Belajar Excel Dasar dan Advanced Lengkap

Mungkin Anda sudah seringkali mendengar terkait dengan Microsoft Excel, sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan operasi hitung matematika, mulai dari yang sederhana hingga yang sulit. Untuk Belajar Excel Anda perlu menguasai berbagai hal, mulai dari memahami tampilan Excel, hingga mempelajari dan menghafal rumus-rumus yang digunakan dalam Excel.

Sebelum kita mulai untuk cara belajar excel dasar hingga advanced yang lengkap dan mudah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu, seperti kegunaan dari Microsoft Excel itu sendiri, serta beberapa hal dasar yang perlu diketahui.

belajar excel dasar

Kegunaan dari Microsoft Excel

Dalam belajar excel dasar, microsoft excel itu sendiri adalah sebuah software yang digunakan untuk pengolahan data, serta untuk mempresentasikan data secara rapih dan professional. Microsoft Excel digunakan untuk membuat tabel data, mempresentasikan data, serta melakukan tabulasi dan analisis data. Hal ini membuat kegunaan dari Microsoft Excel sangatlah vital.

Kegunaan dari Microsoft Excel ini sangatlah vital, terutama untuk berbagai bidang, mulai dari segi bisnis, akademik, administrasi, perkantoran, penelitian, dan masih banyak lagi. Selain itu, Microsoft Excel bisa dianggap sebagai salah satu perangkat yang paling banyak digunakan dibidang perkantoran modern, dan setiap karyawan kantoran, pastilah harus belajar menguasai Microsoft Excel.

Cara Belajar Excel Dasar

belajar excel dasar

Nah, apakah Anda ingin belajar menggunakan Microsoft Excel untuk keperluan kantor? Untuk bisa mempermudah mempresentasikan data, serta mengolah data yang masuk? Belajar Excel Dasar memang salah satu perangkat yang multifungsi, dengan kegunaan yang sangat banyak, mulai dari pengoperasian matematika, menampilkan data, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda ingin belajar untuk menggunakan Microsoft Excel dengan cara yang mudah, praktis, serta belajar dari dasarnya? Maka sebelum itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa mempelajari Microsoft Excel dari dasarnya.

  • Apa yang ingin Anda buat pada Microsoft Excel?
Baca Juga:  Belajar Cara Menggunakan Transpose Excel Menyenangkan

Microsoft Excel bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai hal, mulai dari tabel data, tabulasi data, untuk membuat laporan keuangan, membuat slip gaji, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat kegunaan dari Microsoft Excel sangatlah luas, dan tidak terbatas hanya untuk pengolahan data matematika saja, tetapi juga untuk keperluan statistik.

Jika Anda ingin mengolah data angka, dan membuat tabel dari data tersebut, maka Anda harus menggunakan Microsoft Excel. Pertama ketahui dahulu apa yang akan Anda buat disini, untuk memastikan bahwa apa yang Anda buat bisa diketikan dengan mudah dan efektif didalam Microsoft Excel, contohnya seperti slip gaji, laporan keuangan, anggaran dana, dan masih banyak lagi.

  • Kenali tampilan awal dari Microsoft Excel

Tampilan awal dari Microsoft Excel adalah sebuah blank sheet, sheet adalah satu dokumen Excel yang sedang Anda kelola. Sheet ini adalah selembar kertas kosong yang akan Anda isi sendiri dengan berbagai data dan ketikan.

Didalam sheet, terdiri berbagai hal, seperti Column, tab, dan cells. Column adalah barisan kotak yang menyamping (Horizontal) sedangkan tab adalah barisan kotak yang menurun (Vertikal), serta cells adalah satu kotak yang lokasinya merupakan persilangan dari tab dan column, semisalkan cells A1 terletak di column A di tab 1.

Selain sheet, Anda juga akan mengenali dengan ribbon yang ada di bagian atas Microsoft Excel. Disini Anda akan menemukan berbagai tools yang akan berguna untuk editing, proses pengetikan, serta pengolahan data. Tools ini adalah kuncinya agar Anda bisa menggunakan Microsoft Excel dengan lebih nyaman, cepat, dan efektif.

  • Ketahui cara pengetikan dalam Microsoft Excel, serta cara untuk editing

Untuk mengetik dalam Microsoft Excel, Anda tinggal klik pada cells yang ingin Anda ketikan, lalu bisa langsung mulai mengetik. Jika data yang diketikan terlalu panjang, dan melebih cells, Anda bisa mengatur lebar cells dengan cara drag pada garis tepi cells, keluar, dan membesarkan ukuran cells sesuai dengan yang Anda inginkan, (ini akan melebarkan ukuran tab dan column).

Baca Juga:  Cara Menghitung Sisa Pembagian Dengan Rumus Mod

Selain itu yang perlu diketahui dalam belajar excel dasar adalah Anda mengetik dengan menggunakan bar rumus, yang ada pada bagian atas, di dekat ribbon. Disitu, Anda akan bisa mengetikan apa yang ingin Anda ketikan dalam satu cells, serta menggunakan berbagai rumus untuk perhitungan Excel.

  • Rumus dasar dari Microsoft Excel

Nah, salah satu kunci untuk Belajar Excel Dasar adalah dengan mengetahui rumus dasar perhitungan Excel, seperti rumus perhitungan, pertambahan, perkalian, pembagian, serta rumus statistika seperti data maximal, data minimal, rata-rata jumlah data, dan masih banyak lagi.

Selain itu, rumus dasar ini bisa Anda kombinasikan, seperti jika Anda ingin menghitung untuk slip gaji, bagaimana gaji itu dihitung dari perjam waktu kerja, atau dengan factor dan variable hitungan lainnya. Rumus dasar dari Excel ini lah yang akan membantu Anda untuk menguasai, dan mengoperasikan hitungan.

Rumus dasar perhitungan seperti (+) untuk tambah, (-) untuk mengurangi (*) untuk perkalian (/) untuk pembagian. Sebagai contoh jika Anda ingin mengkalikan bilangan, jadi Anda akan ketikan seperti ini pada cells: =7*10 lalu tekan enter. Catatan, Anda harus ketika = terlebih dahulu supaya bisa langsung mengetahui hasil dari perkalian tersebut.

Trik Advanced dan Rumus Wajib Jika Anda Ingin Belajar Excel

belajar excel dasar

Berikut ini akan kami bocorkan mengenai beberapa trik advanced yang bisa Anda praktekan menggunakan Microsoft Excel. Jika Anda sudah mengetahui beberapa trik di bawah ini, maka selamat, namun jika belum mengetahuinya, maka semoga artikel kami di bawah ini bisa membantu untuk Anda Belajar Excel Dasar untuk menguasai Microsoft Excel dengan lebih lancar lagi.

  • Cara Penomoran Tabel dengan Cepat pada Excel

Jika Anda ingin menomori tabel, Anda tidak perlu menomori tabel satu persatu, pada Belajar Excel Dasar, ada fungsi otomatis untuk melanjutkan penomoran, jadi Anda hanya perlu menomori 2 tab, menjadi nomor 1, dan 2, lalu Anda tinggal klik dan drag kolom tersebut ke bawah, maka akan langsung dilanjutkan penomorannya.

Ini untuk mempersingkat waktu. Langkahnya adalah, pertama Anda harus menomorinya minimal 2 angka berurutan, jika hanya satu angka, maka tidak akan dilanjutkan oleh Microsoft Excel. Kedua, klik dan drag kedua angka tersebut. Lalu pada pojok kanan bawah, klik dan drag ikon di pojok kanan bawah, ke arah bawah untuk melanjutkan penomoran, hingga nomor yang Anda mau.

  • Rumus SUM, Average, Min, Max, dan lainnya
Baca Juga:  Fungsi Average: Cara Menghitung Rumus Rata-rata Excel

Dalam Belajar Excel dasarnya salah satu yang harus Anda hafalkan adalah rumus-rumus perhitungan Excel, sebagai Contoh seperti rumus =SUM untuk menjumlahkan, rumus =Average untuk mencari rata-rata data, rumus =Min atau =Max untuk mencari minimal dan maximal data, serta berbagai rumus lainnya.

Nah, itulah dia beberapa trik dasar, serta advanced yang wajib diketahui dalam Belajar Excel Dasar serta cara untuk mengoperasikan Excel agar lebih mudah, cepat, dan professional. Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi perihal untuk trik advanced Microsoft Excel, Anda bisa lihat lebih lanjut di halaman website kami.

Tertarik belajar excel dasar hingga mahir? cek link ini sekarang dan dapatkan promo menariknya!