiknya sehingga lebih praktis dan lebih simpel.

Smart Homes

Saat ini konsep rumah pintar sudah banyak digunakan. Melalui perangkat yang bisa terhubung ke kamera keamanan, speaker pintar dan sebagainya, maka penghuni rumah bisa mengontrol aspek-aspek rumah hanya menggunakan smartphone saja.

Telemedicine

Konsultasi dengan dokter saat ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan ICT. Sehingga Anda tidak harus datang ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi medis.

Itulah penjelasan singkat tentang ICT adalah teknologi komunikasi dan informasi. Pembelajaran berbasis ICT bisa Anda lakukan dengan mudah melalui kursus IT secara online di Coding Studio.

Related Articles