Apa Itu Excel? Kekurangan, Kelebihan dan fungsinya

Perkembangan zaman selalu mendorong kemajuan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang teknologi. Perkembangan teknologi saat ini menjadikan semua hal dilakukan secara instan dan memudahkan kita.

Salah satu produk teknologi yang saat ini banyak membantu pekerjaan manusia adalah Microsoft Excel. apa itu Excel? Excel merupakan salah satu perangkat lunak yang membantu pekerjaan manusia dalam bidang pengolahan data angka dengan cepat.

apa itu excel

Pengertian Apa Itu Excel

Apa itu Excel? Mungkin itulah kata-kata yang sering terucap oleh sebagian besar orang awam. Maka sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dari Excel kita perlu mengetahui pengertian dari apa itu Excel.

Adapun Excel merupakan produk perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft yang dibuat khusus untuk dapat melakukan pengolahan angka. Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh perangkat lunak ini, salah satunya ialah mempermudah perhitungan cepat dengan menggunakan rumus.

Pentingnya Microsoft Excel dalam Dunia Kerja

apa itu excel

Setelah mengetahui apa itu Excel, maka kita juga perlu mengetahui berbagai manfaat penting Excel dalam dunia kerja. Adapun peran Excel dalam dunia kerja, diantaranya ialah:

  1. Bidang akuntansi

Dalam bidang akuntansi, Ms Excel memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk membuat sebuah tabel yang berisikan teks dan angka-angka guna untuk laporan keuangan. Angka yang sangat banyak tidak perlu dihitung secara manual, karena dengan Ms Excel kita bisa menggunakan rumus yang sehingga akan mempercepat pekerjaan. Oleh sebab itu penggunaan Ms Excel dalam dunia akuntansi sangatlah penting.

  1. Analisis data

Selain dalam bidang akuntansi, Excel juga memiliki peran yang cukup penting untuk melakukan analisis data. Dimana selain memiliki fitur olah data yang sederhana, Ms Excel juga memiliki sebuah fitur lainnya yang bisa digunakan untuk menganalisis data dengan metode yang lebih canggih.

  1. Data customer relationship management

Selain mengetahui pengertian dari apa itu Excel, kita juga perlu mengetahui pentingnya Excel yang dimanfaatkan dalam proses data customer relationship management. Caranya ialah dengan memasukkan data-data dari pelanggan ke dalam, sehingga data dari customer dapat terkumpulkan dengan rapi.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

apa itu excel

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh Ms Excel tentu menjadikannya sebuah kelebihan. Selain bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pembacaan data berupa angka, ada banyak kelebihan lainnya yang diantaranya adalah:

  1. Dapat diakses melalui berbagai OS
Baca Juga:  Macro Excel: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Kelebihan dari apa itu Excel yang pertama ialah bisa diakses melalui berbagai OS. Adapun sistem operasi yang didukung oleh Ms Excel diantaranya ialah Windows, Android, iOS dan iPad, Fire OS, serta macOS.

  1. Memiliki tampilan yang mudah dan menarik

Selain dapat didukung oleh beberapa sistem operasi, Excel juga memiliki tampilan yang mudah untuk digunakan. Apabila kita tidak terlalu membutuhkan suatu rumus yang kompleks maka kita bisa tetap menggunakan Ms Excel, hal ini dikarenakan walaupun fungsi-fungsinya sudah cukup canggih akan tetapi memiliki sebuah tampilan yang relatif mudah untuk digunakan.

  1. Memiliki memori yang cukup besar

Memiliki memori yang besar merupakan kelebihan tersendiri, sehingga pengguna tidak akan khawatir ruang penyimpanannya penuh yang mengakibatkan susah untuk melakukan penyimpanan.

  1. Data menjadi lebih terorganisir

Kelebihan selanjutnya ialah kemampuan Excel dalam mengatur data sehingga menjadi data yang teratur dan terorganisir dengan baik, dengan tampilan yang rapi maka kita juga akan lebih mudah menganalisa data tersebut.

  1. Formula yang sangat lengkap

Formula atau rumus yang dimiliki oleh Ms Excel tergolong sangat lengkap, sehingga kita bisa melakukan berbagai perhitungan atau olah data angka dengan menggunakan Ms Excel tanpa harus mendownload aplikasi lainnya yang sebagian besar berbayar.

Tidak ada gading yang tidak retak, oleh karena itu jika ada kelebihan pasti ada juga kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh Ms Excel yaitu:

  1. Software yang berbayar

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh program perangkat lunak ini ialah berbayar untuk pemakaian tertentu dengan sistem operasi tertentu juga, sehingga kita tidak bisa terlalu bebas mengakses Ms Excel.

  1. Memiliki jumlah cell yang terbatas

Kekurangan lainnya dari Excel ialah memiliki jumlah Excel yang terbatas sehingga tidak bisa digunakan untuk sebuah data yang memiliki banyak angka data. Adapun jumlah baris sekitar 1.048.576, sedangkan jumlah kolom ialah 16.384, sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah cell yang ada di Ms Excel hanya 17.179.869.184 cell saja.

  1. Harus dikuasai untuk menikmati fitur nya

Fitur yang sangat banyak ini mengharuskan pengguna bisa menggunakannya, karena jika pengguna belum memahami betul tentang rumus, fungsi, dan logika maka dipastikan akan mengalami kesulitan dalam menggunakannya.

  1. Memerlukan banyak waktu
Baca Juga:  Hlookup Adalah? Inilah Pengertian dan Cara Menggunakannya

Jika kita ingin memasukkan data secara manual maka kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit, terlebih lagi jika data yang dimasukkan dalam jumlah yang banyak. Itulah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Ms Excel, adanya kekurangan tersebut dapat menjadikan kita untuk mengekspor hal lainnya agar bisa memiliki pengalaman yang lebih banyak.

Fungsi Microsoft Excel

Jika kita bekerja membuat sebuah laporan yang berkaitan dengan angka, maka kita tidak akan jauh-jauh dengan aplikasi pengolah angka. Banyaknya manfaat dan fungsi menjadikan aplikasi ini banyak dikenal di masyarakat luas. Adapun beberapa fungsi dari Microsoft Excel, diantaranya ialah:

  1. Sebagai sebuah aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengelola suatu data, baik itu untuk membuat, mengatur, meringkas data, menganalisa dan masih banyak lagi lainnya.
  2. Bisa berfungsi untuk membantu dalam menyelesaikan perkara logika dan juga matematika
  3. Berfungsi dalam mempermudah dalam melakukan suatu perhitungan statistika dan aritmetika.
  4. Mempermudah kita dalam membuat berbagai macam diagram dan grafik.
  5. Mempermudah kita dalam melakukan suatu perhitungan dari data hasil penelitian.
  6. Berfungsi untuk membuat suatu catatan keuangan, anggaran, dan laporan keuangan dengan mudah dan cepat.
  7. Bisa digunakan untuk melakukan analisa riset dari harga
  8. Bisa digunakan untuk membuat daftar hadir serta nilai-nilai pada sekolah sampai dengan Universitas.
  9. Dapat digunakan untuk melakukan konversi uang dengan cepat dan mudah, kita hanya perlu mengganti format yang kita inginkan.

Serta masih banyak fungsi lainnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan Ms Excel.

Apakah kalian sudah paham apa itu Excel? Semoga dengan membaca artikel ini jadi memiliki pemahaman lebih mengenai Excel. Excel sendiri merupakan suatu program perangkat lunak yang paling banyak digunakan setelah Ms Word. Hal ini tentunya karena penting dan memiliki banyak manfaat yang bisa mempermudah pekerjaan manusia. Nah, itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan apa itu Excel, pentingnya Excel, serta kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh apa itu Excel. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat bagi banyak orang terutama bagi yang memiliki keinginan untuk mempelajari Ms Excel dengan mudah dan cepat. Semoga dapat membantu!

Baca Juga:  Cara Menggunakan Excel Online dari Microsoft

Cek link ini untuk dapatkan promo belajar excel!

Related Articles