Cara Membuat Spreadsheet Yang Mudah

cara membuat spreadsheet

Mengolah data adalah salah satu pekerjaan yang hampir ada di berbagai bidang, baik pekerjaan maupun Pendidikan. Sehingga Anda harus paham bagaimana cara membuat spreadsheet sebagai penunjang untuk melakukan olah data.

Kebanyakan mungkin sudah mengenal Microsoft Excel, spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft. Tetapi untuk bisa mendapatkan software yang asli, tentu saja membutuhkan biaya.

Nah, sebagai alternatif, saat ini sudah ada Google Sheets yang merupakan aplikasi pengolah data yang dikembangkan Google. Google Sheets memiliki fungsi yang serupa dengan Microsoft Excel, hanya saja berbasis online.

cara membuat spreadsheet

Apa Itu Google Sheets?

Google Sheets adalah layanan yang digunakan untuk mengolah dan menampilkan data yang tersusun ke dalam kolom dan baris. Jadi memang format layanannya serupa dengan Microsoft Excel.

Layanan ini bisa dengan mudah diakses menggunakan akun Gmail atau Google Drive yang secara umum bisa digunakan online. Jika sudah membuat dokumen, Anda bisa melakukan edit dokumen spreadsheet tersebut kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, Google Sheets bisa digunakan untuk sharing dokumen yang sama dengan orang-orang yang sudah diizinkan. Termasuk di dalamnya urusan editing (baik menambah atau mengurangi) isi dari dokumen tersebut.

Melihat fungsi dan berbagai fitur yang ditawarkannya, Google Sheets sangat tepat digunakan oleh siapa saja. Baik pelajar sampai dengan profesional, terutama yang berhubungan dengan olah data dan angka.

Cara Membuat Google Sheets

Cara membuat Spreadsheet sebenarnya harus dilakukan secara online atau terhubung ke jaringan internet. Jika Anda belum mempunyai akun Google, Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan Google Sheets.

cara membuat spreadsheet

Jika Anda sudah memiliki akun dan terhubung ke jaringan internet, selanjutnya ikuti cara membuat spreadsheet berikut ini.

  1. Cara membuat spreadsheet yang pertama yaitu bukalah Google Sheets menggunakan alamat email Google. Tetapi Anda juga bisa membukanya melalui Google Drive atau fitur Google lainnya.
  2. Cara membuat spreadsheet yang kedua yaitu klik tombol tanda tambah (+) yang bertuliskan Blank. Letaknya berada di bagian atas sebelah kiri.
  3. Cara membuat spreadsheet yang ketiga yaitu ubah nama atau edit Spreadsheet baru dengan cara mengetikan pada kolom Untitled Spreadsheet.
  4. Cara membuat spreadsheet yang keempat yaitu editlah nama tiap Sheet sesuai dengan kebutuhan.
  5. Cara membuat spreadsheet yang kelima yaitu isilah tiap sel, baris, dan kolom pada file tersebut
  6. Selesai.
Baca Juga:  Belajar Fungsi Analisa Statistik

Perlu Anda ketahui bahwa tiap perubahan data akan tersimpan secara otomatis ke cloud storage. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot harus Save data tiap melakukan edit data.

Cara Membagikan Google Sheets

Nah, bagi Anda yang bertanya bagaimana cara membuat Google Spreadsheet yang bisa diakses semua orang, tentu saja dengan cara membagikannya terlebih dahulu.

Membagikan atau share dokumen spreadsheet dilakukan dengan tujuan agar tiap orang yang diizinkan bisa melakukan editing secara real time. Anda bisa mengizinkan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses dokumen tersebut.

Nah, lebih lanjut berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk share dokumen spreadsheet.

  1. Klik Bagikan atau Share yang terletak di pojok kanan bagian atas dari dokumen Spreadsheet.
  2. Tambah alamat email yang akan kamu tuju agar bisa mengakses dokumen spreadsheet Anda.
  3. Aturlah izin akses dengan cara klik Dropdown di ikon dengan bentuk pensil.
  4. Klik selesai, selanjutnya link spreadsheet akan langsung masuk ke dalam email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

Cara Mengakses Google Sheets Secara Offline

Berbeda dengan cara membuat spreadsheet Excel yang offline, Google Sheets mengharuskan Anda selalu online. Padahal terkadang Anda membutuhkan editing dokumen saat koneksi sedang buruk.

Tetapi Anda diharuskan untuk menggunakan browser dari Google Chrome. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk memasang serta mengaktifkan extensi Google Documents Offline. Pastikan pula perangkat Anda memiliki ruang penyimpanan cukup.

Jika Anda sudah memastikan semuanya sudah siap. Selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

cara membuat spreadsheet
  1. Bukalah Google Drive
  2. Klik Settings
  3. Berilah centang pada kotak di bagian Offline
  4. Install Back up and Sync agar bisa mengerjakan dokumen Google Sheets secara offline.

Cara Membuat Spreadsheet di Google Form

Cara membuat spreadsheet baru di Google Form pada dasarnya digunakan untuk bisa melakukan manipulasi data yang terkumpul dari responden. Sebab, data yang sudah terinput dari Google Form tidak bisa diubah.

Hal itulah yang mengharuskan Anda untuk memindahkan data terlebih dahulu ke Google Sheets agar bisa diubah. Bukan hanya untuk tujuan editing saja, tetapi juga untuk tujuan pengolahan data lebih lanjut. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Klik View Response yang ada di menu Forms
  2. Sheet akan langsung terbuka di jendela baru
  3. Kemudian Anda bisa mengakses data dengan cara membuka Spreadsheet menggunakan Google Drive atau Google Sheets.
Baca Juga:  Microsoft Office Adalah: Pengertian dan Jenisnya

Data yang bisa Anda temukan selain Forms, di antaranya penanggulangan bagi tiap respons. Lebih lanjut, Anda bisa langsung melakukan format, analisis data, dan pemberian grafik. Cara ini tentu mempermudah Anda untuk mengolah kembali respons yang diberikan responden. 

Cara Melindungi Data di Google Sheets

Mengingat data Google Sheets bisa diakses secara online, tentu Anda khawatir soal keamanan data dari aplikasi ini. Padahal terdapat cara untuk melindungi data penting Anda di sini. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

  1. Klik data
  2. Pilihlah Protected Sheets and Ranges
  3. Pilihlah data yang akan dilindungi
  4. Pilih Set Permissions, cara ini untuk menampilkan tanda peringatan untuk siapa pun yang tidak Anda izinkan tetapi mencoba mengubah data.

Anda tidak perlu khawatir soal keamanan data, sebab Google sudah melengkapi aplikasi ini dengan pengaturan khusus untuk melindungi data. 

Istilah Penting dalam Google Sheets

Nah, bagi Anda yang baru mencoba untuk membuat dokumen Google Sheets, tentu masih asing dengan istilah-istilah di dalamnya. Untuk mengolah angka dan data, terdapat istilah khusus untuk menggunakan lembar kerja Google Sheets, berikut ini istilah yang dimaksud.

  1. Row: sel yang arahnya horizontal
  2. Column: sel yang arahnya vertical
  3. Cell: satuan kotak yang ada di dalam lembar kerja Google Sheets
  4. Formula: rumus yang bisa membuat hasil yang didapatkan dari column, cell, dan row.
  5. Function: operasi internal yang terdapat dalam lembar kerja Google Sheet, menu ini bisa digunakan untuk melakukan penghitungan cepat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan rumus-rumus khusus untuk menghitung angka dan data tertentu layaknya Microsoft Excel.

Dalam satu lembar kerja Google Sheets jumlah baris bisa mencapai 10.000, kolom 256, sel 100.000, dan sheet sebanyak 40. Jumlah tersebut sudah cukup untuk membuat satu dokumen, baik untuk kebutuhan kerja atau Pendidikan.

Berkat adanya dukungan dari Google AI, lembar kerja Google Sheets sudah bisa bekerja secara cerdas dalam mengakselerasi rumus ataupun kata tertentu yang diketikkan. Sehingga bisa memperingkas waktu dan mengurangi tingkat kesalahan data. Itulah penjelasan lengkap mengenai cara membuat spreadsheet yang mudah dan simple. Secara umum, tidak jauh berbeda dengan Microsoft Excel untuk mengoperasikannya.
Cek Coding Studio sekarang untuk dapatkan promo kursus online terbesar!

Related Articles