Tips Digital Marketing untuk Bisnis di Bulan Ramadan

Di bulan Ramadhan, perilaku belanja seseorang semakin meningkat. Tips digital marketing di bawah ini dapat dijadikan sebagai langkah dalam meningkatkan omzet penjualan dari bisnis yang Anda miliki.

Apa Saja Jenis Digital Marketing?

Digital marketing merupakan salah satu cara dalam mempromosikan produk di mana harapannya dapat meningkatkan penjualan dan mencapai keuntungan yang maksimal. Namun, sebelum membahas tips digital marketing sukses di bulan Ramadhan, kenali terlebih dahulu jenis-jenis digital marketing tersebut.

Jenis Digital Marketing

Dengan mengenali jenis digital marketing, Anda dapat menerapkannya sesuai dengan bisnis yang dijalani. Berikut jenis digital marketing adalah:

1. Website

Memiliki website resmi menjadi kewajiban bagi pelaku bisnis digital. Selain digunakan sebagai kantor atau toko, website juga berfungsi sebagai media promosi. Promosi melalui media website merupakan salah satu tips digital marketing murah namun dapat membuat pelanggan mengenal produk lebih dalam.

2. Email Marketing

Email merupakan jenis digital marketing yang digunakan untuk melakukan promosi berupa pesan atau gambar yang dikirimkan kepada calon pelanggan. Sayangnya, tidak semua orang dapat melihat iklan yang ditawarkan melainkan hanya pelanggan-pelanggan sebelumnya yang sudah terdaftar menjadi subcriber email perusahaan guna meningkatkan loyalitas pelanggan.

3. Sosial Media Marketing (SMM)

Hampir seluruh orang memiliki sosial media menjadikan platform ini menjadi jenis digital marketing yang banyak digemari oleh pelaku usaha. Biaya yang murah dengan proses promosi yang mudah membuat sosial media semakin banyak digunakan oleh pelaku bisnis.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Tidak berbeda jauh dengan SEO, SEM sering kali dimanfaatkan sebagai penarik target audiens melalui iklan yang terdapat pada mesin pencari. Tips digital marketing agar menjadi indikator dalam pembuatan konten cukup efektif atau tidak, maka SEM tersebut harus banyak diklik oleh pengguna internet.

Bagaimana Tips Sukses Digital Marketing di Bulan Ramadhan

Bagaimana Tips Sukses Digital Marketing di Bulan Ramadhan?

Meskipun produk atau jasa yang ditawarkan tidak berkaitan era dengan bulan Ramadhan, ternyata Anda bisa kok mengemasnya dengan tema tersebut.

Berikut tips sukses digital marketing di bulan Ramadhan adalah:

1. Tentukan Target Audiens

Target audiens berfokus pada orang yang ingin Anda jangkau melalui sosial media bisnis Anda. Penentuan target audiens ini dapat dilakukan berdasarkan beberapa hal seperti jenis kelamin, usia, pendapatan, minat, lokasi geografis dan pastinya agama yaitu Islam yang merayakan bulan Ramadhan.

Dengan menentukan target audiens ini, strategi digital marketing anda semakin terarah. Anda dapat menargetkan orang-orang yang tertarik pada konten dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, Anda dapat menggali keinginan audiens di bulan Ramadhan. Mulai dari Ide menu sahur dan berbuka, referensi outfit lebaran hingga konten yang memotivasi kebaikan.

2. Berikan Promo Spesial Ramadhan

Hampir semua orang mudah tergiur dengan promo. Anda dapat memberikan promo spesial Ramadhan bagi pengikut di sosial media bisnis Anda.

Promo yang diberikan tidak selalu berupa potongan harga. Anda dapat membuat promo ini menjadi lebih menarik seperti promo B1G1 (Buy One Get One) atau pun sistem bundling.

Dengan membuat promo tersebut, kemungkinan konsumen Anda akan membeli produk lebih dari satu. Intinya, Anda harus mampu membuat promo yang lebih menarik dibandingkan dengan kompetitor Anda.

3. Kolaborasi dengan Influencer

Influencer sering menjadi trend center bagi setiap pengguna sosial baik dari segi gaya hidup hingga hobi yang dilakukan. Sebagai seorang influencer, tentunya memiliki pengaruh yang kuat pada sosial media dan dapat mempengaruhi pengguna sosial media untuk membeli produk.

Dengan begitu, bekerja sama dengan influencer dapat menjadi strategi digital marketing yang perlu dilakukan dalam meningkatkan penjualan. Bentuk kegiatan yang dapat Anda terapkan berupa live di sosial bisnis Anda bersama influencer atau ngabuburit influencer dalam konteks acara tertentu.

4. Tingkatkan Konten Values

Konten viral memang banyak disukai oleh pengguna sosial media. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menyisipkan values yang dapat dihargai oleh target audiens.

Bertepatan dengan momen bulan Ramadhan, Anda dapat menyisipkan values seperti tips-tips menarik seputar Ramadhan baik dari segi kesehatan atau pun rajin beribadah. Konten bervalues ini tidak hanya viral juga ada hal baik yang dapat dipelajari secara langsung.

5. Mengadakan Kontes Spesial Ramadhan

Strategi digital marketing selanjutnya adalah membuat kontes spesial Ramadhan. Tujuan dari kontes ini digunakan untuk membangun engagement pengguna sosial media dengan bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya, Anda termasuk penjual baju muslim. Anda dapat membuat event kontes foto OOTD dalam menjalani Ramadhan dengan menggunakan brand yang Anda miliki. Tidak boleh ketinggalan juga, Anda harus menyiapkan hadiah menarik untuk pemenang kontes tersebut.

6. Tentukan Waktu Tayang yang Tepat

Penentuan waktu tayang yang kurang tepat akan membuat konten-konten yang Anda produksi kurang mendapat perhatian dari pengguna internet. Hal ini tentu akan berpengaruh pada performa digital marketing yang digunakan.

Untuk itu, pastikan Anda memiliki strategi yang tepat selama bulan Ramadhan dalam menayangkan konten sehingga banyak pengguna internet yang tertarik. Langkah ini juga akan membantu Anda dalam menjangkau audiens lebih luas.

Pada saat bulan Ramadhan, Anda dapat mengatur waktu tayang konten di waktu sahur dan berbuka. Sebab, di waktu tersebut biasanya orang banyak mengakses sosial media yang dimilikinya.

Tips digital marketing di atas dapat Anda gunakan dalam mengembangkan bisnis di bulan Ramadhan termasuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Gabung dengan Coding Studio sekarang untuk mencapai kunci sukses dalam mempromosikan produk dan jasa di bulan Ramadhan dengan skill yang Anda miliki.

Related Articles