Panduan Belajar Excel Mudah dan Cepat untuk Pemula

Program Microsoft Office sangat penting dalam hal penyusunan data, salah satunya adalah software Microsoft Excel. Artikel ini akan menjadi panduan belajar Excel mudah untuk menyusun dan menganalisis data sehingga bagi kamu yang pekerjaannya berkaitan dengan data wajib belajar Excel mudah dan cepat menguasainya.

panduan belajar excel

Biasanya Microsoft Excel dioperasikan untuk aktivitas sehari-hari tetapi hanya dasar-dasarnya saja. Sedangkan jika akan terjun ke dalam dunia kerja, maka kemampuan memahami panduan belajar Excel harus dikuasai secara menyeluruh. Jadi bukan hanya bisa memasukkan angka dan membuat tabel di Excel saja.

Mengenal Software Microsoft Excel Mudah

panduan belajar excel

Mayoritas orang pengenal Microsoft Excel sebagai software yang digunakan untuk mengatur dan merapikan data untuk lebih mudah diakses. Namun ternyata fungsi Excel lebih dari itu, karena seringkali digunakan oleh perusahaan untuk menganalisis dan menghitung data yang mereka miliki.

Selain itu, Microsoft Excel juga digunakan sebagai database di setiap instansi baik angka maupun kata. Software ini tidak hanya digunakan pada bidang keuangan dan perusahaan saja tetapi di semua bidang mulai dari marketing, teknologi, human resource dan lain-lain.

Secara umum Microsoft Excel dipakai untuk mengatur informasi data karyawan, data keuangan, rekapitulasi, dan lain sebagainya.

Panduan Excel Bagi Pemula

panduan belajar excel

Bagi kamu yang ingin panduan belajar Excel maka harus memulai dari hal-hal mendasarnya terlebih dahulu. Untuk dapat mengoptimalkan penggunaan Microsoft Excel, kamu perlu mengetahui apa saja fitur-fitur pada software ini.

Membuat Spreadsheet dan Workbook

Banyak orang yang belum bisa membedakan antara spreadsheet dan workbook. Sederhananya, spreadsheet merupakan dokumen yang ada pada satu file, sedangkan workbook merupakan file Excel yang sedang dibuka.

Baca Juga:  Belajar PPT Lengkap, Cepat, dan Mudah

Jika akan membuat workbook yang baru, kamu cukup klik tombol file yang ada di bagian atas Excel. Kemudian kamu dapat melanjutkannya dengan Klik tombol New, lalu pilih Blank Workbook.

Sedangkan apabila kamu akan menambah spreadsheet baru, kamu bisa pilih tombol ‘+’ yang ada di bawah Excel, lebih tepatnya di Spreadsheet. Selanjutnya, kamu dapat menyusun spreadsheet dengan cara tekan dan geser ke kanan atau kiri.

Menginput Data

Ketika kamu mempelajari panduan belajar Excel maka kamu akan belajar bagaimana cara menginput atau memasukkan data. Perlu diketahui bahwa belajar menginput kata atau angka pada Excel merupakan hal yang sangat mudah dilakukan.

Seperti halnya menginput data pada umumnya, kamu hanya perlu klik sel atau kotak kosong di spreadsheet. Lalu kamu dapat mengetik data yang diinginkan. Jika ingin berpindah sel atau kotak, kamu hanya perlu tekan tombol tab atau enter di keyboard sehingga lebih mudah.

Membuat Dan Mengatur Tabel

Pada panduan belajar Excel, kamu juga dapat dengan mudah membuat dan mengatur tabel sesuai dengan kebutuhan. Setelah berhasil membuat tabel, kamu dapat mengaturnya dengan border dan warna.

Ada berbagai pilihan border yang dapat dipilih sesuai kebutuhan hanya dengan klik tombol atau ikon Borders di bagian Font Excel.

Apabila kamu ingin memberikan warna tabel, caranya yaitu pilih sel, baris, atau kolom pada tabel yang diinginkan, kemudian klik tombol Fill Color. Tombol ini memiliki simbol ikon seperti gambar kaleng cat yang berada di atas Excel daerah Font. Setelah itu, kamu bisa memilih warna apapun sesuai keinginan untuk tabel.

Menyusun Data

Dalam panduan belajar Excel, iftur lainnya yang dapat kamu pelajari pada software Excel yaitu penyusunan data. Hadirnya fitur ini bertujuan agar data yang disusun terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Kamu bisa dengan mudah belajar menyusun data pada Excel sesuai angka atau abjad paling besar ke paling kecil maupun sebaliknya.

Untuk menyusun data tersebut, cukup pilih kolom atau baris yang akan diatur datanya, lalu klik Short & Filter di bagian atas Excel, tepatnya di bagian Data. Selanjutnya kamu dapat memilih apakah akan menyusun data dari abjad atau angka terkecil atau terbesar terlebih dahulu.

Baca Juga:  Belajar Java Pemula: Dasar dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Filter Data

Selain itu, dalam panduan belajar Excel kamu pun dapat mencari atau menyaring data yang diinginkan dengan memanfaatkan tombol Sort & Filter. Setelah itu klik Filter, maka kamu dapat mencari data sesuai dengan kategori yang dibutuhkan.

Menggunakan Penjumlahan Otomatis

Melalui panduan belajar Excel kamu dapat menemukan fitur penjumlahan otomatis. Sebenarnya untuk menjumlahkan angka dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus Excel tertentu. Namun apabila kamu belum belajar rumus-rumus Excel karena masih pemula, kamu dapat dengan mudah menjumlah angka tersebut secara otomatis.

Caranya yaitu dengan memilih baris atau kolom yang akan dijumlahkan lalu pilih tombol Auto Sum. Tombol ini ada di bagian atas Excel, tepatnya daerah Editing. Dengan begitu maka angka pada kolom atau baris yang dipilih bisa dijumlahkan secara otomatis.

Panduan Belajar Excel: Formula Dasar Untuk Pemula

Bagi para pemula, biasanya belum begitu memahami mengenai rumus-rumus yang digunakan saat mengoperasikan Microsoft Excel. Untuk itu, jika kamu merupakan seorang pemula yang ingin memahami panduan belajar Excel maka ada beberapa formula dan materi yang harus diketahui terlebih dahulu.

Formula IF

Formula pertama yang harus kamu ketahui yaitu fungsi IF yang digunakan untuk membuat perbandingan atau komparasi logis antara nilai dan yang diharapkan. Caranya yaitu dengan menguji parameter serta mengembalikan hasil apabila True atau False.

Cara penulisannya: = IF(parameter yang diharapkan, instruksi kondisi benar, instruksi kondisi salah)

Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Dan Pembagian

Untuk melakukan penjumlahan data yang bersifat angka dalam jumlah banyak bisa menggunakan rumus SUM. Cara penulisannya yaitu =SUM(sel awal:sel akhir). Sedangkan untuk rumus pengurangan sebenarnya tidak ada, tetapi dapat menggunakan simbol minus (-).

Rumus perkalian sebenarnya sama dengan rumus penjumlahan tetapi menggunakan operation asterisk (*). Contoh penulisannya yaitu =cell1*cell2*cell3.

Selain itu juga dapat menerapkan formula PRDUCT dengan cara penulisan yaitu =Product(Cell1:Cell2). Sementara untuk formula pembagian bisa diganti dengan operation slash (/).

Formula Lookup

Vlookup atau Vertical Lookup merupakan formulir yang digunakan untuk mencocokkan data pada dua daftar. Dengan menggunakan rumus ini, kamu dapat mengisi data pada tabel sesuai data tabel referensi lainnya dengan menggunakan nilai spesifik.

Baca Juga:  Mempelajari Rumus Penjumlahan Excel

Membuat Waktu Otomatis

Pada Microsoft Excel, kamu juga dapat membuat tanggal dan waktu otomatis dengan rumus tertentu. Untuk membuat tanggal otomatis, kamu dapat menggunakan fungsi rumus Day untuk menuliskan angka 1 sampai 31. Bisa juga dengan menerapkan rumus =DAY(serial_number), lalu pada serial underscore number diisi dengan klik sel di tanggal yang ingin dicari harinya.

Untuk membuat bulan secara otomatis bisa menggunakan rumus Month untuk menghasilkan angka 1 sampai 12. Cara menerapkan fungsi ini pada Microsoft Excel yaitu dengan menuliskan =MONTH(serial_number) lalu klik sell di tanggal yang akan dicari bulannya.

Sedangkan untuk membuat tahun otomatis bisa menggunakan fungsi rumus Year pada MS Excel. Cara penulisannya yaitu =YEAR(serial_number) dengan klik sel di tanggal yang akan dicari tahunnya.

AVERAGE

Average merupakan rumus rata-rata untuk menghitung jumlah nilai pada sekelompok data lalu dibagi banyaknya data. Dengan begitu maka untuk menghitung nilai rata-rata dari sekelompok data akan lebih cepat.

Untuk kamu para pemula yang ingin memahami panduan belajar Excel maka setidaknya memulai dari beberapa hal di atas. Selain itu, kamu juga perlu latihan secara rutin untuk terbiasa mengoperasikan software Microsoft Excel.

Untuk belajar MS Excel saat ini juga semakin mudah karena dapat melalui website khusus yang menyediakan kursus khusus untuk materi Excel.