Apa saja Teknik Analisis Data?

Bagi seorang peneliti, teknik analisis data merupakan sebuah metode yang bisa digunakan untuk menganalisis, evaluasi, menguraikan, serta memproses data yang diperoleh menjadi informasi yang valid dan dapat dipercaya. Teknik analisis dari data ini sangat penting untuk diketahui oleh peneliti, baik untuk penelitian kualitatif, maupun penelitian kuantitatif.

Pertama-tama, apa bedanya data dengan informasi? Data adalah sebuah pengetahuan yang didapatkan melalui berbagai sumber, bisa melalui sebuah survei, melalui buku referensi, dan sebagainya. Agar data tersebut bisa dipercaya, maka data haruslah dianalisis dan diubah menjadi informasi, atau sebuah pengetahuan yang valid, dan reliable, serta sudah diuraikan, dan diproses menggunakan metode ilmiah.

Teknik analisis diperlukan agar bisa mengolah dan memproses data, di mana penelitian haruslah menggunakan data yang diproses, dan dianalisis. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa saja teknik analisis dari data yang bisa digunakan peneliti, serta bagaimana cara menggunakan setiap teknik analisis yang berbeda.

Pengertian dari Teknik Analisis Data

teknik analisis data

Teknik analisis data adalah proses yang digunakan untuk mengevaluasi, menguraikan, dan menginterpretasikan data untuk mengungkapkan pola, konsep, atau hubungan yang berbeda. Ini digunakan untuk mengekstrak informasi dari data yang bermanfaat dan berguna dari data yang dikumpulkan.

Baca Juga:  Fungsi Counta Excel: Rumus dan Cara Pakai

Analisis data kuantitatif adalah teknik analisis yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat diukur dalam skala numerik. Ini digunakan untuk mengevaluasi pola, distribusi, dan hubungan antara variabel yang diteliti. Contoh dari teknik analisis data kuantitatif adalah analisis statistik, analisis regresi, dan analisis korelasi.

Teknik atau metode analisis data kualitatif adalah teknik analisis yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang tidak dapat diukur dalam skala numerik. Ini digunakan untuk mengevaluasi persepsi, perasaan, atau pemikiran responden. Contoh dari teknik analisis data kualitatif adalah analisis wawancara, analisis isi, dan analisis tematik.

Kedua teknik analisis data merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan untuk setiap penelitian baik itu penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Jika seorang peneliti tidak melakukan teknik analisis dari data yang dikumpulkan dengan benar, maka akan besar kemungkinan terjadi kesalahan analisis data yang dilakukan, serta pada akhirnya mendapatkan kesimpulan yang salah, atau kurang reliable.

Beberapa Macam Macam Teknik Analisis Data yang Digunakan untuk Statistika

teknik analisis data

Untuk bisa mendukung penelitian kualitatif dan kuantitatif menjadi lebih reliable, dan bisa digunakan, maka perlu adanya dilakukan berbagai metode analisis data. Setiap teknik analisis memiliki perbedaan di mana kegunaan, atau data yang digunakan, sebagai contoh teknik korelasi dilakukan untuk menunjukkan hubungan, sedangkan regresi digunakan untuk mengetahui hubungan yang berlawanan.

Berikut ini beberapa contoh teknik analisis data yang bisa digunakan:

· Analisis Statistik

Digunakan untuk mengevaluasi pola, distribusi, dan hubungan antara variabel yang diteliti.

· Analisis Regresi

Digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik analisis regresi digunakan jika data yang dikumpulkan memiliki indikasi, kecenderungan, atau hipotesis bahwa kedua data saling bertolak belakang, sebagai contoh: data tentang tingkat kenakalan remaja, dengan data prestasi siswa, atau data tinggi orang tua, dengan data tinggi anak mereka.

· Analisis Korelasi

Digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Analisis korelasi digunakan jika data dua variabel atau lebih terindikasi, cenderung, atau memiliki hipotesis saling berhubungan positif, artinya saling berpengaruh. Sebagai contoh: Tingkat rajin belajar, dengan tingkat prestasi siswa.

Baca Juga:  Growth Mindset: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

· Analisis Wawancara

Digunakan untuk mengumpulkan data dari responden melalui wawancara. Teknik analisis data ini digunakan untuk menganalisis hasil wawancara, sebagai analisis yang dilakukan untuk mengolah jawaban dari narasumber.

· Analisis Isi

Digunakan untuk menganalisis isi dari teks atau dokumen.

· Analisis Tematik

Digunakan untuk mengekstrak tema dari data kualitatif.

· Analisis Kategori

Digunakan untuk mengelompokkan data kualitatif ke dalam kategori-kategori tertentu

· Analisis Delphi

Digunakan untuk mengevaluasi persepsi, perasaan, atau pemikiran responden dengan cara mengumpulkan opini dari panel ahli

· Analisis Cluster

Digunakan untuk mengelompokkan data kuantitatif ke dalam kelompok-kelompok tertentu

· Analisis Sentiment

Digunakan untuk mengevaluasi persepsi, perasaan, atau pemikiran responden

Tipe-tipe Teknik Analisis Data yang Bisa Digunakan untuk Menganalisis Data

teknik analisis data

Berikut ini adalah analisis yang berbeda, serta teknik analisis yang bisa digunakan untuk analisa data statistika, termasuk dengan teknik analisa yang berbeda mulai dari analisa data kualitatif, dan analisa data kuantitatif, serta kapan bisa menggunakan analisa data, tergantung dari jenis data yang berbeda, serta karakteristik dari variabel data yang digunakan.

· Analisis statistik

Digunakan untuk mengevaluasi pola, distribusi, dan hubungan antara variabel yang diteliti. Contohnya: analisis regresi, analisis korelasi, analisis chi-square.

· Analisis kualitatif

Digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang tidak dapat diukur dalam skala numerik. Contohnya: analisis wawancara, analisis isi, analisis tematik

· Analisis kategori

Digunakan untuk mengelompokkan data kualitatif ke dalam kategori-kategori tertentu.

· Analisis Delphi

Digunakan untuk mengevaluasi persepsi, perasaan, atau pemikiran responden dengan cara mengumpulkan opini dari panel ahli

· Analisis Cluster

Digunakan untuk mengelompokkan data kuantitatif ke dalam kelompok-kelompok tertentu

· Analisis Sentiment

Digunakan untuk mengevaluasi persepsi, perasaan, atau pemikiran responden dari data yang diperoleh dari internet

· Analisis Factor

Digunakan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi variabel yang diteliti

· Analisis Time series

Digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dalam periode waktu tertentu

· Analisis Pareto

Digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari proses bisnis atau produksi

Baca Juga:  Mengenal Rumus Choose pada Microsoft Excel

· Analisis Multivariate

Digunakan untuk menganalisis data yang memiliki lebih dari satu variabel independen

· Analisis Survival

Digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari proses pengamatan waktu tertentu

· Analisis SEM (Structural Equation Modeling)

Digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel yang diteliti dengan menggunakan model matematika

· Analisis Bayesian

Digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari proses pengambilan keputusan yang memiliki incertitude.

Tips Mengolah Data agar Lebih Reliabel dan Valid

Ada beberapa tips agar data yang diperoleh akan bisa lebih valid, dan reliable, dikutip dari buku seorang profesor di Universitas Negeri Yogyakarta, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diperoleh akan lebih valid seperti, kembali mengumpulkan data, meningkatkan durasi penelitian, melakukan wawancara kembali setelah penelitian, menggunakan referensi, dan peer review.

Untuk meningkatkan waktu penelitian, bertujuan agar penelitian berjalan lebih lama, sehingga peneliti dapat mengumpulkan lebih banyak data, dan mungkin saja mendapatkan data yang tidak bisa diperoleh saat wawancara atau penelitian pertama.

Lalu kedua, dengan melakukan wawancara kembali dengan narasumber, peneliti bisa mendapatkan data yang mungkin saja terlewat, atau belum disebutkan. Selain itu, mungkin saja peneliti bisa mengetahui data yang berbeda dari yang sudah disebutkan narasumber sebelumnya.

Nah itulah dia beberapa tips untuk memantapkan teknik analisis data dari penelitian. Dapat disimpulkan teknik analisis dari data ini sangat penting untuk diketahui oleh peneliti, baik untuk penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif. Semoga bermanfaat!

Tertarik mengikuti kursus Data Analytic, cek promonya di Coding Studio