Kelas Excel: Tips Belajar dan Manfaatnya

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting bagi. Aplikasi ini seringkali digunakan untuk menunjang bisnis dan hal-hal penting lainnya. Dalam Microsoft Excel data menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Karena Microsoft Excel ini dikenal juga dengan tempat untuk pengolahan data jadi lebih mudah dilakukan.

Data yang masih dalam bentuk mentah, belum rapi, dan belum bisa digunakan harus diolah terlebih dahulu kita melalui Microsoft Excel. Pengolahan data melalui Microsoft Excel ini tentu saja harus mengandalkan kemampuan dan keterampilan.

Ada banyak sekali perintah yang terdapat di Microsoft Excel dengan berbagai fungsinya sendiri-sendiri. Kelas Excel akan membantu Anda untuk jadi lebih mudah memahami Microsoft Excel.

kelas excel

Kelas Excel: Tips Lancar dalam Pengoperasian Excel

Bagi Anda yang ingin mengolah data melalui Microsoft Excel tentu harus paham tentang fungsi-fungsi yang ada di Microsoft Excel sehingga bisa menggunakannya dengan lancar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin lancar dalam menggunakan Microsoft Excel. Berikut merupakan beberapa tips cepat belajar Excel dengan mudah.

  • Pelajari Rumus Excel Terlebih Dahulu
kelas excel

Tips pertama yang harus diperhatikan pada saat akan belajar Microsoft Excel yaitu mempelajari rumus-rumusnya terlebih dahulu. Mengoperasikan Microsoft Excel maka Anda harus paham dan mengetahui apa rumus yang akan digunakan dalam pengolahan data tersebut.

Bahkan rumus Microsoft Excel ini tidak hanya satu tetapi ada banyak sekali rumus yang bisa digunakan untuk pengolahan data dan masing-masingnya punya fungsi yang berbeda-beda.

Tahap awal dalam belajar Microsoft Excel yaitu memahami rumus dasar yang ada di Microsoft Excel. Kelas Excel ini bisa digunakan untuk melakukan perhitungan data seperti penjumlahan pengurangan perkalian dan lain sebagainya dengan menggunakan rumus dasar.

Rumus yang digunakan pada Excel ini juga disebut dengan fungsi. Fungsi atau tanda + ini digunakan untuk penambahan.

  • Tanda – untuk pengurangan
  • Tanda * untuk perkalian
  • Tanda / untuk melakukan pembagian.
Baca Juga:  Excel Round, Panduan untuk Penggunaannya

Fungsi atau rumus dasar Excel bisa dilakukan dengan memahami fungsi-fungsi tersebut.

Tips yang perlu dilakukan oleh pemula jika ingin bisa menggunakan Excel dengan mahir yaitu dengan memanfaatkan conditional formatting.

Menu ini merupakan menu yang digunakan untuk membuat tampilan data jadi lebih menarik lagi dari sebelumnya atau sesuai dengan kriteria. Caranya untuk dapat menggunakan conditional formatting yaitu dengan memilih menu tersebut pada bar.

Pada conditional formatting ini ada 6 kriteria yaitu sebagai berikut.

  1. Dapat digunakan untuk menandai sel yang hanya berisi nilai tertentu.
  2. Dapat digunakan untuk menandai sel dengan nilai terendah ataupun nilai tertinggi
  3. Dapat digunakan untuk menandai semua sel yang terpilih berdasarkan dari nilai.
  4. Dapat digunakan untuk menandai sel berdasarkan nilai rata-rata
  5. Dapat digunakan menandai sel berdasarkan dari nilai keunikan sel.
  6. Dapat digunakan untuk menandai sel berdasarkan rumus ataupun formula tertentu.

  • Memahami Tentang Autosum

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan pada saat Anda ingin mahir menggunakan Microsoft Excel yaitu pelajari terkait dengan autosum. Selain Anda harus paham terkait dengan perhitungan yang ada pada Microsoft Excel Anda juga perlu memahami autosum untuk bisa menghitung dengan cepat.

Autosom ini merupakan salah satu fungsi untuk kalkulasi cepat tanpa Anda harus mengetahui rumus formula. Autosum ini akan sangat berguna terutama bagi Anda yang sering melakukan perhitungan pada ribuan kolom sekaligus.

Tentu penggunaan rumus akan memakan banyak waktu sehingga autosum ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan perhitungan lebih mudah lagi dan tentunya bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Selain menggunakan autosum Anda juga bisa menggunakan Average untuk mencari nilai rata-rata, SUM untuk penjumlahan, Max untuk nilai terbesar, Min untuk nilai terkecil, dan Count Number jumlah sel yang diseleksi. Dengan menggunakan formula-formula tersebut maka penjumlahan ataupun perhitungan data dalam kelas Excel ini akan jauh lebih mudah.

  • Latihan Rutin

Selanjutnya yang harus diperhatikan dalam belajar kelas Excel untuk lebih mudah mempelajari dan memahami Anda harus latihan lebih giat lagi. Memperbanyak latihan akan sangat berpengaruh pada hasil belajar Anda.

Baca Juga:  Membuat Persentase di Excel untuk Berbagai Keperluan

Tanpa latihan maka teori yang dipelajari selama ini akan sia-sia. Setelah menyelesaikan teori maka Anda harus langsung mempraktekkan nya agar tidak lupa dan langsung paham bagaimana cara melakukannya. Hanya mempelajari teori dan langsung dipraktekkan saja Anda juga perlu belajar banyak contoh soal untuk bisa mengimplementasikan lebih jauh dari Microsoft Excel ini.

Sehingga nantinya saat terjun ke dunia kerja atau saat pengaplikasian tidak lagi bingung dengan pengaplikasiannya.

Manfaat Microsoft Excel dalam Berbagai Bidang

kelas excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang memiliki berbagai manfaat di berbagai bidang. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari Microsoft Excel di berbagai bidang kehidupan.

  • Bidang Akuntansi

Manfaat Excel yang pertama yaitu dapat digunakan di bidang akuntansi. Salah satu contoh penggunaan Microsoft Excel yaitu bisa digunakan untuk perhitungan laba rugi, perhitungan keuntungan yang didapatkan selama satu periode, untuk menghitung jumlah gaji karyawan, dan lain sebagainya.

  • Bidang Pengolahan Data

Manfaat dari Microsoft Excel selanjutnya yaitu bisa digunakan dalam bidang pengolahan data. Angka-angka yang dimasukkan ke dalam Microsoft Excel bisa dengan mudah dicari nilai rata-rata, nilai tengah, nilai terendah, nilai tertinggi, dan lain sebagainya.

  • Kalkulasi Matematika

Kalkulasi matematis merupakan salah satu bidang yang turut mendapatkan manfaat dari keberadaan Microsoft Excel ini yaitu bisa untuk pengurangan, penjumlahan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya.

Dengan belajar melalui kelas Excel maka Anda bisa menggunakan Microsoft Excel untuk berbagai bidang.

  • Pembuatan Grafik

Manfaat dari Microsoft Excel yang selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk pembuatan grafik dan pembuatan tabel. Pembuatan grafik akan jauh lebih mudah dilakukan melalui Microsoft Excel.

Pengguna hanya perlu memasukkan data saja berupa angka yang nantinya akan ditampilkan pada Microsoft Excel. Ada berbagai macam grafik yang bisa dengan mudah di buat melalui Microsoft Excel.

Bagi seorang guru kelas Excel bisa digunakan untuk pembuatan grafik nilai siswa yang ikut kelas Excel, kunjungan perpustakaan dan lain sebagainya. Selain grafik bisa juga operasi tabel yang sangat banyak dimiliki oleh Microsoft Excel.

Baca Juga:  Concatenate Excel, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Microsoft Excel ini akan memudahkan bagi Anda apabila ingin mengisi data dengan kolom dan baris yang dalam jumlah banyak digunakan untuk pembuatan tabel dari jauh lebih mudah lagi.

Memang bagi Anda yang ingin Mahir dalam menggunakan Microsoft Excel ini tidak bisa hanya sekali belajar bisa langsung pintar.

Tapi ada berbagai proses yang harus dilalui dan mengetahui berbagai fungsi yang ada pada Microsoft Excel. Meskipun memang Microsoft Excel ini sulit untuk dipelajari atau dipahami maka Anda harus terus belajar dan tidak boleh menyerah.

Itulah beberapa informasi yang harus Anda perhatikan terkait dengan tips belajar kelas Excel dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk terus mengikuti kelas Excel secara online agar Anda bisa mengejar ketertinggalan. Ada banyak sekali tempat untuk kelas Excel ini yang akan memberikan berbagai pengetahuan menarik!

Related Articles