Belajar Excel Lengkap dan Cepat Menguasai

belajar excel lengkap

Microsoft Excel adalah salah satu software, atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data, mempresentasikan data dan statistic, serta pembuatan dan tabulasi data. Software Microsoft Excel ini adalah salah satu perangkat lunak yang paling banyak digunakan di berbagai kebutuhan, mulai dari untuk bisnis, perkantoran, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin Belajar Excel Lengkap serta menguasai Microsoft Excel, maka Anda sudah datang di tempat yang tepat. Disini, akan kami pandu untuk belajar menguasai Microsoft Excel dari nol, hingga menguasai dengan penuh mengenai cara membuat table, dan mempresentasikan data menggunakan Microsoft Excel.

belajar excel lengkap

Bagi yang sudah memahami, serta tahu untuk cara pengoperasian dasar dari Excel, setidaknya cara untuk memasukkan data, dan mengolah data sederhana, mungkin lebih tertarik untuk melihat trik, dan cara untuk menguasai software Microsoft Excel lebih jauh. Kami akan memberitahukan untuk tips dan trik Belajar Excel Lengkap dengan menguasai mengenai berbagai hotkeys, dan trik yang sangat membantu pengoperasian.

Sebelum Belajar Excel Lengkap Anda Wajib Tahu Beberapa Hal di Bawah Ini

belajar excel lengkap

Jika ini pertama kalinya Anda belajar mengenai Microsoft Excel, maka Anda mungkin akan perlu untuk mengetahui hal di bawah ini terlebih dahulu, mulai dari baris dan kolom dalam Excel, apa itu cell, dan ribbon atau tools yang dipergunakan.

  • Baris – Baris bisa dilihat dari layar kiri ke kanan, atau horizontal. Baris dalam Microsoft Excel diwakilkan dalam angka, baris diwakilkan dari baris mulai dari 1,2,3, hingga seterusnya.
  • Kolom – Kolom bisa dilihat dari layar dari atas ke bawah, atau secara vertical. Kolom dalam Microsoft Excel diwakilkan dalam huruf, mulai dari kolom A,B,C, dan seterusnya, lalu setelah Z akan ada kolom AA, AB, AC, dan seterusnya.
  • Cell – Cell adalah ruang kosong yang ada pada halaman Excel. Cell diwakilkan atau disebut, dan lokasi cell adalah persilangan dari baris dan kolom, semisalkan kolom pojok kiri paling atas adalah kolom A1, lalu seterusnya mulai dari A2, A3, baris B1, B2, dan seterusnya. Pada cell inilah Anda akan mengisikan data, dan tabel yang akan Anda buat dalam Excel.
  • Ribbon (Tools) – Ribbon atau tools adalah alat-alat yang akan Anda gunakan dalam belajar Excel lengkap. Ada berbagai kegunaan dari tools, mulai dari editing bentuk dan ukuran cells, pengoperasian bilangan pada cells, serta mengubah fonts atau tulisan dalam Excel. Dalam belajar excel lengkap, Anda harus memahami kegunaan tools, dan tools apa yang diperlukan untuk pengoperasian.

Tips Belajar Microsoft Excel Lengkap dengan Mudah dan Cepat

belajar excel lengkap

Untuk bisa menguasai Excel, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, mulai dari pengoperasian proses pengetikan dasar, perhitungan dasar, cara untuk editing Excel, dan proses perhitungan rumus yang lebih rumit. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa tips dan trik yang bisa Anda pergunakan untuk bisa mulai menguasai perhitungan menggunakan Microsoft Excel.

  • Proses Pengetikan Dasar pada Excel

Langkah pertama untuk Belajar Excel Lengkap adalah dengan mempelajari proses pengetikan dasar, bagaimana cara Anda memasukkan angka dan kalimat yang ingin Anda masukan ke dalam cells, tab, dan kolom.

Untuk mengetikan huruf, angka, dan kalimat yang Anda mau, Anda harus klik pada cell yang ingin Anda ketik. Lalu, Anda bisa langsung mengetikan huruf dan angka yang ingin Anda masukan. Tetapi, Anda harus perhatikan pada kolom rumus yang terletak di bagian atas. Disitulah Anda seharusnya mengetikan apa saja yang ingin Anda ketikan.

Di kolom rumus inilah nantinya Anda juga akan mengetikan rumus perhitungan belajar Excel lengkap, seperti menambahkan jumlah, dan lain sebagainya. Selain itu, tiap cell memiliki isi yang berbeda, dengan kolom rumusnya masing-masing.

  • Proses Perhitungan dasar Excel

Excel adalah sebuah program yang bertujuan untuk pengolahan data dan angka, untuk mempresentasikan data dan angka sesimple mungkin. Untuk itulah Anda harus mempelajari cara untuk proses perhitungan dasar pada Microsoft Excel. Perhitungan dasar seperti menambahkan jumlah, mengkalikan jumlah, data maximal, data minimal, dan rata-rata jumlah data.

Untuk proses perhitungan dasar, Anda bisa langsung menambahkan proses perhitungan matematika. Seperti jika Anda ingin hasil dari penjumlahan 5 + 5, maka pada kolom rumus Anda tinggal menambahkan =5+5 maka nanti akan muncul hasilnya. Perlu diingat tanda “=” harus diketik terlebih dahulu, untuk bisa menampilkan hasilnya.

Tanda pengoperasian lainnya seperti (+) untuk penjumlahan (-) untuk pengurangan (*) untuk perkalian dan (/) untuk pembagian.

  • Editing Cell dan Column pada Excel

Dalam belajar excel lengkap, untuk bisa mengakomodasikan berbagai jenis table, serta untuk pengoperasian data, Anda perlu mengetahui cara untuk editing bentuk, panjang dan ukuran dari cell. Cell ini adalah kolom pada table yang Anda isikan berbagai data, serta untuk memasukkan rumus, juga judul dari table itu sendiri.

Untuk mengubah ukuran lebar dari cell, Anda bisa klik pada pinggir kanan atau kiri cell, lalu klik dan seret keluar, membesarkan ukuran cell sebesar apapun yang Anda mau. Perlu Anda ketahui, melebarkan ukuran cell, artinya seluruh kolom yang ada akan menjadi selebar itu pula.

Jika Anda ingin menggabungkan dua buah cell, maka Anda perlu klik dan seret kedua buah cell, lalu pada ribbon home klik pada tombol “Merge and center”, lalu hasilnya adalah kedua buah cell akan bergabung. Perlu diingat, merge and center bisa mempengaruhi isi cell, seperti jika Anda sudah memiliki hasil pengoperasian data, mungkin akan terpengaruh.

  • Rumus advanced Excel

Hal yang menjadi bintang utama dalam Belajar Excel Lengkap karena ini yang menjadi akar mengapa orang ingin mempelajari Microsoft Excel. Microsoft Excel dapat digunakan untuk pengoperasian yang rumit, dan rumus matematika yang panjang. Tidak hanya itu, Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk membuat sebuah proses statistika menjadi lebih mudah, dan rapih.

Salah satu rumus matematika Excel yang paling banyak digunakan adalah =SUM. Rumus ini digunakan untuk menambahkan cell yang ada, dengan yang Anda pilih. Semisalkan Anda ingin menjumlahkan cell pada lokasi A1 dengan cell lokasi A2. Maka hal yang perlu Anda lakukan adalah ketikan =SUM dan klik pada cell yang ingin dijumlahkan.

Beberapa rumus advanced untuk pengoperasian Excel seperti =MIN untuk mengetahui data paling kecil dari sejumlah data, =MAX untuk mengetahui data paling besar dari sejumlah data, =AVERAGE untuk mengetahui rata-rata dari jumlah data, dan perkalian menggunakan tanda (*). Itulah sejumlah rumus yang bisa Anda coba untuk mempelajari Microsoft Excel.

Itulah dia beberapa tips, trik, dan juga rumus untuk Belajar Excel Lengkap dengan cepat, mudah, dan lancar. Kunci dari mempelajari Excel adalah dengan mempelajari rumus yang berguna dan banyak digunakan seperti rumus penjumlahan pada table Excel, rumus untuk mencari tahu rata-rata table, serta rumus untuk mencari tahu data maksimal dan minimal.

Segera Belajar Excel Lengkap hanya di link ini dan dapatkan promo menariknya!

Related Articles