Apa Itu Brand Bidding? Pengertian dan Strateginya

Apa Itu Brand Bidding Pengertian dan Strateginya

Dalam marketing, branding menjadi hal yang penting diperhatikan sebab terbukti dapat mempengaruhi suatu marketing. Hal ini terlihat dari adanya konsumen yang berani membeli produk hanya dengan mendengar nama brand-nya saja. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang apa itu brand bidding, yuk simak penjelasan berikut.

Pengertian Brand Bidding

Brand bidding adalah salah satu strategi yang ada pada digital marketing yang fokus terhadap penempatan iklan berbayar pada mesin pencari dengan memanfaatkan kata kunci merek tertentu. Jadi dengan mengoptimalkan penawaran nama suatu merek maka perusahaan bisa meningkatkan visibilitas serta melibatkan audiens secara langsung khususnya audiens yang sudah sangat familiar dengan merek tersebut.

Pengertian Brand Bidding

Strategi yang dilakukan ini memungkinkan perusahaan memperoleh lebih banyak peluang untuk muncul pada halaman hasil mesin pencari atau SERP akibat dari pengaruh pengiklanan tersebut. Dengan pengiklanan ini perusahaan bisa memperoleh posisi teratas pada mesin pencari.

Hal ini tentu melibatkan pemakaian nama merek perusahaan yang digunakan sebagai keyword dalam meningkatkan kemungkinan muncul pada SERP. Selain itu hal ini juga memberikan penawaran pada merek pesaing dalam meningkatkan visibilitas perusahaan sendiri.

Mengapa Brand Bidding Penting?

Mengapa Brand Bidding Penting

Setelah mengikuti penjelasan apa itu brand bidding di atas Anda semakin mengetahui bahwa brand bidding ini memberikan sejumlah manfaat strategis terhadap suatu merek. Berikut ini adalah alasan lain mengapa strategi ini dianggap penting.

– Mempertahankan kontrol terhadap pesan merek

Alasan pertama mengapa penting menggunakan strategi ini yaitu perusahaan bisa memastikan bahwa iklan yang ditampilkan pada hasil pencarian berhubungan langsung dengan merek yang dimiliki. Hal ini tentunya memungkinkan adanya pengendalian pesan merek serta memastikan bahwa informasi yang ditampilkan sesuai dengan strategi pemasaran yang dilakukan.

Baca Juga:  Brand Guidelines: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

– Mengatasi kompetisi dari pesaing

Alasan selanjutnya, dengan menggunakan strategi, perusahaan juga bisa mengatasi adanya upaya para kompetitor yang mencoba untuk menggunakan popularitas merek tersebut. Hal ini tentu dapat membantu melindungi pangsa pasar serta visibilitas merek pada lingkungan digital.

– Meningkatkan kepercayaan konsumen

Selanjutnya iklan yang tampil pada hasil pencarian dengan memakai keyword merek akan menciptakan citra yang kuat akan keberadaan mereka. Hal inilah yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen sebab muncul pada posisi teratas. Sebuah merek yang berhasil berada di posisi atas mesin pencarian akan memiliki citra yang baik akan otoritas ataupun keandalan yang dimiliki.

– Mengoptimalkan pengalaman pengguna

Dengan munculnya iklan perusahaan pada SERP akan membuat perusahaan bisa mengarahkan para pengguna untuk langsung mengunjungi ke halaman tujuan yang sesuai. Contohnya akan mengarahkan pengguna ke halaman utama website maupun mendapatkan penawaran khusus. Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman pengguna yang semakin meningkat serta potensi adanya konversi.

– Peningkatan brand awareness

Selain apa itu brand bidding, hal ini juga membantu meningkatkan brand awareness dengan cara membuat perusahaan hadir dengan konsisten pada hasil pencarian. Ketika pengguna sering melihat iklan merek tersebut maka pengguna akan menjadi lebih familiar dan secara otomatis akan mengarahkan para calon pembeli untuk lebih condong memilih produk dari merek tersebut.

– Kendali pada komunikasi krisis

Dengan strategi ini, perusahaan juga bisa lebih mudah dalam menanggapi situasi krisis maupun isu negatif yang berpotensi muncul pada hasil pencarian. Penerapan strategi ini bisa menyajikan informasi secara tepat hingga mengelola reputasi merek lebih efektif.

– Meningkatkan tingkat konversi

Pengguna yang sudah lebih kenal terhadap suatu merek dan mencari produk tersebut akan cenderung untuk melakukan konversi. Jadi dengan menggunakan strategi ini dapat dikatakan menarik trafik yang telah terkualifikasi serta berpotensi dalam meningkatkan tingkat konversi.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Brand Bidding

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Brand Bidding

Selain mengetahui apa itu brand bidding, fungsi atau peran penting dari strategi ini, Anda juga perlu mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan yang dimiliki brand bidding.

Kelebihan Brand Bidding

Kelebihan yang pertama, brand biddind akan memberikan kendali penuh perusahaan terhadap iklan yang muncul pada hasil pencarian. Dengan begitu perusahaan bisa memastikan bahwa pesan merek akan disampaikan lebih efektif serta sesuai dengan apa yang telah dirancang pada strategi pemasaran.

Baca Juga:  Mengenal OWASP: Standar Keamanan Website Dunia

Brand bidding juga dapat mencegah adanya pencurian trafik ataupun pelanggan dari kompetitor. Dengan begitu strategi ini bisa melindungi pangsa pasar ataupun mempertahankan visibilitas merek.

Kekurangan Brand Bidding

Meski begitu, strategi ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya adanya biaya yang cukup tinggi. CPC untuk setiap keyword merek cenderung lebih tinggi hingga dapat menguras anggaran iklan terlebih apabila persaingan dilakukan dengan kompetitor yang memiliki keyword tinggi juga.

Walaupun salah satu kelebihan strategi ini bisa melindungi Anda dari pencurian trafik ataupun pelanggan dari kompetitor namun tetap saja pesaing masih bisa menggunakan strategi ini juga dalam menampilkan iklan secara bersamaan dengan iklan merek milik perusahaan.

Jadi dapat dikatakan dengan menggunakan strategi ini, tingkat persaingannya juga dinilai lebih tinggi. Maka dari itu Anda harus lebih pintar-pintar mencari peluang yang tepat dalam strategi ini supaya tidak dirugikan dan kalah saing dengan kompetitor.

Demikian sedikit penjelasan terkait strategi brand bidding pada digital marketing. Yuk upgrade skill IT Anda khususnya di bidang digital marketing di Coding Studio. Temukan banyak keuntungan dengan mengikuti kelas online yang diadakan oleh Coding Studio.

Di sini Anda akan mendapatkan ilmu dan wawasan terupdate terkait digital marketing, khususnya apa itu brand bidding. Hal tersebut karena tempat kursus ini menyediakan pengajar yang handal dan profesional yang akan memberikan pengalaman belajar menarik untuk Anda. Tak lupa kursus online ini juga sering menawarkan promo menarik, jadi tunggu apa lagi?

Related Articles