Jelaskan Fungsi Dari Penggunaan Aplikasi Spreadsheet

fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet

Jika terdapat pertanyaan mengenai jelaskan fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet, secara umum tentu saja untuk pengolahan data.

Kehadiran spreadsheet menjadi salah satu indikator kemajuan teknologi yang bermanfaat untuk banyak orang. Sekaligus mampu memudahkan pekerjaan agar menjadi lebih mudah.

Jadi fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet yaitu sebagai lembar kerja yang mencakup berbagai informasi berupa data dan angka. Biasanya fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet adalah untuk membuat laporan keuangan.

Jika dulu pembuatan laporan keuangan dilakukan secara manual, saat ini sudah lebih mudah menggunakan teknologi. Sehingga hasilnya pun lebih efisien dengan data yang sangat akurat.

Pengertian Spreadsheet

fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet

Nah, untuk menjawab pertanyaan seputar jelaskan fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet yang lebih mendalam, pertama-tama kita bahas dulu pengertian dari spreadsheet. Spreadsheet merupakan lembar kertas yang digunakan untuk mengolah informasi berupa data dan angka.

Selain itu, spreadsheet disebut sebagai aplikasi program komputer yang memiliki simulator fisik untuk menangkap, menampilkan, serta memanipulasi data yang tersusun ke dalam baris dan kolom.

Bentuk dari spreadsheet sendiri adalah tabel dengan nilai-nilai yang tersusun ke dalam baris dan kolom dimana masing-masing dari nilai tersebut mempunyai hubungan yang sudah terdefinisikan dengan nilai lainnya. Jika salah satunya berubah, maka nilai yang lain juga bisa berubah.

Aplikasi ini adalah program komputer yang mengizinkan Anda untuk membuat serta memanipulasi lembar kerja elektronik. 

Secara umum, fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet adalah untuk membuat tabel, menghitung rumus statistik, membuat grafik, menyusun laporan keuangan, pembelian, penjualan, dan lain-lain. 

Spreadsheet sendiri mempunyai ruang item data yang disebut sebagai sel dimana tiap sel memiliki label. Label tersebut disesuaikan dengan penempatannya, misalnya A1, A1, dan seterusnya. Hal ini memungkinkan Anda memiliki referensi absolut atau relatif ke dalam sel yang ada di sekitarnya.

Baca Juga:  Fungsi Index dan Match Di Microsoft Excel

Pada dasarnya, fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet dirancang untuk menampung data numerik serta string teks secara singkat dimana spreadsheet menyediakan kemampuan untuk memberikan gambaran hubungan data dalam bentuk grafis.

Fungsi dari Penggunaan Aplikasi Spreadsheet Secara Umum

fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet

Jika terdapat pertanyaan jelaskan fungsi dari spreadsheet, sebenarnya bukan hanya sekedar mengolah data-data penambahan atau pengurangan saja. 

Secara umum, sebagai pengolah angka fungsinya yaitu untuk membuat, menganalisis, mengurutkan, mengedit dan meringkas data. Selain itu, fungsinya juga bisa untuk penghitungan aritmatika dan statistik, sehingga bisa membantu menyelesaikan berbagai permasalahan logika dan matematika.

Tidak hanya itu saja, Excel juga bisa digunakan membuat catatan keuangan, membuat laporan keuangan, membuat penganggaran, baik dalam bentuk grafik, tabel atau diagram.

Segala fungsinya tersebut tentu sangat bermanfaat dalam mempermudah berbagai bidang pekerjaan dan Pendidikan. Misalnya dalam bidang akuntansi bisa digunakan untuk menghitung besaran keuntungan perusahaan dalam periode tertentu, menghitung gaji karyawan, menghitung laba rugi, dan lain-lain.

Selanjutnya dalam bidang data, Excel bermanfaat untuk mengolah data dengan teknik statistik dasar, misalnya mencari mean, median, nilai maksimal dan minimal. Hasil yang didapatkan bisa ditampilkan ke dalam bentuk grafis atau diagram agar bisa dimengerti oleh banyak orang.

Sehingga sudah jelas bukan jika terdapat pertanyaan mengenai jelaskan fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet?

Jenis-Jenis Spreadsheet

Jika Anda mengenal spreadsheet adalah Microsoft Excel, sebenarnya jenisnya bukan hanya itu saja. Tetapi yang paling populer memang Excel untuk penggunaan offline, sementara Google Sheets untuk penggunaan online. 

Lebih lanjut, apa saja jenis-jenis spreadsheet? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet

1.     Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah jenis program untuk pengolahan angka dengan tampilan yang berbentuk spreadsheet, yaitu terdiri dari baris dan kolom.

Fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet ini adalah untuk mengolah data, menghitung data, dan membuat grafik. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, Anda juga bisa menggunakan berbagai rumus Excel yang harus Anda pelajari masing-masing fungsinya. Contoh rumus-rumus tersebut di antaranya adalah AVERAGE, MAX, SUM, MIN, dan lain-lain.

Baca Juga:  Belajar PPT Lengkap, Cepat, dan Mudah

2.     Google Sheets

Google Sheets adalah program spreadsheet yang berbasis website, dimana aplikasi ini dikembangkan oleh Google. Anda bisa mengakses aplikasi ini melalui berbagai browser seperti Internet Explorer, Microsoft Edge, Google Chrome, Apple Safari, Opera, dan lain-lain.

Fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet sendiri adalah untuk mengolah data, menginput data, dan menggunakan data tersebut untuk menghitung angka tertentu. Kemudian fungsinya juga membantu menyelesaikan segala tugas dengan lebih cepat dan efisien serta melakukan identifikasi tren.

3.     KSpread

Program ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh KOffice dengan cara kerja yang serupa dengan Microsoft Excel dimana bentuk dari spreadsheet ini juga berupa kolom dan baris. Fitur yang terdapat di dalamnya di antaranya pemeriksaan ejaan, fitur diagram, mengurutkan data, serta mempunyai fungsi lebih dari 100 fungsi.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan import data spreadsheet ke dalam format lainnya, misalnya ke dalam format Microsoft Excel.

4.     StarOffice Calc

Program pengolah angka ini dikembangkan oleh Sun Microsystem yang sifatnya multiplatform. Artinya bisa dijalankan dari berbagai jenis sistem operasi, misalnya Linux dan Windows.

Fungsi penggunaan aplikasi spreadsheet ini kurang lebih sama dengan jenis spreadsheet lainnya dari segi fungsi dan formulanya. Selain itu, terdapat pula fitur chart yang bisa menampilkan data ke dalam bentuk grafik, sehingga Anda dapat menambahkan rumus sulit, dan lain-lain.

5.     Lotus 123

Aplikasi Lotus 123 ini adalah program pengolahan angka yang sebenarnya dulu sering digunakan dimana program ini bisa bekerja di berbagai sistem operasi MS DOS. 

Lotus 123 ini sendiri dikembangkan oleh IBM, dimana keberadaannya bisa satu paket dengan jenis aplikasi Office lain atau biasanya disebut dengan Lotus SmartSuite. 

6.     Quattro Pro 

Aplikasi Quattro Pro merupakan jenis spreadsheet yang dikembangkan Borland dimana aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai penghitungan keuangan, statistik, matematika, atau jenis penghitungan lainnya. Program in sangat memudahkan Anda untuk melakukan pengolahan data dan menyajikan data ke dalam bentuk grafik menarik.

Baca Juga:  Cara Membuat Spreadsheet Yang Mudah

Penggunaan SpreadSheet Dalam Dunia Kerja

Penggunaan Spreadsheet memang paling banyak dalam dunia kerja, dimana fungsinya mampu mempercepat produktivitas dan efisiensi kerja. Terutama ketiak mereka dihadapkan pada besaran data yang besar dan penghitungannya.

Ketika Anda memahami tentang penggunaan spreadsheet tentu saja Anda mampu menyelesaikan berbagai tugas dengan lebih efisien. Sehingga Anda juga bisa menyelesaikan proses perampingan alur kerja.

Jika dilakukan secara manual, tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama dengan hasil yang belum tentu akurat. Bahkan penghitungan manual mengharuskan Anda untuk berulang kali menghitungnya kembali untuk mengurangi tingkat kesalahan.

Nah, di sinilah peran spreadsheet yang langsung menunjukkan hasil paling akurat. Sehingga Anda tidak perlu menghitung ulang, cukup menggunakan rumus-rumus khusus untuk mendapatkan jawabannya.

Selain itu, data yang sudah Anda olah pun bisa disajikan ke dalam berbagai bentuk untuk memudahkan para pembacanya. Misalnya Anda mengubah data tersebut ke dalam grafik atau diagram sehingga lebih mudah diinterpretasikan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai fungsi dan penggunaan spreadsheet, termasuk jenis-jenisnya. Sehingga Anda sudah tidak bingung lagi bukan jika terdapat pertanyaan mengenai jelaskan fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet.

Cek Coding Studio sekarang untuk dapatkan promonya!

Related Articles