Pengertian Google Spreadsheet dan Kelebihannya

spreadsheet adalah

Mungkin selama ini Anda lebih mengenal spreadsheet adalah program lembar kerja Microsoft Excel. Tetapi belakangan ini, penggunaan Google Spreadsheet adalah justru mulai menyaingi Excel.

Google Spreadsheet adalah lembar kerja yang serupa dengan Microsoft Excel, tetapi dikembangkan oleh Google. Tetapi penggunaannya lebih difokuskan secara online, sehingga sangat mudah untuk sharing dengan para pengguna lain.

Penyimpanan dari Google Spreadsheet sendiri memanfaatkan cloud storage, berbeda dengan Excel yang masih memakan ruang penyimpanan di desktop.

spreadsheet adalah

Pengertian Google Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah program pengolah data yang berbasis website dan dikembangkan oleh Google. Program ini sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2006 dengan bahasa pemrograman JavaScript. Mulanya program ini dikembangkan 2Web Technologies yang selanjutnya diakuisisi Google di tahun 2006.

Google Sheets masuk ke dalam jenis program G Suite lain, seperti Google Docs, Google Forms, dan Google Slides dimana aplikasi ini bisa diakses melalui berbagai browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Apple Safari, Internet Explorer, dan lain-lain.

Bahkan Google Sheet juga bisa diakses melalui ponsel berbasis android dan iOS ataupun berbagai browser di ponsel. Sehingga pengguna lebih mudah untuk mengakses, mengedit, dan mengolah data melalui berbagai perangkat.

Google Sheets juga sudah terintegrasi ke dalam Google Drive, bisa juga diakses menggunakan pihak ketiga, yaitu Dropbox. Di tahun 2010, Google kemudian mengakuisisi program kolaboratif agar kesemuanya bisa saling terintegrasi hanya melalui satu akun Google.

Dengan kata lain, Google Sheets sudah menjadi program terintegrasi dengan program lainnya. Sehingga penggunanya bisa mengerjakan beberapa projek dimana semuanya saling berkaitan.

Pengguna juga memiliki kemudahan untuk membuka dokumen, meskipun program spreadsheet yang digunakan berbeda. Saat Anda bekerja dengan Google Sheets, Anda bisa mengunduh format file lain seperti Microsoft Excel.

Baca Juga:  Jenis Teks Laporan Hasil Observasi dan Ciri-cirinya

Fungsi Google Spreadsheet

Pada dasarnya spreadsheet adalah lembar kerja yang berfungsi untuk mengolah data. Nah, agar lebih jelasnya yuk simak penjelasannya berikut ini.

spreadsheet adalah

1.     Mengolah Data

Google Sheets memiliki fungsi yang serupa dengan Excel dimana penggunaannya diutamakan untuk melakukan pengolahan data, pengurutan data, dan manipulasi data ke dalam bentuk tabel. 

Biasanya penggunaan Google Sheets sering dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengolah data berupa laporan keuangan, laporan penjualan, laporan piutang, dan lain-lain. Meskipun beberapa muncul berbagai program sejenis, nyatanya eksistensi Google Sheets masih tetap diunggulkan.

Perbedaan paling utama dari Google Sheets dan Excel adalah pada basis penyimpanan datanya saja dimana penggunaan Google Sheets disimpan ke dalam cloud storage, sementara Excel secara offline. 

2.     Kalkulasi Matematis

Selain untuk melakukan pengolahan data, Google Sheets juga bisa digunakan untuk kalkulasi matematis, misalnya penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian, dan lain-lain.

Dalam pembuatan laporan keuangan, tentu saja kalkulasi matematis sangat dibutuhkan untuk menunjang hasilnya. Sehingga untuk bisa menggunakannya, Anda juga harus paham tentang rumus penghitungan Google Sheets agar bisa menghitung angka yang didasarkan pada kolom dan baris.

3.     Membuat Grafik

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan Google Sheets untuk membuat grafik atau diagram dari data yang sudah dibuat. Fungsi ini tentu saja sangat membantu saat Anda melakukan analisa harga dan profit perusahaan dalam beberapa periode sekaligus. 

Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk melakukan penelitian untuk berbagai bidang pendidikan sehingga bisa mengambil satu kesimpulan dari pengolahan data angka ke grafik atau diagram.

Kelebihan Google Spreadsheet

Tentu saja penggunaan Google Sheets memiliki kelebihan yang membuat pekerjaan Anda menjadi semakin mudah. Penasaran apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya.

spreadsheet adalah

1.     Berbasis Cloud Storage

Pada dasarnya Google Spreadsheet adalah software yang berbasis internet atau cloud. Sehingga membuat penggunaannya lebih mudah dan tidak memakan ruang penyimpanan di komputer Anda.

Dengan adanya cloud storage tentu saja Anda tidak perlu takut akan kehilangan file yang disebabkan oleh komputer mati mendadak, koneksi hilang, listrik padam dan lain-lain. Sebab, apa yang sudah Anda kerjakan, secara otomatis akan langsung tersimpan ke dalam cloud storage.

2.     Lebih Ringan

Karena berbasis internet, tentu saja Anda tidak perlu mengunduh software tersebut untuk diinstal ke dalam komputer. Hal ini akan meringankan kinerja dari perangkat yang Anda gunakan.

Baca Juga:  Data Kuesioner Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Anda bisa langsung mengakses Google spreadsheet adalah melalui browser, kemudian membuka file tersebut dari cloud storage. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pelajar atau pekerja yang memang tidak terlalu banyak membutuhkan fungsi dari penggunaan Spreadsheet.

3.     Lebih Fleksibel

Keunggulan dari Google Sheets selanjutnya bisa dilihat dari segi fleksibilitasnya dimana Anda bisa mengaksesnya melalui berbagai perangkat dan sistem operasi, misalnya dari ponsel atau desktop. Bisa juga menggunakan berbagai sistem operasi yang Anda pilih.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa langsung memberikan dan menerima feedback yang diberikan secara online. Sebab, Google Sheets bisa digunakan dengan anggota dari tim Anda secara online.

4.     Gratis

Untuk bisa menikmati berbagai fitur yang ditawarkan Google Sheets ini, Anda tidak perlu membayarnya. Meskipun ada beberapa fitur berbayar, tetapi tidak terlalu diperlukan untuk pekerja dan pelajar harian.

Kekurangan Google Spreadsheet

Dibalik kelebihan tentu saja masih terdapat kekurangan dari Google Spreadsheet. Tetapi sebenarnya bukan menjadi suatu persoalan yang menyulitkan. Nah, berikut ini beberapa kekurangan dari penggunaan Google Sheets.

1.     Extensi Penyimpanan

Berbicara mengenai extensi penyimpanan, seperti yang Anda ketahui bahwa extensi yang di hasilkan oleh file spreadsheet Microsoft Excel adalah adalah .xlsx, .xls, .csv, .txt, dan .pdf. Tentu beragam pilihan extensi tersebut membuat Excel lebih unggul.

Berbeda dari extensi yang di hasilkan oleh file spreadsheet adalah .xlsx, .pdf, .html, .ods, dan .tsv. Sehingga memang lebih terbatas daripada extensi yang dihasilkan oleh Microsoft Excel.

2.     Fitur Profesional Lebih Terbatas

Bagi Anda yang memang sehari-harinya pekerjaannya hanya berkutat dengan angka dan data secara khusus, tentu Google Sheets masih cukup terbatas. Sebab, fitur profesional yang disediakan memang belum selengkap Excel.

Salah satu contohnya adalah fitur forecasting, dimana penggunaan fungsi ini menjadi sangat dibutuhkan untuk profesi tertentu.

3.     Membutuhkan Jaringan Internet

Kekurangan lain dari penggunaan Google spreadsheet adalah harus selalu terhubung ke jaringan internet yang stabil. Kestabilan jaringan internet yang Anda gunakan sangat berpengaruh pada kelancaran pengerjaan Google Sheets.

Baca Juga:  Belajar Excel Dasar dan Advanced Lengkap

Meskipun Anda tetap bisa mengunduh file Spreadsheet adalah yang sudah dibuat ke dalam penyimpanan internal perangkat. Sayangnya, ketika Anda membuka dan mengaksesnya harus kembali terhubung ke jaringan internet agar bisa menikmati berbagai fitur yang tersedia.

Sehingga bagi Anda yang pekerjaannya mobile dengan jaringan internet yang tidak menentu, tentu Google Sheets menjadi cukup merepotkan. 

Itulah penjelasan mengenai Google Spreadsheet, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Baik Google Spreadsheet maupun Microsoft Excel, keduanya tetap sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi pada dasarnya spreadsheet adalah lembar kerja untuk pengolahan data, dimana keduanya sama-sama disebut spreadsheet.

Jika kamu tertarik mempelajari lebih detail mengenai google spreadsheet, bisa cek langsung di Coding Studio dan dapatkan promonya!

Related Articles