Belajar Ms Office: 7 Manfaat Belajar Office Sejak Dini

Di era digital seperti saat ini, penguasaan terhadap Microsoft Office (Ms Office) merupakan hal yang penting. Anda tentu perlu belajar ms Office dengan intens, terutama pada program seperti Word, Excel, dan Power Point. Ketiganya merupakan skill penting yang harus dimiliki, apalagi berbagai hal sudah didominasi dengan penggunaan program tersebut.

belajar ms office

Manfaat Belajar Ms Office

Kemampuan mengoperasikan Ms Office sejatinya bisa dilatih sejak dini, apalagi ada segudang manfaat yang bisa didapatkan, baik dalam kehidupan akademis di sekolah maupun di dunia kerja nantinya. Dengan mengenalkan dan menjadikan diri kita semakin paham dengan Ms Office ini, berikut tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan.

Cepat beradaptasi di era digital

Hidup di zaman yang serba digital memang menuntut kita untuk dapat bekerja secara cepat dan praktis. Terlebih, hampir semua sektor dipengaruhi oleh penggunaan teknologi yang canggih sehingga diharapkan semua orang lebih melek teknologi.

Salah satu caranya yakni dengan belajar Ms Office secara optimal. Apalagi, MS Office bisa menjadi cara meningkatkan kemampuan secara bijak pada hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan digital. Bisa dibilang, penguasaan Ms Office merupakan suatu keharusan karena jika tidak, maka kita akan ketinggalan dan kesulitan masuk ke ranah digital.

Dengan begitu, tentunya kita perlu lebih akrab dan membiasakan diri berhadapan dengan Ms Office, baik Word, Excel, hingga Power Point. Jika sudah belajar Ms Office dan semakin terbiasa, maka Anda akan lebih mudah beradaptasi dengan ditambah kemampuan yang semakin meningkat.

Memudahkan pengerjaan tugas dan pekerjaan

belajar ms office

Dahulu, pengerjaan dan pengelolaan data lebih dilakukan secara manual. Entah itu ditulis, dihitung, bahkan disortir satu persatu. Akan tetapi setelah adanya Ms Office, kita tidak perlu lagi membuang waktu untuk menghitung semua angka satu per satu menggunakan kalkulator.

Baca Juga:  Belajar Rumus Excel: Apa Fungsinya dan untuk Apa Saja?

Mengerjakan tabel bisa dilakukan dengan Excel, begitu pula dengan pembuatan laporan jika dibandingkan harus menulis dengan tangan maka Anda dapat menggunakan Word untuk membuat laporan dan tulisan yang lebih rapi.

Hal yang tidak jauh berbeda jika Anda akan melakukan presentasi data-data dan tabel, maka daripada Anda menggunakan OHP sebagai media yang rumit, maka saat ini Anda dapat menggunakan Power Point sebagai media presentasi yang lebih ringkas dan menarik. Tentu saja hal tersebut akan menarik perhatian audiens karena terlihat lebih estetik.

Kemampuan yang banyak dibutuhkan

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, kemampuan dan penguasaan belajar Ms Office menjadi hal yang sangat penting karena dibutuhkan di hampir semua sektor pekerjaan. Aktivitas mencatat, menghitung, presentasi, bahkan pembuatan data penting, semuanya bisa dilakukan secara cepat menggunakan program-program di Ms Office.

Dengan belajar ms Office, sudah pasti kita dapat melakukan semua itu tanpa perlu repot dan manual. Selain karena untuk efisiensi waktu, penggunaan program-program Office juga akan lebih menghemat budget pengerjaan. Bahkan perangkat lunak ini juga banyak disenangi karena mudah digunakan.

Ketika sudah mulai terjun ke dunia kerja, sudah pasti Anda tidak takut akan ketinggalan dengan orang lain. Apalagi jika harus mengikuti berbagai instruksi untuk mengerjakan beragam data dan laporan menggunakan Ms Office, Anda tidak akan lagi kesulitan menggunakan Word, Excel, bahkan Power Point secara maksimal.

Membantu menguasai entri data

belajar ms office

Manfaat selanjutnya yang dapat diperoleh dengan menguasai Ms Office yakni dapat mengasah kemampuan kita dalam menginput data dan membuat laporan secara digital. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kemampuan seperti ini memang lebih banyak mengarah pada Excel yang digunakan pada pengolahan angka.

Excel selama ini dianggap sebagai salah satu program Ms Office yang rumit. Tidak jarang kita merasa kesulitan dalam mengoperasikan dan menjalankan beragam fungsinya. Padahal, dengan penguasaan yang tepat maka pengolahan data dan laporan akan dapat lebih mudah diselesaikan secara cepat.

Anda tidak perlu khawatir jika merasa masih belum menguasai program tersebut secara mendalam. Terlebih, saat ini sudah banyak video tutorial dan pelatihan yang bisa diakses secara mudah kapan saja dan di mana saja sebagai media belajar ms Office yang menarik. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan kalau menguasai Excel merupakan hal yang sulit dilakukan.

Baca Juga:  Diagram Batang: Pengertian, Contoh dan Cara Pembuatan

Mengasah kemampuan desain

Belajr Ms Office juga dapat mendorong kita untuk mempunyai skill desain yang mumpuni, terutama melalui aplikasi Power Point. Kendati sudah ada berbagai fitur desain instan, akan tetapi untuk menghasilkan presentasi yang menarik maka diperlukan kreativitas yang tinggi.

Jika Anda sudah memiliki dasar desain yang cukup dari program tersebut, tentunya Anda juga akan lebih cepat memahami aplikasi lain yang lebih rumit. Anda juga akan memiliki kemampuan dalam menyampaikan poin-poin penting untuk presentasi yang jauh lebih menarik.

Desain yang sederhana juga bisa diaplikasikan dari pembuatan grafik di Excel atau Word, lho. Dengan demikian, Anda akan lebih mampu menyajikan data yang representatif namun tetap bisa dibaca dengan baik. Kemampuan ini tidak banyak dimiliki sehingga sangat penting untuk dikuasai.

Mudah diterima kerja

Ketika kita dapat menguasai Ms Office dengan maksimal, tentu saja akan menjadi poin penting bagi kita yang akan memasuki dunia kerja. Di era saat ini, penguasaan Ms Office menjadi salah satu persyaratan yang banyak dibutuhkan. Minimal menguasai Word untuk mengolah kata-kata, Excel untuk mengolah angka dan data, serta Power Point untuk penyajian presentasi.

Jika kita tidak belajar ms Office dan terlatih menggunakan platform tersebut, maka kita akan mengalami kesulitan baik saat melamar kerja maupun ketika sudah masuk ke lingkungan pekerjaan. Terlebih jika Anda masuk ke dunia administrasi yang erat kaitannya dengan fitur-fitur Ms Office.

Ketika kita buta dengan penguasaan Ms Office, sudah dapat dipastikan jika kita akan kesulitan mengikuti era digital saat ini. Bahkan tidak jarang, orang yang tidak menguasai Ms Office secara maksimal, ia akan masuk dalam black list lamaran sehingga tidak segera mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Mengantisipasi kendala teknis dengan cepat

Manfaat lain yang juga bisa dirasakan yakni dapat mengurangi kesalahan ketika terjadi kendala. Dengan menguasai Ms Office, kita tidak hanya sekadar paham bagaimana menggunakannya namun juga mengerti kendala yang membuat kita tidak dapat menggunakan program tersebut secara maksimal.

Baca Juga:  Belajar Excel Dasar dan Advanced Lengkap

Anda juga dapat memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia untuk memudahkan pekerjaan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan shortcut keyboard seperti Ctrl+C dan Ctrl+V untuk menyalin teks, Ctrl+P untuk mencetak dokumen, fitur menyortir atau mengurutkan data, dan sebagainya. Demikian beberapa manfaat ketika kita dapat belajar ms Office. Saat ini, ada berbagai kesempatan belajar yang bisa dimanfaatkan, baik secara langsung maupun online. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan pastikan Anda sudah bisa menguasai dasar-dasarnya ya!

Related Articles