Google Sites: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya

Google Sites Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya

Saat ini ada tool yang dapat mempermudah kita untuk membuat website dengan mudah. Google Sites adalah alat yang dapat membantu kalian untuk pembuatan halaman web yang tiap penggunanya dapat membuat dan berbagi halaman web dengan mudah. Platform ini berbasis cloud dan sangat terintegrasi dengan layanan Google seperti Google Docs, Google Drive dan Google Calender.

Apa itu Google Sites?

Kecanggihan teknologi memungkinkan pengguna untuk membuat situs web tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang pemrograman. Definisi sederhana dari Google Sites adalah sebuah platform yang dapat membuat situs web dengan mudah dan terintegrasi. Platform ini disiapkan untuk mengganti Google Page Creator, aplikasi ini awalnya diberi nama JotSpot, sama seperti perusahaan pembuatnya.

Apa itu Google Sites

Dengan menggunakan Google Sites, kita dapat memperoleh atau membagikan informasi secara up-to-date. Platform yang berbasis cloud ini dapat mempermudah orang untuk bekerja sama dalam web untuk menambahkan berkas file lampiran ataupun informasi dari aplikasi Google lainnya. Membuat web untuk tim semudah mengedit dokumen, selain itu kita dapat mengendalikan siapa yang dapat mengakses.

Fungsi Google Sites

Kepopuleran Google Sites tidak lepas dari fungsinya. Fungsi Google Site yaitu mempermudah penggunanya dari pemula hingga profesional. Google Sites menawarkan berbagai fungsi yang membuatnya sangat berguna dan serba guna.

Dari pembuatan situs yang mudah sampai dapat berkolaborasi dengan tim secara efisien, Google Sites adalah platform yang memiliki fungsi utama yang menjadikannya pilihan populer bagi penggunanya. Berikut ini beberapa fungsi utama Google Sites:

Pembuatan Web

Dengan menggunakan Google Sites, pengguna dapat membuat situs web dengan mudah dan cepat tanpa memerlukan pengetahuan dasar programming seperti desain web atau kode HTML.

Baca Juga:  Apakah Java dan JavaScript Sama? Ini Jawabannya!

Kolaborasi

Hal menarik yang dapat dijadikan keunggulan adalah kemampuannya untuk kolaborasi dalam waktu nyata. Proyek kelompok yang dikerjakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan menjadi kemudahan yang sangat diminati oleh para pengguna.

Penerbitan dan Berbagi yang Mudah

Penerbitan yang sangat mudah, hanya perlu beberapa klik setelah situs selesai dibuat. Pengguna dapat mengatur privasi mereka seperti, mengatur tingkat akses, memilih siapa yang melihat situs mereka, bahkan mengundang untuk berkontribusi.

Personalisasi

Untuk menunjukkan personalisasi penggunanya, berbagai tema dan template, serta font dapat dipilih untuk menunjukkan identitas.

Integrasi dengan Google Workspace

Google Sites yang terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya, dapat memudahkan pengguna untuk menyertakan dokumen, spreadsheet, presentasi dan bahkan kalender langsung ke dalam web mereka.

Manfaat Google Sites

Google Sites adalah bagian dari ekosistem Google, dapat membangun pembelajaran dan kolaborasi yang efektif. Sebagai alat yang berharga dalam dunia pendidikan dan kolaborasi kerja, manfaat Google Site antara lain:

  1. Google Sites memungkinkan penggunanya membuat web tanpa pengetahuan teknis mendalam tentang pemrograman atau desain web.
  1. Dengan kemampuan berkolaborasi, pengguna dapat bekerja bersamaan dalam satu situs secara real time.
  1. Pengguna dapat menyertakan berbagai jenis file dan informasi dari aplikasi tersebut ke dalam web dengan mudah.
  1. Google Sites menyediakan penyimpanan online gratis sebesar 100 MB dan dapat diakses melalui berbagai perangkat yang terhubung internet.
  1. Materi pembelajaran yang tidak hilang, tersimpan dan dapat diakses kapan pun di mana pun. Manfaat ini membuat Google Sites menjadi pilihan guru atau siswa karena mendukung kegiatan pembelajaran.
  1. Selain materi pembelajaran yang dapat disimpan, Google Sites dapat membuat pembelajaran yang lebih menarik. Dengan fitur yang ada, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa.
  1. Google Sites dapat meningkatkan kemandirian belajar. Siswa dapat mengunggah materi pembelajaran, mengupload tugas dan membaca kembali materi pembelajaran.
Cara Membuat dan Cara Menggunakan Google Site

Cara Membuat dan Cara Menggunakan Google Sites

Berikut ini cara membuat Google Site dalam 6 tahapan mudah.

Akses dan Membuat Google Sites

Buka Google Sites dengan akun Google di browser kalian, lalu klik ’Buat Situs Baru’.

Baca Juga:  Belajar Android Studio Lengkap untuk Pemula

Membuat Judul

Tentukan judul untuk website dan halaman utama kalian.

Pilih Template

Kalian dapat memilih template yang sudah ada atau mulai dengan halaman kosong. Untuk menunjukkan personalisasi pengguna, kalian dapat mendesain website untuk menunjukkan identitas dari diri atau brand kalian.

Tambah konten

Masukkan ke situs kalian seperti teks, gambar dan video yang kalian inginkan.

Publikasi Website

Setelah selesai, publikasikan situs kalian agar dapat diakses oleh orang lain.

Tambahkan custom domain

Jika memiliki domain sendiri, kalian dapat menghubungkannya dengan situs web kalian, namun ini opsional.

Kelebihan dan Kekurangan Google Sites

Kelebihan dan Kekurangan Google Sites

Kemudahan dalam menggunakan teknologi juga memiliki kekurangan. Google Sites menawarkan kelebihan dan kekurangan yang membuatnya cocok untuk beberapa pengguna namun kurang ideal untuk yang lain. Berikut ini ringkasan kelebihan dan kekurangan Google Sites.

Kelebihan Google Sites

  • Antarmuka yang intuitif memudahkan pemula untuk membuat web.
  • Tidak ada biaya untuk menggunakan Google Sites.
  • Menyediakan penyimpanan yang cukup besar yaitu, 100 MB secara gratis.
  • Mendukung pembelajaran yang sistematis dan terarah.
  • Pengguna dapat berkolaborasi dalam pembuatan dan pengelolaan situs.

Kekurangan Google Sites

  • Kustomisasi yang terbatas membuat pengguna tidak begitu leluasa dalam mengekspresikan dirinya.
  • Fungsi dan fitur tidak selengkap website builder lain.
  • Tidak mendukung script dan iframe pada halaman, sehingga membatasi fungsi tertentu.
  • Lebih sulit membangun branding karena keterbatasan dalam kustomisasi.

Google Sites adalah platform yang sangat berguna untuk proyek-proyek yang memerlukan integrasi dengan kolaborasi tim atau pun alat-alat Google lainnya. Untuk web bisnis, kurang cocok menggunakan Google Sites. Web bisnis dan profesional kurang cocok karena mereka memerlukan kustomisasi tingkat tinggi dan fitur yang lebih kompleks.

Bagi Anda yang ingin mempelajari Google Sites bisa langsung bergabung dengan kursus IT di Coding Studio yang akan didampingi oleh mentor profesional dan berpengalaman.

Related Articles