Belajar Kegunaan Microsoft Excel dari Nol

Belajar Microsoft Excel biasa digunakan untuk mengolah dan menganalisis data dengan mudah. Meskipun ini merupakan software basic yang perlu diketahui oleh setiap orang, tetapi kenyataannya banyak yang belum memahami Excel. Apalagi dalam dunia kerja, belajar Microsoft Excel sangat dibutuhkan sehingga bagi kamu yang belum ahli mengoperasikannya perlu belajar Microsoft Excel terlebih dahulu.

belajar microsoft excel

Memahami Software Microsoft Excel

Kebanyakan orang menggunakan software Microsoft Excel untuk input data saja, padahal software ini memiliki banyak sekali fitur dengan fungsi yang beraneka ragam. Padahal adanya fitur dan fungsi pada Excel dapat memudahkan setiap orang untuk menggunakan program lebih maksimal lagi. Lalu sebenarnya Microsoft Excel itu apa?

Microsoft Excel adalah salah satu program Microsoft Office yang berfungsi untuk mengolah data angka atau kata menggunakan sistem spreadsheet yang berupa kolom dan baris untuk melakukan perintah tertentu.

Saat ini Excel sudah digunakan oleh semua orang di dunia sebagai software pengolah data terbaik. Alasannya yaitu karena fungsi dan fiturnya lengkap sehingga dalam pengolahan data pun menjadi lebih mudah dengan adanya fitur formula dan rumus fungsi Excel.

Kegunaan Belajar Microsoft Excel Untuk Berbagai Bidang

belajar microsoft excel

Fungsi utama dari Microsoft Excel yaitu sebagai pengolah data angka. Namun ketika belajar Microsoft Excel lebih dalam lagi ternyata software ini dapat digunakan untuk membuat, menganalisis, mengedit, dan mengurutkan data dengan sistematis. Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan beberapa manfaat Microsoft Excel di berbagai bidang.

Mengelola Administrasi

Hal paling umum yang banyak diketahui oleh orang-orang terkait dengan kegunaan Microsoft Excel yaitu untuk mengelola administrasi dengan mudah. Data seputar penyusunan, perencanaan, dan pengorganisasian akan lebih efektif dibuat dan pastinya akan tersusun dengan rapi.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu VLOOKUP: Fungsi dan Cara Menggunakannya

Biasanya perusahaan akan membuat informasi susunan data dalam bentuk administrasi sehingga pengelolaannya lebih mudah. Administrasi ini juga digunakan untuk memantau aktivitas pekerjaan, evaluasi, susunan program usaha, dan lain sebagainya.

Membuat Grafik, Tabel, dan Statistika

Dibandingkan software lainnya, Microsoft Excel cenderung lebih mudah digunakan dan dioperasikan terutama dalam membuat grafik, tabel, dan statistika. Bahkan penyusunan tabel untuk input data dalam jumlah banyak pun tidak terlalu sulit.

Ms Excel dapat mengubah data angka menjadi data grafik sehingga lebih mudah dibaca. Selain itu software ini juga digunakan sebagai data statistika untuk memudahkan pengelolaan perhitungan matematika.

Penyusunan Laporan Keuangan

Dalam perusahaan besar, bisnis kecil, komunitas, organisasi, dan instansi lainnya, Microsoft Excel digunakan untuk menyusun laporan keuangan. Bagi kamu yang ingin bekerja di bidang penyusunan laporan keuangan maka harus belajar software Excel sehingga dapat menjadi software alternatif.

Software ini terdiri dari kolom dan baris sehingga perencanaan laporan keuangan dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu juga dapat menggunakan rumus-rumus Excel untuk menghitung angka pada data keuangan.

Sebagai Software Akuntansi

Untuk bidang akuntansi, ternyata Microsoft Excel memiliki peran yang sangat penting untuk menghitung pengeluaran dan pendapatan. Bahkan hampir di setiap kantor menggunakan MS Excel untuk menghitung gaji karyawan dan pendataan keuntungan atau profit per periode.

Hal ini dikarenakan Microsoft Excel mempunyai fitur perhitungan dengan fungsi dan rumus lengkap untuk memudahkan sistem accounting.

Bagian Penting Pada Microsoft Excel

belajar microsoft excel

Setelah mengetahui apa saja kegunaan MS Excel, selanjutnya kamu juga perlu belajar Microsoft Excel tentang bagian-bagian pentingnya.

Office button

Fitur ini merupakan fitur umum pada Microsoft Office yang digunakan untuk mengakses fungsi secara umum. Adapun menu pada office button di antaranya yaitu New, Open, Convert, Save, Save As, Print, dan lain-lain.

Quick Access Tool Bar

Quick access merupakan bagian penting pada belajar Microsoft Excel yang berisi tools Excel. Tools tersebut merupakan kumpulan perintah yang sering digunakan seperti Save, Undo, Redo, Gaya Text, dan lain sebagainya. Dengan adanya fitur ini maka kamu dapat mengakses tools Excel dengan cepat.

Baca Juga:  Fungsi Rank pada Microsoft Excel dan Contoh Rumusnya

Size Button

Pada fitur size button ada tiga bilah menu yaitu minimize, maximize, dan close. Minimize digunakan untuk membuat tampilan layar menjadi kecil atau minimal. Maximize digunakan untuk membuat tampilan layar menjadi layar penuh atau maksimal. Sedangkan close digunakan untuk menutup program Excel yang sedang dijalankan.

Akun

Di bagian akun, kamu dapat login pada akun Microsoft Office sehingga dapat terhubung dengan pengguna Microsoft Office lainnya secara langsung. Namun kamu tidak harus masuk pada akun Microsoft Office untuk mengoperasikan software Excel.

Title Bar

Saat belajar Microsoft Excel, kamu perlu mengetahui apa itu title bar. Title bar berada di bagian paling atas sebelah tengah yang menunjukkan judul file dokumen yang sedang dikerjakan.

Menu Bar

Selain itu, ada bagian menu bar yang berisi berbagai jenis tools. Pada tools tersebut terdapat berbagai ikon sehingga pengoperasian data Excel semakin mudah. Tools atau icon pada menu bar antara lain adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View. Letaknya ada di bagian atas pada dokumen yang sedang dikerjakan.

Ribbon Menu

Ribbon menu atau sering disebut dengan toolbar adalah kumpulan icon di bawah Menu Bar. Kamu bisa mengakses toolbar dengan klik bagian menu bar yang dipilih. Misalnya toolbar pada menu bar layout terdiri dari Size, Margin, Orientasi, dan lain sebagainya.

Name Box

Name box merupakan bagian lembar kerja pada saat belajar Microsoft Excel yang digunakan untuk menampilkan sel yang sedang dipilih atau sedang aktif.

Formula Bar

Formula bar berada di bagian kanan Nama Box pada kolom yang bertulisan fx. Fungsi dari formula bar yaitu untuk mengisi dan menampilkan jenis rumus Excel yang digunakan di bagian sel lembar kerja.

Active Cell

Sel aktif adalah bagian sel di perpotongan kolom dan baris pada lembar kerja. Disebut sel aktif karena sel tersebut dipilih untuk diinput data informasi atau fungsi perintah.

Column

Column atau Kolom merupakan susunan beberapa kolom (satu kotak dari atas ke bawah) di lembar kerja yang ditandai dengan huruf alfabet.

Baca Juga:  Memahami Rumus Pengurangan Excel

Row

Row atau baris gunakan untuk menampilkan baris (kotak dari kanan ke kiri) di lembar kerja yang ditandai adanya angka atau penomoran.

Tab Worksheet

Selain itu ada bagian worksheet yang menjadi karakter dari MS Excel. Ketika kamu belajar Microsoft Excel kamu dapat melihat tab worksheet di bagian pojok bawah di arah kiri yang terdapat kolom-kolom sheet dengan tulisan daftar 1,2,3,4 dan seterusnya.

Bagian deposit digunakan untuk menambahkan jumlah lembar atau halaman pada lembar kerja sesuai kebutuhan. Dengan adanya fitur Sheet, kamu bisa dengan mudah menyimpan lebih dari satu jenis lembar kerja pada banyak sheet dengan satu file penyimpanan.

Scroll Bar

Scroll bar merupakan tool pada saat belajar Microsoft Excel yang digunakan untuk menggeser bagian. Ada dua macam scroll bar yaitu Vertical Scroll Bar untuk menggeser dari atas ke bawah atau sebaliknya, serta Horizontal Scroll Bar untuk menggeser dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Tool ini dimiliki oleh semua software pada program Microsoft Office.

Jika ingin belajar Microsoft Excel maka kamu bisa memulai dari hal-hal paling dasar, yaitu mengenali kegunaannya, bagian-bagiannya, fiturnya, kemudian ke rumus fungsi. Untuk belajar Excel lebih dalam kamu bisa melalui kursus khusus untuk materi Excel dengan tutor terbaik. Klik link ini untuk mengikuti kursus dan mendapatkan berbagai tutorial Excel lebih lengkap.