Perbedaan Linux VS Windows, Sistem Operasi Mana Pilihanmu?

Perbedaan Linux VS Windows, Sistem Operasi Mana Pilihanmu

Perbedaan Linux dan Windows bisa dilihat dari beberapa sisi, seperti lisensi, keamanan, kinerja, dukungan, penggunaan dan sebagainya. Operating System (OS) adalah komponen penting yang ada di setiap perangkat karena OS berfungsi untuk menjembatani fungsi perangkat lunak dan perangkat keras.

OS memiliki penjadwalan sistematis, seperti pemrosesan data, perhitungan penggunaan memori dan sumber data yang lainnya. Sekarang ada beberapa jenis OS yang dikembangkan di perangkat komputer seperti contohnya Linux dan Windows. Nah, manakan OS yang lebih cocok untuk Anda? bisa simak perbedaannya di bawah ini.

Perbedaan-perbedaan Linux Vs Windows

Perbedaan-perbedaan Linux Vs Windows

Perbedaan Linux vs Windows bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti:

Secara Umum

Linux adalah sistem operasi atau OS yang diciptakan oleh Linus Trovalds. Jenis sistem operasi satu ini bisa diperoleh secara open-source sehingga Anda bebas menggunakan, melakukan perubahan dan mendistribusikannya. Ada banyak jenis Linux yang dapat digunakan oleh perangkat komputer, seperti Mandaria, Ubuntu, RedHat, Linux Mint dan Debian. 

Baca Juga: OS Linux : Pengertian,Kelebihan dan Kekurangan

Windows adalah sistem operasi yang umum dijumpai di komputer. Dilihat dari segi penggunaan sistem operasinya, Windows memang banyak dipakai untuk mengerjakan pekerjaan kantoran, seperti membuat presentasi, mengetik, desain dan lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin mahir Microsoft Excel bisa coba kursus di Coding Studio. 

Lisensi

Sistem operasi Linux dan Windows bisa dilihat dari aspek lisensinya. Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan Microsoft dan memiliki kode program private. Artinya hanya developer internal saja yang dapat mengakses serta mengembangkan sistem operasi Windows tersebut. 

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows akan terikat dengan aturan Microsoft mengenai penggunaan sesuai dengan lisensi. Sedangkan Linux termasuk sistem operasi open source GNU Public License. Kode di Linux dipublikasikan secara umum dan dapat dimodifikasi dan dikembangkan secara bebas dan gratis. 

Baca Juga:  Mengenal RDP: Pengertian, Kegunaan, dan Tata Caranya

Keamanan

Perbedaan Linux dan Windows juga bisa dilihat dari aspek keamanan yang diberikan. Linux dan Windows tentu mempunyai sistem keamanan sendiri, meskipun Linux sifatnya open source, namun tingkat keamanan yang diberikan sangat baik. Pengguna bisa mengakses source code, memantai dan juga memperbaiki masalah keamanan yang terjadi. 

Keamanan

Apalagi virus tidak bisa mempengaruhi semua sistem sebab Linux tidak berjalan jadi root secara default. Sistem keamanan di Windows dikembangkan oleh perusahaan Microsoft jadi masalah keamanan yang terjadi akan diperbaiki oleh tim Microsoft juga. Dengan demikian, pengguna perlu melaporkan masalah yang terjadi kepada tim customer service Windows agar diperbaiki.

Kinerja

Linux cukup dikenal memiliki performa kecepatan yang bagus di perangkat komputer. Tidak seperti pada sistem operasi Windows yang dikenal melambat seiring dengan berjalannya waktu atau pemakaian. 

Hal ini juga tergantung dengan lama pemakainya, Windows akan semakin melambat di perangkat keras lebih lama. Pada sisi kinerja operasi sistem Linux dapat dibilang lebih baik dibandingkan dengan Windows.

Sisi Dukungan

Jika dilihat dari sisi dukungan perangkat keras, Windows mempunyai dukungan yang cukup baik sebab driver sudah dengan produknya. Di Windows, drivers sudah tersedia dan diperbarui oleh pabriknya juga.

Sementara itu, operasi Linux fokus dengan penggunaan server, sedangkan driver disediakan di sejumlah jenis perangkat ketas lebih sedikit serta sulit dicari apabila dibandingkan dengan Windows.

Penggunaan

Sistem operasi Windows lebih banyak diperuntukkan untuk laptop, PC dan mobile device. Meskipun ada Windows server, tetapi masih jarang dipakai sebab alasan keamanan serta kestabilannya. Sistem operasi Linux dirancang khusus sebagai server.

Penggunaan

Hal ini membuatnya tidak heran apabila sebagian besar pemakaian Linux untuk infrastruktur jaringan serta internet. Sekarang bahkan Linux juga dipakai di sejumlah perangkat menjadi sistem operasi Android.

Update

Perbedaan Linux dan Windows aspek sistem update-nya, di mana Windows mempunyai jadwal pembaruan teratur. Windows sebagai sistem operasi yang dikembangkan perusahaan, pembaruan sistem sudah diatur sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pihak Microsoft. 

Baca Juga:  Mengenal Cisco: Fungsi dan Jenis Produknya

Penggunaan sistem operasi Linux mempunyai kebebasan melakukan update sistem sesuai dengan kebutuhan. Saat memakai sistem operasi Linux, Anda dapat melakukan pembaruan sistem kapan saja jika diperlukan.

Harga

Jika dilihat dari lisensinya yang berbeda antara Linux dan Windows, tentu saja akan mempunyai perbedaan dari aspek harganya juga. Linux adalah sistem operasi bersifat open source jadi Anda bisa memakainya secara bebas dan gratis. Cara memakainya cukup download dan instal sistem operasi Linux di perangkat Anda masing-masing.

Sementara di Windows, Anda harus membayar lisensi untuk dapat menggunakannya. Lisensi versi Windows 10 bisa Anda beli dengan harga mulai Rp. 3 jutaan rupiah.

Komunitas dan Dokumentasi

Windows adalah sistem operasi yang memiliki sumber dokumentasi teknis secara private. Komunitas Windows yaitu pengguna yang berkonsultasi dengan pihak developer Windows (support). Namun, ini akan menyulitkan developer yang akan mengembangkan aplikasi yang mengharuskan melakukan interaksi dengan Windows.

Linux bersifat open source sehingga mempunyai komunitas dengan cakupan lebih luas. Biasanya cakupan komunitas Linux, mulai dari developer, komunitas pengguna, ahli keamanan dan yang lainnya yang bekerja sama satu dengan lainnya untuk mengembangkan sistem operasi Linux lebih baik.

Dokumentasi Linux lebih lengkap jadi memudahkan developer untuk membuat dan mengembangkan aplikasi yang mereka jalankan di Linux.

Nah, jadi setelah melihat beberapa perbedaan di atas Anda bisa menentukan jenis sistem operasi mana yang dibutuhkan. Meskipun layanan di sistem operasi Windows berbayar, namun sistem operasi ini lebih cocok jika Anda ingin tampilan interface lebih baik.

Jadi, seperti itulah sejumlah perbedaan Linux dan Windows yang bisa dilihat dari beberapa aspek secara detail sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Related Articles