Data Set Adalah: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Data Set Adalah Pengertian, Jenis dan Contohnya

Data set adalah kumpulan data yang berisi beberapa catatan atau record, yang sudah diatur dalam format yang terstruktur serta diperoleh dari informasi-informasi tertentu. Data set biasanya disajikan dalam bentuk tabel, yang setiap kolom menjelaskan variable tertentu. Jadi, data set terdiri dari beberapa data. 

Apa Itu Data Set?

Untuk menjawab apa itu data set. Mari Simak beberapa pengertian data set berikut ini. Data set adalah data yang terdiri dari beberapa variable dan juga menyangkut suatu topik tertentu. 

Apa Itu Data Set

Data set juga dapat disebut dengan kumpulan data yang berasal dari informasi-informasi masa lalu yang siap untuk dikelola menjadi informasi yang baru. Kumpulan data yang ada di data set bisa di proses dari berbagai macam sumber data yang valid. 

Data set biasanya dikumpulkan oleh orang-orang yang sudah profesional dan juga orang yang sudah ahli dibidang data. Dapat disebut juga kalau data set adalah data yang digunakan untuk menganalisis hubungan atau korelasi antara beberapa variabel, agar dapat terakses oleh komputer dan kemudian digunakan untuk berbagai macam analisis dan pemodelan data. 

Cara untuk Membuat Data Set

Berikut beberapa cara membuat data set menggunakan sumber data salesforce yang ada. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat set data salesforce yang sudah ada: 

  1. Di halaman quicksight awal Amazon, pilih kelola data. 
  2. Kemudian pilih Kumpulan data baru yang ada pada halaman data set. 
  3. Pada bagian sumber data yang ada, di halaman buat set data, pilih sumber data salesforce yang akan Anda gunakan. 
  4. Kemudian pilih buat set data 
  5. Kemudian pilih salah satu, antara SQL kostum yang dapat Anda gunakan untuk menulis kueri Anda dan pilih table untuk membuat data Anda yang berupa tabel. 
  6. Dan dilayar berikutnya, Anda memilih salah satu opsi antara, visualize yang berguna untuk membuat Kumpulan data dan menganalisis dengan data yang ada dan pilih edit atau pratinjau yang digunakan untuk menyiapkan data sebelum menganalisis data tersebut. 
Baca Juga:  Data Integration Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Jenis-jenis Data Set

Berikut jenis data set yang dapat Anda pilih untuk memudahkan pekerjaan: 

Jenis-jenis Data Set

Numerical Data Set

Numerical Data set merupakan data yang terdiri dari data numerik. Data numerik merupakan data yang dapat dihitung, diukur dan diolah menggunakan penghitungan matematik. Contoh dari numerical data set yaitu jumlah siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam satu kelas. Kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan jumlah keseluruhan siswa dalam kelas tersebut. 

Correlation Data Set

Correlation data set merupakan data yang terdiri dari dua entitas atau variabel yang menunjukkan suatu bentuk hubungan satu sama lain. Contoh dari data correlation data set yaitu adanya asumsi bahwa orang yang tinggi cenderung lebih berat daripada orang yang pendek, di sini variabel berat badan dan tinggi badan saling berkaitan satu sama lain. 

Categorical Data Set

Categorical data set merupakan data yang terdiri dari kumpulan informasi yang dapat dibagi menjadi beberapa kelompok. Data yang dihasilkan dikatakan categorical karena dapat dikelompokkan berdasarkan variabel yang sama. Contohnya, dalam biodata seperti jenis kelamin, negara tempat tinggal dan lain sebagainya. 

Multivariate Data Set

Multivariate data set merupakan sekumpulan data yang terdiri dari dua variabel atau lebih. Contoh dari data multivariate data set yaitu kumpulan data tinggi badan dan berat badan siswa dalam satu kelas. Mengapa dikatakan multivariate data set karena terdapat dua variabel yaitu, tinggi badan dan berat badan siswa. 

Bivariate Data Set

Bivariate Data Set merupakan data yang dikumpulkan ke dalam dua variabel dan dalam setiap titik variabel memiliki data yang sesuai dengan nilainya. Contohnya, Anda dapat mengumpulkan data suhu luar dengan penjualan es campur. 

Perbedaan antara Data Set dengan Data Base

Perbedaan antara Data Set dengan Data Base

Meskipun terkesan sama, namun data set dengan data base sangat berbeda. Berikut perbedaan data set dan database: 

Data Set

Data set adalah: 

  1. Kumpulan data yang terstruktur yang secara umum dihubungkan dengan sekumpulan pekerjaan.  
  2. Kumpulan atau kelompok dari data set tak bisa diubah maupun diperbarui  
  3. Terdiri dari beberapa fakta pengukuran dan juga observasi. 
  4. Dapat diakses secara online dan juga memiliki orientasi yang terpisah. 
Baca Juga:  5 Profesi yang Menjanjikan di Era Industri 4.0

Data Base

Sedangkan data base adalah:  

  1. Kumpulan data yang terstruktur dan disimpan sebagai data set. 
  2. Dapat diakses dan disimpan secara elektronik menggunakan komputer dengan kemudahan pembaruan, akses dan juga manipulasi. 
  3. Terdiri dari beragam tipe perencanaan, operasi serta diperkuat SQL. 
  4. Hanya dapat diakses menggunakan konektivitas komputasi yang berbasis cloud.  

Contoh Data Set

Berikut contoh data set untuk memudahkan Anda dalam memahami data set.  

Kegiatan Radiologi dan Pelayanan Rumah Sakit

Bulan  Foto tanpa bahan kontras Foto dengan bulan kontras Foto gigi USG CT Scan di kepala CT Scan di luar Kepala 
Januari 210 103 
Februari 199 88 
Maret 235 10 81 
April 201 97 

Contoh dari data set ini merupakan data berbentuk tabel yang memberikan informasi numerik untuk beberapa layanan dan bulan yang berbeda. Sehingga Anda dapat menyimpulkan layanan mana yang sering diakses dan juga bulan mana yang paling banyak aktivitas. 

Untuk kesimpulannya, data set adalah istilah formal yang merujuk kepada kumpulan data. Berikut beberapa ulasan penting untuk Anda jika akan menggunakan data set. 

Apabila Anda yang tertarik mempelajari lebih dalam mengenai penggunaan data set, Anda dapat mengikuti kursus IT online di Coding Studio, untuk informasi lebih lanjutnya Anda dapat menghubungi link resmi Coding Studio.

Related Articles