Panduan Mudah Untuk Belajar Microsoft Word Pemula

belajar-microsoft-word

Untuk kalian yang menggunakan komputer maupun laptop tentu tidak akan merasa asing dengan aplikasi yang bernama Microsoft Word yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Microsoft Word banyak dipergunakan untuk aplikasi pengolahan kata.

Kegunaan dari software ini untuk membuat dokumen, laporan, berbagai jenis surat, tugas kantor, sekolah, dan lainnya. Melihat kemampuannya tersebut maka belajar Microsoft Word tentunya akan sangat menguntungkan.

belajar microsoft word

Tidak dipungkiri saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi sejenis yang serupa Microsoft Word akan tetapi popularitasnya tidaklah pudar.

Kepopulerannya yang terus bertahan karena bisa dioperasikan pada berbagai macam sistem operasi seperti iOS, Android, Mac OS, dan Microsoft Windows.

Untuk kalian yang ingin belajar microsoft word mulai dari pengertian, fungsi, dan manfaatnya maka berikut ini adalah penjelasan singkat yang bisa kalian ketahui.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah perangkat lunak untuk pengolah kata baik itu angka ataupun huruf dan bisa dipergunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yaitu membuat, mengedit hingga memformat banyak jenis dokumen.

Pertama kali muncul di 23 Oktober 1983, Microsoft Word memiliki nama Multi-Tool Word. Untuk selanjutnya di tahun 2003-2007 namanya Microsoft Office System dan selanjutnya beralih nama ke Microsoft Word sampai sekarang.

Fungsi Serta Manfaat Belajar Microsoft Word

belajar microsoft word
  • Membuat komunikasi menjadi lebih mudah

Fungsi pertama yaitu untuk memudahkan kalian ketiak berkomunikasi. Komunikasi yang dimaksudkan disini adalah dahulu harus menulis diatas kertas ketika akan membuat surat. Namun hadirnya software ini komunikasi menjadi lebih mudah dan praktis tentunya.

  • Membuat dokumen

Fungsi lainnya yaitu bisa dimanfaatkan dalam pembuatan dokumen seperti dokumen informal, semi formal, dan formal.

Software ini memberikan kemudahan untuk pembuatannya. Bahkan untuk mencetak dokumennya bisa dilakukan pada kertas apapun cukup disambungkan pada printer.

Pembuatan dokumen di Word sangat mudah dan banyak fitur yang mendukungnya. Maka tidak mengherankan ketika belajar Microsoft Word pembuatan dokumen adalah materi yang selalu ada.

  • Membuat dokumen lebih menarik
Baca Juga:  Panduan Belajar Excel Mudah dan Cepat untuk Pemula

Saat membuat dokumen dengan cara manual tentunya dokumen akan memiliki penampilan yang biasa saja. Hadirnya Microsoft Word dapat membuat dokumen tadi menjadi menarik serta mudah dibaca.

Tersedia banyak fitur yang bisa diperoleh ketika belajar Microsoft Word seperti pemilihan jenis font, ukuran huruf, ketebalan tulisan, dan warna hurufnya. Tentunya berbagai penyesuaian tadi akan membuat dokumen kian menarik.

  • Dapat menyisipkan gambar

Menggunakan Microsoft Word kalian dapat menyisipkan gambar ke dokumen dan ini tentunya akan mempermudah kalian dalam pembuatan berbagai jenis dokumen.

Cara ini akan lebih mudah dibandingkan dengan cara manual yang harus menggambar langsung maupun menempelkan gambar pada dokumen.

  • Bisa untuk membuat banyak jenis surat

Saat kalian belajar Microsoft Word akan sangat diuntungkan karena bisa belajar membuat banyak jenis surat baik itu pribadi sampai ke surat resmi.

Surat resmi dipergunakan pada banyak keperluan seperti instansi, sekolah, kantor, dan lainnya. Saat memakai Microsoft Word kalian bisa menambahkan elemen penunjang semacam tanda tangan digital, KOP surat, ataupun memberikan tambahan beberapa gambar.

  • Membuat tabel

Saat menulis dokumen tentu kalian memerlukan tabel untuk beberapa dokumen yang dibuat. Saat menggunakan software ini kalian akan mudah dalam pembuatan tabel baik untuk jumlah serta kolomnya bisa dibuat sesuai keinginan.

Bahkan tabel yang tersedia tidak monoton itu-itu saja karena pihak Microsoft Word telah menyediakan banyak pilihan tabel dengan berbagai warna.

  • Meminimalkan kesalahan penulisan

Auto correct merupakan fitur yang disematkan pada belajar Microsoft Word yang berguna untuk membenarkan kata-kata yang salah ketika dalam penulisan dengan otomatis.

Jadi ketika ada kesalahan penulisan kalian tidak perlu repot-repot mengulanginya dari awal. Nantinya cukup hapus bagian yang salah lalu ganti menggunakan kata yang benar.

  • Mengurangi penggunaan kertas

Seperti yang sudah disebutkan diatas pada saat terjadi kesalahan penulisan maka kalian tidak perlu melakukan pengisian ulang dan itu berpengaruh pada semakin sedikitnya penggunaan kertas yang digunakan.

Pentingnya Penggunaan Microsoft Word

belajar microsoft word

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata terpopuler hingga sekarang. Berbagai macam kemudahan dapat dinikmati pengguna nya saat ingin membuat berbagai macam dokumen entah itu pribadi ataupun resmi.

Baca Juga:  Rumus Standar Deviasi Excel, Penjelasan dan Penggunaannya

Bahkan sampai saat ini semua kalangan memerlukan yang namanya Microsoft Word tidak hanya pada lingkungan dunia kerja saja. Bahkan belajar Microsoft Word sudah mulai diajarkan sejak di bangku sekolah.

Saat ini belajar Microsoft Word dianggap sebagai skill dasar yang harus dimiliki karyawan. Hal ini karena sudah semakin banyaknya penggunaan komputer ataupun laptop di segala aspek termasuk dunia kerja.

Tidak dipungkiri apapun pekerjaannya akan selalu berhubungan dengan sistem operasi ini. Bahkan beberapa perusahaan yang mewajibkan para calon karyawannya bisa mengoperasikan Microsoft Office.

Yuk Belajar Microsoft Word!

Microsoft Word merupakan software yang penting guna mendukung berbagai macam pekerjaan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang telah mewajibkan para karyawan menguasai Word.

Untuk belajar software ini salah satu caranya bisa dilakukan dengan kursus online. Di dalam kursus tadi kalian akan diajarkan Microsoft Word mulai dari tingkatan dasar hingga mahir supaya menunjang skill untuk menambah produktivitas.

Kursus online ini sangat pas dimanfaatkan terutama kalian para pelajar maupun pekerja yang tidak memiliki banyak waktu.

Sistem pembelajaran online ini tentunya akan lebih fleksibel terutama dalam hal waktu pembelajaran karena bisa disesuaikan dengan waktu para pesertanya.

Metode Pembelajaran Kursus Microsoft Word Online

Tentunya masing-masing tempat belajar memiliki metodenya sendiri namun jika memilih kursus online sebaiknya perhatikan poin-poin berikut.

  • Video learning

Saat ini sudah banyak media yang digunakan untuk metode pembelajaran salah satunya video learning. Pembelajaran melalui video ini akan mempermudah pemula untuk memahami berbagai konsep dasar Microsoft Word.

Jadi pastikan dan lihat apakah layanan kursus yang ada menawarkan pembelajaran menggunakan video learning atau tidak karena merupakan poin plus.

  • Project-based

Kunci sukses mengoperasikan Microsoft Word tidak hanya memahami materinya saja namun juga terjun langsung untuk berlatih membuat berbagai macam project yang diberikan pengajar.

Metode pembelajaran seperti ini dinilai lebih mudah membuat para peserta menjadi lebih mudah memahami materi yang diajarkan.

  • Case study

Microsoft Word merupakan aplikasi yang banyak digunakan di lingkungan apapun baik sekolah maupun kerja.

Baca Juga:  4 Jenis Excel Chart Penting yang Wajib Kamu Ketahui!

Peran Microsoft Word dari masing-masing industri tersebut akan berbeda. Tempat kursus yang bagus akan membantu kalian belajar dari studi kasus yang sesuai dengan penerapan software ini sehingga saat terjun ke masyarakat kalian akan lebih mudah dalam menggunakannya.

Bagi kalian yang sedang mencari kursus Microsoft Word dengan mentor terbaik, harga murah, dan menerapkan semua metode pembelajaran diatas maka jangan ragu untuk ikut kursus dari Coding Studio, klik disini untuk info lebih lengkap!

Dapatkan penawaran kursus terbaik dari Coding Studio dengan harga terbaik, metode belajar Microsoft Word terbaik, memperoleh sertifikat kelulusan, dan cocok bagi pemula.

Related Articles