Mengenal Linux: Sistem Operasi Open Source dan Gratis

Mengenal Linux Sistem Operasi Open Source dan Gratis

Linux adalah salah satu OS komputer yang dapat dijalankan juga pada beragam alat komunikasi seperti laptop, komputer dan juga HP. OS komputer yang Anda ketahui hingga saat ini mungkin hanya Windows. Linux ini memang dapat dijadikan OS layaknya Windows namun nyatanya banyak yang memakai Linux sebagai server.

Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang apa itu Linux, fungsi dan juga jenis-jenis beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian dan Fungsi Linux

Linux adalah salah satu OS yang memiliki sifat open source. Artinya OS yang satu ini bebas untuk digunakan serta dikembangkan oleh siapa pun. Adapun penemu dari OS ini adalah Linus Torvalds, menariknya OS ini juga bisa digunakan secara gratis. 

Pengertian dan Fungsi Linux

Secara sederhana peran Linux itu sama seperti OS pada umumnya yaitu Windows, Android, iOS, mac OS dan lainnya yang bisa menjalankan server web. Perbedaan OS ini dengan yang lain adalah bisa dikembangkan sedangkan OS seperti Windows atau iOS yang biasa Anda gunakan ini khusus untuk user saja. 

Baca Juga: Perbedaan Linux VS Windows, Sistem Operasi Mana Pilihanmu?

Berdasarkan penjelasan pengertian Linux di atas bisa diketahui bahwa fungsi OS Linux ini sama seperti fungsi OS pada umumnya. Nilai plus dari OS ini adalah bisa dimanfaatkan untuk pengembangan perangkat. 

Hal inilah yang menjadi kelebihan dari OS Linux yang dapat digunakan, dikembangkan serta disebarluaskan kodenya secara cuma-cuma oleh semua orang. Meski begitu OS ini nyatanya sudah banyak dipakai pada pembuatan infrastruktur jaringan internet hingga bidang keamanan dan IT.

OS ini memiliki peranan yang penting sekali karena tanpa Linux, developer tidak akan dapat mengembangkan perangkat maupun alat yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

Jenis-jenis Linux

Jenis-jenis Linux

– Redhat Linux

Jenis OS yang satu ini dikembangkan oleh Red Hat inc. Oleh karena itu jenis ini disebut Redhat Linux. 

Baca Juga:  Staging Adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Tahapannya

Jenis OS ini memberikan penggunanya beberapa keuntungan. Di antaranya tampilan OS menarik, mudah diinstall dan pengoperasian yang sederhana. 

– Debian Linux

Debian dikenal mempunyai performa yang stabil dengan demikian cocok digunakan untuk mengoperasikan server maupun komputer admin. Debian ini bisa dijalankan hampir di segala jenis perangkat atau komputer. Selain itu Debian juga mempunyai pemeliharaan berbasis APT yang canggih. 

– Ubuntu Linux

Ubuntu merupakan OS turunan dari Debian. Jenis OS yang satu ini dikembangkan oleh perusahaan yang berasal dari Afrika yaitu Canonical Ltd. Selain memiliki sifat yang open source serta gratis, Ubuntu juga tidak memerlukan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi dalam penginstallan maupun pengoperasian. 

Perlu diketahui bahwa OS ini perlu dilakukan pembaruan setidaknya setiap 6 bulan sekali. Oleh karena itu OS ini cukup merajai dalam penggunaan OS Linux di berbagai kalangan developer. 

– CentOS Linux

Meski Ubuntu banyak dipakai di kalangan developer namun OS Linux terpopuler adalah CentOS. Jenis OS ini diketahui mempunyai jumlah pengguna paling banyak di kalangan developer. 

Menariknya CentOS sangat cocok dipakai untuk programmer pemula sekalipun. Berbagai keunggulan dimiliki OS ini yaitu memiliki OS Freeware yang andal serta berkualitas. Selain itu OS ini juga dikembangkan secara gratis serta didukung oleh cPanel. 

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan dan Kekurangan Linux

– Kelebihan

Linux terkenal sebagai OS yang memiliki sifat open source, inilah yang menjadi kelebihan utama OS ini dibanding OS lainnya. Anda dapat menggunakan Linux tanpa membeli lisensinya sekalipun. Selain itu OS ini juga bisa didapatkan secara gratis sehingga siapa pun dapat memakai OS ini sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. 

Kelebihan selanjutnya dari Linux adalah kebal malware. Keamanan Linux terhadap serangan dari malware dapat dijamin di berbagai tingkat di atasnya. Namun bukan berarti Linux tidak dapat diserang oleh malware ya. 

Hanya saja risiko yang dimiliki jauh lebih kecil dari OS lainnya. Hal ini disebabkan karena Linux akan mengharuskan penggunanya menjadi administrator bila ingin menjalankan program maupun mengeksekusi kode tertentu. 

Baca Juga:  Face Recognition: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Linux juga memiliki aplikasi bawaan yang lengkap. Bahkan jika pengguna menginginkan OS untuk digunakan tujuan khusus bisa jadi aplikasi yang diperlukan sudah ada di dalamnya. Berbagai aplikasi umum seperti multimedia, pengarsipan maupun Office tentunya sudah ada di OS Linux ini. 

Terakhir Linux juga didukung driver yang andal. Jadi berbagai masalah yang terjadi saat proses instalasi driver tidak akan terjadi pada OS ini. Hal tersebut karena Linux sudah mempunyai dukungan driver yang berkembang serta meluas.

Jadi Anda tidak perlu repot untuk menginstall driver maupun khawatir jika driver yang diinstall tidak bekerja. 

– Kekurangan 

Dibalik semua kelebihan yang dimiliki Linux, OS ini juga memiliki tampilan interface yang rumit sehingga banyak yang lebih memilih OS lainnya. Oleh karena itu jika ingin menggunakan OS ini perlu adaptasi serta belajar mengenai root, terminal dan juga urusan lainnya yang berkaitan dengan Linux. Jangan khawatir karena Anda bisa mempelajari Linux dengan mengikuti kursus online dari Coding studio

Selain itu, Linux juga tidak cocok dipakai untuk gaming karena OS ini sedikit lemah bila dipakai untuk gaming. Meski biasanya Linux sudah lengkap dengan aplikasi bawaannya, terdapat beberapa jenis Linux yang tidak memiliki aplikasi bawaan. Oleh karena itu Anda mesti bersabar untuk menunggu update OS yang satu ini.

Itulah beberapa penjelasan tentang Linux, ringkasnya Linux adalah OS seperti Windows yang bersifat open source serta gratis. Semoga artikel ini sedikit membantu Anda memahami dasar-dasar OS Linux yang jarang diketahui kebanyakan orang.

Related Articles