Hlookup Adalah? Inilah Pengertian dan Cara Menggunakannya

Fungsi HLOOKUP adalah salah satu formula yang banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan. Rumus ini banyak dipakai untuk mengambil informasi dari tabel lain yang ditarik secara horizontal. Lantas, bagaimana kegunaan rumus HLOOKUP ini?

Pengertian HLOOKUP

HLOOKUP merupakan rumus yang diambil dari kata Horizontal Lookup. Dari hal tersebut dapat diketahui jika HLOOKUP mengambil informasi secara horizontal atau mendatar. Adapun informasi ini didapatkan dari tabel lain yang biasanya ada di sheet yang sama.

Pengertian HLOOKUP

Rumus ini dapat digunakan di semua versi Excel, mulai dari yang versi XP hingga versi yang terbaru sekalipun. Anda dapat memanfaatkan rumus ini untuk berbagai keperluan seperti pengolahan data hingga pencarian berbagai formula penting.

Jika dilihat dari penulisannya, istilah horizontal pada HLOOKUP mengacu pada tabel referensi yang digunakan. Pasalnya header atau judul tabel terletak di bagian kiri dan field data tersusun menyamping secara horizontal.

Penggunaan Rumus HLOOKUP

Penggunaan Rumus HLOOKUP

Adapun cara menggunakan HLOOKUP sejatinya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memahami dan menguasai penulisan fungsi dasar pada rumus ini, yaitu:

=HLOOKUP(nilai_yang_dicari; tabel_referensi; nomor_baris; [range_lookup])

Jika diperhatikan, terdapat empat argument atau elemen yang ada di dalam sintaks rumus HLOOKUP. Empat elemen yang dimaksud yaitu:

1. nilai_yang_dicari

Merupakan nilai yang dicari di baris pertama tabel. Nah, nilai yang dicari ini dapat berupa referensi, teks, atau nilai yang memang akan dicari keberadaannya oleh Anda sebagai pengguna rumus HLOOKUP.

2. tabel_referensi

Merupakan tabel yang berisi data-data pendukung pencarian HLOOKUP. Tabel ini berisi nilai yang akan ditemukan pada baris pertama. Adapun yang dimaksud pada referensi HLOOKUP adalah suatu range, tabel, serta range tabel data itu sendiri.

3. nomor_baris

Elemen ini berisi nomor baris pada tabel referensi yang akan memberikan hasil nilai yang tepat. Jika cocok dengan nomor tersebut, maka akan menunjukkan hasil yang tepat. Sebaliknya, apabila Anda kurang tepat memilih sel atau nomor baris tersebut, maka hasilnya tidak sesuai.

Baca Juga:  Mempelajari Rumus IF Di Excel

4. range_lookup

Argumen ini berisi “TRUE” atau “FALSE” sebagai nilai logika. Nilai ini akan menentukan apakah HLOOKUP dapat mencari kecocokan yang mendekati atau sama persis. Jika berisi TRUE atau dikosongkan, maka hasil HLOOKUP akan menjadi lebih mendekati.

Apabila Anda mengisi FALSE, maka HLOOKUP akan mencari kecocokan yang sama persis. Namun jika tidak ditemukan, maka akan terjadi error atau menghasilkan nilai kesalahan #N/A. Range FALSE juga dapat diganti dengan angka “0”, sedangkan TRUE dapat diganti dengan “1”.

Contoh Penulisan Rumus HLOOKUP

Saat menggunakan contoh rumus HLOOKUP untuk mencari data tertentu, pastikan Anda menuliskan rumus dengan tepat. Jika salah, tentunya akan memberikan hasil nilai yang salah alias tidak ditemukan. Berikut contoh penggunaan HLOOKUP yang bisa Anda jalankan:

Pada contoh di atas, kita akan mencari berapa banyak penjualan buku pada data tertentu, yaitu pada minggu ke-1 dan minggu ke-3. Dalam mencari data tersebut, penggunaan rumus HLOOKUP disandingkan bersama nilai yang dicari yaitu “Buku” dengan rentang data dari sel A3 sampai E7.

Berdasarkan rentang tabel tersebut, minggu ke-1 berada di baris 2 sementara minggu ke-3 berada di baris ke 4. Dikarenakan kita mencari kecocokan yang sama persis, maka di akhir penulisan formula, diberi angka “0” atau “FALSE”.

Selain mencari dari nilai atau angka yang sudah ada, ternyata kita dapat menggunakan wildcart character untuk mencari karakter tertentu. Seperti pada contoh berikut di mana fungsi HLOOKUP adalah sebagai alat mencari data dengan 4 karakter.

Berdasarkan rumus di atas, kata atau data yang terdiri dari 4 karakter adalah “Buku”. Hal ini terlihat ketika kita menggunakan karakter khusus “????” dari baris pertama tabel A3:E7, maka akan dimunculkan data sesuai dengan jumlah wildcart character tersebut. Hal yang sama ketika kita menggunakan “???” sebanyak 3 karakter, maka akan muncul hasil “Tas”. 

Perbedaan HLOOKUP dan VLOOKUP

Beberapa orang kerap menganggap bahwa fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP sama, padahal sejatinya kedua fungsi tersebut sangat jauh berbeda. Meskipun sama-sama tergolong ke dalam fungsi Lookup, berikut perbedaan HLOOKUP dan VLOOKUP yang cukup mendasar:

Baca Juga:  Panduan Belajar Excel Mudah dan Cepat untuk Pemula
Perbedaan HLOOKUP dan VLOOKUP

1. Perbedaan nama dan kegunaan

Jika dilihat dari namanya saja, kedua rumus tersebut sudah berbeda. HLOOKUP digunakan dalam mencari data berdasarkan tabel yang berbentuk horizontal, sementara VLOOKUP digunakan dalam mencari data pada tabel berbentuk vertikal.

2. Cara pencarian data

Selain dari segi nama, cara pencarian data kedua rumus tersebut juga berbeda. Fungsi HLOOKUP melakukan pencarian nilai pada baris paling atas dari tabel serta mengembalikan nilai sesuai baris lain. Sementara VLOOKUP lebih kepada nilai di kolom paling kiri tabel.

3. Sumber pencarian data

Dikarenakan bentuk data yang horizontal, data yang diambil oleh HLOOKUP bersumber dari banyak baris. Berbeda dengan VLOOKUP yang berbentuk vertikal sehingga data yang diambil bersumber dari berbagai kolom.

4. Perumusan formula

Dalam merumuskan formula, keduanya juga mempunyai perbedaan. Rumus HLOOKUP sendiri dirumuskan dengan =HLOOKUP(lookup_value; table_array; row_index_num; [range_lookup]), sementara VLOOKUP dirumuskan dengan =VLOOKUP(lookup_value; table_array; col_index_num; [range_lookup]).

Baca Juga: Rumus Vlookup: Pengertian, Contoh dan Cara Penggunaannya

Itulah beberapa hal mengenai HLOOKUP yang wajib dipelajari. Tentunya, HLOOKUP adalah rumus penting untuk mencari data yang tepat guna dapat melakukan pengolahan data secara maksimal. Terlebih, banyak orang masih bingung dengan perumusan formula ini.

Daripada kebingungan dalam mempelajari fungsi-fungsi rumus Excel, belajar dari ahlinya tentu akan membuat Anda terbantu. Yuk ikut bergabung di Coding Studio, lembaga kursus IT online terbaik yang sudah dipercaya oleh ribuan orang.