Integrated Digital Marketing Adalah: Pengertian dan Strateginya

Integrated Digital Marketing Adalah Pengertian dan Strateginya

Integrated digital marketing adalah suatu strategi marketing yang melibatkan digital marketing channel melakukan kerja sama. Integrated digital marketing atau komunikasi pemasaran terpadu umumnya bertujuan untuk menyampaikan pesan yang kuat, konsisten serta jelas. 

Komunikasi pemasaran terpadu jadi strategi paling efektif yang bisa digunakan untuk menarik minat pasar dengan strategi promosi yang didasarkan dengan AIDA model. Nah, setelah Anda cukup memahami pengertian integrated digital marketing, simak juga penjelasan selengkapnya tentang tujuan, strategi dan cara menyusunnya. 

Tujuan Integrated Digital Marketing

Tujuan Integrated Digital Marketing

Integrated digital marketing umumnya memiliki beberapa tujuan bagi bisnis, seperti: 

1. Menyampaikan Pesan yang Kuat, Konsisten serta Jelas

Integrated digital marketing bertujuan untuk menyampaikan pesan yang secara kuat, konsisten dan juga jelas. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan koordinasi seluruh citra, pesan dan juga identitas perusahaan melalui integrated digital marketing atau komunikasi pemasaran. Hal ini dapat membuat calon konsumen bisa menerima serta memahami pesan yang ingin Anda sampaikan dengan baik. 

2. Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan integrated digital marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness. Tidak hanya pesan yang sama, namun juga beberapa unsur merek yang akan terbentuk dengan mudah. Dengan cara ini, secara tidak langsung perusahaan dapat menunjukkan keunggulan kompetitif. 

Integrated marketing communication dapat menciptakan pengalaman bagi pelanggan. Pelanggan bisa menerima pesan berdasarkan apa yang disampaikan oleh pebisnis. Hal ini dapat membantu hubungan lebih erat dari perusahaan dengan konsumennya. 

3. Untuk Menghemat Budget Promosi

Integrated marketing juga bertujuan untuk menghemat budget saat melakukan promosi. Hal ini bisa dilakukan apabila pesan yang disampaikan secara konsisten dan jelas, sehingga membuat perusahaan tidak harus melakukan banyak campaign. Cara satu ini juga sangat efektif dan efisien untuk dilakukan. 

Begitulah beberapa tujuan utama dari integrated digital marketing yang perlu Anda pahami. 

Strategi Integrated Digital Marketing

Ada beberapa komponen strategi integrated digital communication yang bisa Anda lakukan, seperti: 

Strategi Integrated Digital Marketing

1. Internet Marketing

Internet marketing adalah salah satu komponen strategi komunikasi pemasaran yang bisa dilakukan untuk menjangkau audiens serta meningkatkan brand awareness, lead, traffic dan conversion. Internet marketing juga menjadi salah satu strategi yang bisa dilakukan. 

2. Digital Advertising

Digital advertising merupakan istilah yang mengacu dengan penggunaan saluran digital, seperti media sosial, internet dan aplikasi mobile yang berguna untuk mempromosikan produk maupun layanan. 

3. Content Marketing

Strategi selanjutnya dari integrated digital marketing adalah content marketing. Hal ini juga menjadi salah satu strategi yang penting untuk menciptakan serta membagikan konten yang bermanfaat untuk audiens. Tujuannya adalah untuk memberikan nilai kepada audiens melalui konten yang berguna dan relevan untuk mereka. 

4. Social Media Marketing

Social media marketing juga salah satu strategi yang bisa dilakukan melalui Instagram, Facebook, TikTok dan beberapa platform lainnya untuk bisa menjangkau bisnis terhubung dengan para audiens serta meningkatkan lead, traffic, brand awareness dan conversion. 

Nah, itulah semua komponen strategi pada komunikasi pemasaran yang bisa Anda coba. 

Cara Menyusun Integrated Digital Marketing

Cara Menyusun Integrated Digital Marketing

Setelah Anda memahami tujuan integrated digital marketing, pastinya ingin menerapkannya. Nah, Anda bisa menerapkannya dengan 6 cara di bawah ini: 

1. Menentukan Tujuan Campaign

Menentukan tujuan campaign bertujuan untuk, mendapatkan pelanggan lebih banyak, meningkatkan brand awareness, rebranding dan sebagainya. Saat menentukan tujuan campaign, Anda harus disesuaikan dengan kebutuhan dan misi perusahaan. Selain itu, hal yang tidak kalah penting lainnya, seperti tujuan harus terstruktur, spesifik, bisa dicapai, memiliki jangka waktu yang jelas dan relevan. 

2. Memilih Marketing Channel

Apabila Anda sudah menentukan tujuan campaign dengan baik kemudian pilihlah marketing channel yang akan Anda pakai. ada banyak pilihan marketing channel yang bisa Anda pakai, seperti search engine optimization (SEO), email marketing, search engine marketing (SEM), affiliate, iklan video dan sebagainya. 

3. Menentukan Buyer Persona

Cara penting lainnya dalam menyusun integrated digital marketing adalah menentukan buyer persona di setiap marketing channel yang Anda pilih. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu agar bisa mengetahuinya. Dengan mengandalkan pengetahuan yang berkaitan dengan buyer persona, maka proses penyampaian brand message bisa dilakukan secara efektif. 

4. Menyusun Aset Pemasaran

Anda memerlukan aset pemasaran yang cukup memadai selama melakukan strategi pemasaran. Aset digital satu ini harus dipersiapkan dengan kaitannya proses pembuatan konten pemasaran yang Anda lakukan. Kepemilikan aset ini bisa membantu Anda untuk menciptakan konten yang menarik. 

Anda juga tidak dapat bekerja sendirian selama mempersiapkan aset-aset digital sebagai sarana pemasaran. Anda membutuhkan peran orang lain, seperti penulis konten, desainer, copywriter, videographer dan yang lainnya. Anda perlu memastikan juga perlu melakukan komunikasi yang baik dengan semua pihak yang terkait. 

5. Perencanaan Metode Pengumpulan Lead

Melakukan pengumpulan lead juga jadi hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Anda perlu tahu bahwa lead adalah orang-orang yang memiliki potensi untuk bisa Anda prospek jadi konsumen. Itulah sebabnya, Anda harus memakai metode yang tepat agar mengumpulkan kontak dari sejumlah lead. 

Anda harus memiliki beberapa pertimbangan metode yang bisa digunakan untuk mengumpulkan lead. Beberapa pilihan metode yang bisa Anda pilih adalah bagi-bagi ebook, landing page, opsi berlangganan, konten premium dan kupon diskon. 

6. Menjalankan Campaign

Cara menyusun komunikasi pemasaran terakhir adalah menjalankan campaign. Jika semua tahapan sebelumnya sudah Anda lakukan, kemudian tinggal melakukan evaluasi yang bertahap. Contohnya adalah melakukan perbaikan supaya mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Jadi, integrated digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan digital marketing channel untuk bekerja sama. Bagi Anda yang ingin belajar digital marketing bisa mengikuti kursus yang tersedia di Coding Studio.

Related Articles