Customer Acquisition: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Strateginya

Customer Acquisition Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Strateginya

Dalam dunia marketing, akuisisi pelanggan atau customer acquisition adalah upaya untuk menarik pelanggan baru agar mereka menjadi pembeli produk atau layanan. Ini tentu penting terlebih bagi perusahaan yang baru memulai bisnis.

Anda perlu memikirkan bagaimana cara mendapatkan customer baru untuk dapat mendukung bisnis yang lebih profitable ke depannya. Apakah Anda tahu strategi seperti apa yang perlu dilakukan dan bagaimana perhitungan biayanya? Cek selengkapnya di artikel berikut!

Pengertian Customer Acquisition

Apa itu customer acquisition? Jika diterjemahkan, istilah ini berarti akuisisi pelanggan. Istilah akuisisi pelanggan mengacu pada proses mendatangkan pelanggan atau customer baru untuk bisnis Anda.

Pengertian Customer Acquisition

Di era persaingan bisnis yang sangat ketat saat ini, pelanggan memiliki lebih banyak pilihan dari sebelumnya. Oleh sebab itu, para pemilik bisnis harus lebih aktif untuk memenangkan pelanggan potensial dari sekian banyak kompetitor yang ada.

Tidak cukup hanya berdiam diri atau Anda hanya mengharapkan orang-orang tiba-tiba menemukan bisnis Anda begitu saja. Perlu strategi cerdas untuk menarik pelanggan baru dan mengonversi mereka menjadi pembeli dari produk atau layanan Anda.

Proses ini dapat melibatkan seluruh bagian perusahaan, terutama tim pemasaran. Mulai dari menarik leads, menjaga pelanggan potensial hingga mempertahankan pelanggan tersebut agar benar-benar membeli produk.

Dengan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru, bisnis Anda dapat memperoleh pendapatan yang lebih banyak juga. Namun, jangan hanya fokus memperoleh pelanggan baru dan kurang memperhatikan pelanggan yang sudah dimiliki. Proses tersebut harus berjalan seimbang agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Fungsi Customer Acquisition

Ada sejumlah alasan mengapa akuisisi customer sangat penting bagi keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis. Jika Anda seorang pemilik bisnis, ketahui beberapa fungsi customer acquisition berikut ini. 

  1. Memungkinkan perusahaan memiliki pelanggan atau client baru yang lebih banyak
  1. Memungkinkan pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)
  1. Menambah pendapatan yang dapat diputar untuk meningkatkan pemasaran perusahaan secara berkelanjutan. 
  1. Membantu perusahaan mengidentifikasi sumber pendapatan baru, seperti investor atau mitra

Tujuan Customer Acquisition

Semua pelanggan setia dari suatu brand pastinya dimulai sebagai pelanggan baru. Customer acquisition adalah upaya perusahaan untuk mendapatkan hal tersebut dengan cara yang sistematis. Secara keseluruhan, akuisisi pelanggan memiliki beberapa tujuan seperti berikut. 

Tujuan Customer Acquisition

1. Memperluas jangkauan bisnis

Kenapa perusahaan perlu mendapatkan pelanggan baru? Salah satu tujuannya adalah meningkatkan pasar yang tersedia untuk bisnis mereka. Jika hanya pelanggan lama, tentu pasarnya mungkin hanya sebatas itu-itu saja. 

Namun, dengan akuisisi pelanggan untuk mendapatkan customer baru, maka perusahaan dapat memperluas jangkauan bisnisnya. 

2. Meningkatkan brand awareness

Upaya yang dilakukan perusahaan untuk mendatangkan pelanggan baru tidak jauh-jauh dari kebutuhan brand awareness perusahaan. Dengan akuisisi pelanggan, perusahaan juga dapat meningkatkan visibilitas bisnis.

Harapannya brand semakin dikenal dan jumlah pelanggan yang terlibat di dalamnya juga semakin besar. 

3. Meningkatkan penjualan 

Tujuan customer acquisition yang paling utama adalah meningkatkan konversi. Akuisisi pelanggan tidak sebatas menarik calon pelanggan, tetapi strategi yang lebih intens agar pelanggan potensial benar-benar menjadi pelanggan yang membayar atas produk atau layanan yang ditawarkan. 

4. Menciptakan strategi acquisition yang sistematis

Tujuan dari customer acquisition adalah membantu perusahaan menciptakan strategi yang sistematis dan efektif. Strategi mendatangkan pelanggan baru yang berkelanjutan dan dapat beradaptasi mengikuti perubahan dan tren yang ada. 

Strategi Customer Acquisition

Menunggu pelanggan menemukan bisnis Anda mungkin bisa dilakukan, tetapi itu tidak menjamin keuntungan bagi bisnis Anda. Ya, bisnis Anda memerlukan strategi customer acquisition yang tepat dan efektif untuk mendatangkan pelanggan baru dengan lebih cepat. Berikut beberapa contohnya.

1. Content marketing

Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah membuat konten yang bagus dan berkualitas. Biarkan konten yang berbicara langsung kepada target audiens Anda. Bisa melalui konten blog, media sosial, video, dan lain-lain.

2. Media sosial 

Manfaatkan media sosial untuk membangun hubungan yang kuat dengan calon pelanggan Anda. Misalnya dengan menanggapi pertanyaan, komentar, dan interaksi lainnya di berbagai platform media sosial.

3. Email marketing

Strategi berikutnya yang bisa dilakukan untuk customer acquisition adalah email marketing. Anda dapat menggunakannya untuk memperkenalkan produk atau layanan dari bisnis Anda kepada target audiens. Berikan informasi yang menarik dan dapat membangun ketertarikan dengan produk Anda.

4. Program referral

Strategi ini cukup efektif sebagai umpan untuk mendapatkan tangkapan baru. Anda bisa memberikan reward kepada pelanggan yang berhasil mengarahkan orang lain membeli produk atau layanan Anda. 

5. Memanfaatkan iklan

Upaya mendapatkan pelanggan baru juga dapat dilakukan lewat strategi iklan. Manfaatkan iklan untuk menjangkau target audiens dengan lebih terukur. Anda bisa beriklan langsung kepada audiens yang memang menjadi target pasar Anda. 

Cara Menghitung Customer Acquisition Cost (CAC)

Cara Menghitung Customer Acquisition Cost (CAC)

Cara menghitung customer acquisition cost atau CAC dapat dilakukan dengan rumus berikut.

CAC = Total Cost / Total Number of Customer Acquired

Keterangan:

Total cost: total biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk akuisisi pelanggan

Total number of customer acquired: jumlah pelanggan baru yang perusahaan berhasil dapatkan

Nah, itulah pembahasan mengenai akuisisi pelanggan yang penting untuk pemasaran. Kesimpulannya, customer acquisition adalah salah satu bagian dari strategi marketing perusahaan untuk mendatangkan pelanggan baru.

Ingin mengetahui lebih banyak istilah penting di dunia marketing atau tertarik menjadi seorang marketer? Yuk, daftarkan diri Anda segera di kelas pelatihan Digital Marketing bersama Coding Studio. Belajar langsung dari praktisi terbaik di bidangnya dan dapatkan berbagai benefit menarik lainnya.

Related Articles