Value Proposition Adalah: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Contohnya

Value Proposition Adalah Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Contohnya

Value proposition adalah komponen yang sangat penting dalam dunia bisnis karena dapat memberikan alasan yang kuat mengapa pelanggan harus memilih produk kita dibandingkan kompetitor. Untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang value proposition, berikut pembahasannya. 

Apa Itu Value Proposition?

Value proposition adalah nilai yang wajib dimiliki oleh bisnis atau perusahaan sehingga menjadi alasan yang kuat mengapa customer memilih produk atau jasa perusahaan tersebut. Berbeda dengan slogan atau tagline, umumnya bentuk value proposition yaitu pernyataan jelas, padat dan singkat seputar manfaat produk yang didapatkan calon pelanggan jika memilih produk tersebut. 

Apa Itu Value Proposition

Tujuan Value Proposition

Value proposition adalah pernyataan yang mendeskripsikan manfaat dari suatu produk kepada pelanggan yang memilih produk Anda. Oleh karena itu, tujuan value proposition yaitu menawarkan nilai yang menarik dan unik kepada para pelanggan sehingga proporsi nilai ini menjadi pembeda produk atau layanan Anda dengan milik kompetitor. Alhasil, value proposition ini dapat menarik pelanggan potensial serta menciptakan loyalitas dan kepuasan pelanggan. 

Fungsi Value Proposition

Berikut ini fungsi value proposition bagi pelaku usaha. 

Fungsi Value Proposition

Identifikasi keuntungan produk

Value proposition membantu Anda dalam melakukan identifikasi keuntungan produk yang ditawarkan. Adapun diantaranya solusi, fitur unik, hingga manfaat yang membuat pelanggan merasa terbantu mencapai tujuan mereka. 

Memahami segmentasi pasar

Anda dapat dengan mudah memahami segmentasi pasar melalui proses pengembangan value proposition. Misalnya memahami tentang kebutuhan pelanggan, preferensi pelanggan dan lain-lain, sehingga dapat menawarkan solusi yang relevan untuk pelanggan potensial. 

Baca Juga:  Collateral Definition Marketing: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Menyampaikan nilai pelanggan

Fungsi selanjutnya dari value proposition adalah menjelaskan berbagai nilai seperti penghematan uang penghematan waktu, meningkatkan kualitas hidup efisiensi operasional dan nilai-nilai lainnya. Dengan begitu muncul motivasi pelanggan untuk menggunakan layanan atau produk tersebut. 

Membuat strategi marketing

Tahukah Anda bahwa value proposition juga dapat membantu membuat strategi marketing produk dengan menjelaskan keunggulan produk. Nantinya perusahaan lebih mudah untuk mengarahkan upaya marketing dalam menyoroti berbagai aspek penting serta membidik segmen pasar secara tepat. 

Komponen Value Proposition

Komponen Value Proposition

Komponen value proposition terbagi menjadi dua yaitu Customer Profile (Profil Pelanggan) dan Value Map (Peta Nilai).  

Customer Profile (Profile Pelanggan)

Customer Jobs

Mencakup pekerjaan atau tugas-tugas sehari-hari yang harus dikerjakan pelanggan dalam konteks tertentu. Tugas-tugas tersebut dapat menjadi kebutuhan, tujuan dan masalah yang harus dipecahkan. 

Customer Pains

Mengacu pada masalah, rintangan dan ketidaknyamanan pelanggan ketika mencoba melakukan tugas mereka. Misalnya masalah finansial, keterbatasan waktu, kekhawatiran keamanan dan masalah lainnya yang mengganggu pelanggan. 

Customer Gains

Mengacu pada kepuasan, manfaat dan hasil yang diinginkan pelanggan saat menyelesaikan tugas mereka. Misalnya manfaat emosional, fungsional, sosial dan financial bagi pelanggan. 

Value Map (Peta Nilai)

Product & Service

Mengacu pada produk yang ditawarkan kepada pelanggan, seperti fungsi, fitur dan atribut produk tersebut. 

Pain Relievers

Menjelaskan bagaimana produk dapat membantu mengatasi masalah pelanggan, seperti memberikan solusi dan bantuan. 

Gain Creators

Menjelaskan bagaimana produk tersebut memberikan keuntungan, hasil dan manfaat kepada pelanggan, seperti memberikan nilai tambah dan memenuhi ekspektasi pelanggan. 

Cara Membuat Value Proposition

Berikut penjelasan cara membuat value proposition. 

Memahami visi dan misi perusahaan

Identifikasi terlebih dahulu visi dan misi perusahaan tersebut. Barulah selanjutnya menciptakan value proposition yang sesuai dengan identitas perusahaan. 

Melakukan riset

Penting bagi Anda untuk melakukan riset calon pelanggan sehingga produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya dengan melakukan survei wawancara atau kuisioner. 

Analisis pesaing

Anda juga perlu menganalisis pesaing atau kompetitor di bidang yang sama untuk membuat value proposition. Salah satu hal penting dalam membuat value proposition yaitu keunggulan kompetitor, sehingga dapat mempersiapkan strategi yang tepat. 

Baca Juga:  Bisnis Franchise Adalah: Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Kekurangannya

Menunjukkan kemudahan bagi pelanggan

Anda perlu menunjukkan kemudahan apa saja yang didapatkan pelanggan sehingga mereka ingin memilih produk atau layanan Anda. 

Elemen Value Proposition

Ada 8 elemen value proposition yang sangat penting bagi bisnis. 

Newness

Pembaharuan yang dibuat oleh perusahaan untuk pelanggannya, dapat berupa inovasi yang membuat produk lebih unggul daripada milik kompetitor. 

Performance

Erat kaitannya dengan kinerja atau performa perusahaan yang umumnya berkaitan dengan teknologi, misalnya software, website dan komputer. 

Customization

Fleksibilitas produk yang fitur-fiturnya perlu menyesuaikan kembali dengan kebutuhan pelanggan, misalnya dengan melakukan riset keinginan pelanggan. 

Menyelesaikan Masalah

Diharapkan produk yang ditawarkan dapat menjadi solusi untuk pelanggan sehingga bersifat fungsional. 

Design

Visualisasi bentuk dan rancangan produk sangat penting sehingga harus dibuat lebih modern, fungsional dan trendy. 

Brand

Sangat penting bagi pelanggan yang ingin menggunakan produk Anda untuk menunjukkan status sosial mereka. 

Harga

Jika harga produk semakin murah, maka lebih banyak pelanggan yang ingin menggunakan produk tersebut. 

Aksesibilitas

Produk dapat memberikan kemudahan akses bagi banyak orang, tidak terbatas gender, geografis dan status sosial. 

Contoh Value Proposition

Anda dapat melihat contoh value proposition dari produk perusahaan yang ternama, seperti berikut ini. 

Apple

Apple merupakan perusahaan multinasional ternama yang hingga kini produknya selalu diminati oleh pelanggan. Adapun beberapa produknya antara lain iPhone, AppleWatch, Mac, iPad, AirPods, TV dan lain-lain. 

Value proposition yang ditawarkan Apple yaitu lebih fokus dalam memberikan “pengalaman” terbaik penggunanya. Misalnya dengan memberikan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh produk lain yang serupa. 

HubSpot

HubSpot merupakan perusahaan developer dan supermarketing asal Amerika Serikat yang berhasil menawarkan berbagai value proposition. Misalnya opsi pembelian saham diskon 15%, Liburan tanpa batas, cuti berbayar dan nilai proposisi lainnya. 

Jadi, value proposition adalah elemen yang sangat penting yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis perusahaan. Butuh berbagai skill teknis untuk dapat mengoptimalkan daya saing produk perusahaan agar mendapatkan pelanggan potensial. 

Salah satu skill teknis yang harus dimiliki adalah kemampuan IT dalam mengembangkan produk. Coding Studio hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin belajar IT untuk membangun bisnis Anda dari bawah atau mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Segera bergabung dengan Coding Studio, platform belajar IT nomor satu yang menjamin kemampuan teknis IT Anda!

Related Articles