Search Engine Marketing ataupun SEM adalah suatu strategi yang perlu dicoba ketika Anda ingin mengiklankan usaha. Ini karena SEM akan menampilkan website dengan cepat pada halaman pertama di hasil pencarian.
Tentunya berbeda dengan strategi SEO yang memerlukan waktu selama berbulan-bulan guna menampilkan website Anda. SEM ini hanya memerlukan waktu selama beberapa hari ataupun jam saja.
Apa Itu SEM?
SEM atau Search Engine Marketing merupakan suatu strategi marketing guna meningkatkan visibilitas sebuah web pada halaman mesin pencarian semacam Google. Jadi singkatnya, SEM ini diartikan menjadi suatu kegiatan membeli traffic yang caranya membayar mesin pencari semacam Google.
Pengusaha yang memakai SEM nantinya melakukan personalisasi pada profil target audiensnya. Jadi manfaat SEM di sini sangat berguna untuk meningkatkan efektivitas pemasaran.
SEM juga dinilai mampu membuka peluang dalam mengembangkan usaha dengan memakai iklan yang lebih efektif ketika konsumen mencari sebuah produk ataupun jasa tertentu.
Jenis-jenis Keyword SEM
Saat merancang kampanye pada SEM, maka pemilihan keyword menjadi sebuah kunci untuk meraih kesuksesan kampanye. Berikut ini adalah jenis keyword SEM yang bisa diketahui.
a. Broadmatch keyword
Ini merupakan variasi dari keyword yang disasar. Hal itu termasuk juga kesamaan kata, typo, dan juga sinonim. Contohnya yakni ketika Anda tengah menjalankan campaign jasa asisten virtual dan tidak hanya menyasar target berupa “asisten virtual”, namun target lainnya “asisten online”.
b. Phrase match keyword
Target keyword ini beberapa kata spesifik ataupun menambahkan kata lainnya sebelum keyword yang akan disasar. Contohnya berupa keyword “asisten virtual” dapat dibarengi dengan yang lainnya seperti “jasa asisten virtual”.
c. Exact match keyword
Serupa dengan broadmatch keyword yang menargetkan kata lebih spesifik dan bajan terdekat dari keyword yang disasar. Keyword ini mencakup pengulangan kata, sinonim, typo, dan paraphrase. Contohnya yakni keyword “asisten virtual” dapat ditargetkan dengan “virtual assistant”.
d. Negative keyword
Merupakan kaya yang memang tidak diinginkan untuk ditargetkan. Keyword ini adalah perpaduan yang berasal dari ketiga jenis keyword sebelumnya serta tidak mau digunakan. Jadi dengan kata lain keyword ini merupakan kata yang memang tidak relevan dengan kata kunci tertarget.
Alasan Mengapa SEM Penting
SEM adalah alat yang sangat efektif yang bisa digunakan untuk mempromosikan usaha ataupun produk pada era digital seperti saat ini. Hal ini karena memang pengguna Google bisa mencapai angka milyaran di seluruh dunia.
Sampai di sini pastinya Anda paham jika peluang produk ataupun situs Anda akan ditemukan orang yang memakai Google. SEM ini tidak hanya berguna meningkatkan brand awareness, namun juga dinilai sebagai tools yang menguntungkan.
Bahkan analisis SEM tergolong detail dan fleksibel karena bisa diatur seperti waktunya hingga karakteristik dari target audiens. Bahkan biaya penggunaan SEM bisa digunakan sesuai dengan budget yang dimiliki karena Anda hanya harus membayar iklan jika pengguna internet tadi mengunjungi situs.
Cara Kerja SEM
SEM adalah sebuah bentuk pemasaran internet guna meningkatkan visibility website pada halaman hasil pencarian lewat promosi website. Jadi sebenarnya Anda membeli traffic yang caranya membayar mesin pencarian guna menempatkan situs pada halaman utama.
Lebih jelasnya berikut cara kerjanya:
a. Kata Kunci
SEM juga memiliki kata kunci dan kata kunci ini tidak hanya ditemukan pada SEO saja. Sebenarnya SEO adalah bagian dari SEM berkaitan dengan pemilihan keyword secara tepat serta paling banyak dipilih.
b. Social Media Marketing
Cara kerja selanjutnya melakukan promosi pada berbagai media sosial, jadi website ataupun situs yang dimiliki nantinya akan lebih terkenal.
c. Paid Search
Cara kerja terakhir yakni memanfaatkan iklan berbayar semacam Facebook ads ataupun Google ads. Pemanfaatan tersebut akan membuat jangkauan menjadi lebih luas sehingga target SEM menjadi lebih mudah dicapai.
Contoh SEM (Search Engine Marketing)
Terdapat beberapa format pada SEM seperti format text dan Product Listing Ads/Shopping ads (PLAs) berbentuk harga, produk, review serta rating yang sifatnya visual. SEM format teks biasanya memakai Google Adwords, Yahoo Gemini, dan Bing.
Kelebihan Menggunakan SEM
SEM yang merupakan metode beriklan di internet ini mempunyai beberapa kelebihan. Berikut beberapa kelebihan SEM.
a. Targeted Audience Marketing
Kelebihan pertama mampu menargetkan audiens di mana penggunaan SEM memberikan kebebasan dalam hal itu dengan cara lebih spesifik menggunakan kata kunci serta kata yang memang lebih relevan.
Pemakaian Google Adwords mampu menargetkan berdasarkan pada perangkat, waktu, lokasi, bahkan bahasa tertentu.
b. Budget Sesuai
Metode SEM memakai penerapan PPC (Pay Per Click) sangat memudahkan di dalam pembayaran konten yang memang sudah memperoleh klik dari audiens. Sehingga pembiayaan pemasaran akan lebih bijak serta lebih efisien.
c. Hasil yang Cepat
Ketika menggunakan SEM Anda bisa menguji materi iklan guna membandingkan hasil dari keduanya. Pengujian tadi memberikan kesempatan dalam menyempurnakan konten promosi serta bisa membuatnya bisa bekerja seefektif mungkin.
d. Meningkatkan Traffic Website
SEM membuat audiens lebih mudah di dalam menemukan konten dikarenakan website yang dibuat dapat berada di urutan teratas pada mesin pencarian.
e. Hasil Dapat Diukur
Penggunaan SEM memungkinkan pelacakan hasil menggunakan ROI jadi bisa mengevaluasi anggaran guna meningkatkan penjualan nantinya.
Itulah informasi seputar SEM, bisa disimpulkan SEM adalah tools yang memiliki pengaruh besar pada perkembangan bisnis Anda karena memang salah satu tools untuk digital marketing. Supaya lebih memahami mengenai SEM demi kelancaran usaha jangan ragu untuk mengikuti kursus di Coding Studio yang merupakan tempat kursus IT terpercaya.