PHP Adalah: Arti, Fungsi dan Alasan Menggunakannya!

PHP adalah

Hypertext Prepocessor atau PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling penting dalam membangun sebuah website. Keberadaan bahasa pemrograman menjadikan sebuah website jadi lebih dinamis. PHP adalah salah satu istilah yang sudah sangat familiar.

Apa Itu PHP

PHP adalah

Arti PHP adalah bahasa pemrograman server side scripting dengan sumber terbuka atau open source. PHP ini menjalankan sebuah instruksi pemrograman pada proses runtime. Setiap data yang diproses akan memiliki hasil instruksi yang berbeda-beda.

Pengguna PHP lebih bebas untuk melakukan modifikasi dan mengembangnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi yang memiliki kemampuan baik dalam dunia coding.

Bahasa PHP adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan mengembangkan website yang dinamis dan berjalan di server side scripting.

PHP adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam pembuatan website untuk ecommerce, landing page, dan juga sistem informasi. PHP ini termasuk bahasa pemrograman dengan basis server side yang membuat script diproses oleh server. Server yang biasanya dipakai yaitu Litespeed, Nginx, dan juga Apache.

Sejarah PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Prepocessor yang sejarahnya dimulai dari tahun 1951. PHP diciptakan pertama kali oleh Rasmus Lerdorf yaitu seorang pemrograman bahasa C.

Tujuan PHP adalah untuk mencatat jumlah pengunjung pada homepage atau halaman beranda website.

Tahun 1995 PHP atau FI (form interpreter) dirilis dengan kemampuan membangun tampilan sebuah aplikasi web atau web app, mendukung (suppporting) data pada MySQL serta melakukan pemrosesan form.

Antusias yang semakin tinggi dari pengguna internet membuat Rasmus Lerdrof pada tahun 1997 kemudian menyerahkan pengembangan PHP ini pada tim developer. Tim tersebut terdiri dari Andi Gutmans dan Zeev Suraski. Maka terciptalah PHP dengan versi 3.0 dengan dilengkapi dukungan yang luas untuk database (MySQL dan Oracle).

Baca Juga:  Framework Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Perkembangan teknologi dan informasi kemudian membuat PHP juga mengalami peningkatan versi. Selain itu, penggunaan website juga sudah mendukung HTML5. Peningkatan versi PHP ini dimulai dari versi 4.0 sampai 8.0 dengan fitur dan fungsionalitas yang jauh lebih optimal.

Fitur yang jauh lebih advance membuat bahasa pemrograman ini semakin mampu untuk dapat menangani website dalam skala dan juga traffic yang lebih besar dan lebih kompleks.

Mengapa Menggunakan PHP?

PHP adalah

Lebih dari 78% website yang ada di seluruh dunia ini menggunakan PHP yang diciptakan oleh Rasmus Lerdrof di tahun 1995 ini.

Bahkan untuk platform sebesar Facebook juga menggunakannya. Apa sih sebenarnya yang membuat PHP ini menjadi sangat populer dan Mengapa memilih menggunakan PHP? Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa banyak orang yang menggunakan PHP.

· Lebih mudah dipelajari

Alasan pertama yang membuat PHP ini lebih populer yaitu karena PHP cenderung lebih mudah untuk dipelajari. Apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang populer lainnya PHP ini lebih mudah terutama untuk pemula.

· PHP memiliki sifat open source

Alasan selanjutnya mengapa PHP lebih populer yaitu karena siapa pun dapat menggunakan PHP ini tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun.

· Materi belajar sangat melimpah

Alasan lain untuk membuat banyak orang memilih PHP yaitu karena umurnya yang cukup tua sehingga banyak dokumentasi panduan serta komunitas yang aktif dimana-mana. Hal ini tentu saja membuat pengguna baru tidak akan kesulitan untuk menggunakan PHP.

· Kecepatan tinggi

PHP ini terbukti dapat meningkatkan kecepatan loading apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. PHP lebih cepat tiga kali jika dibandingkan dengan Phyton untuk beberapa kasus.

· Kompatibilitas yang baik dengan HTML

Alasan selanjutnya yaitu karena PHP ini lebih kompatibel dengan HTML sehingga script dari PHP tidak akan mengganggu HTML. Malah mereka berdua ini saling melengkapi antara satu dan lainnya.

· Memiliki banyak pilihan database

Alasan selanjutnya mengapa memilih PHP adalah karena PHP dapat digunakan di semua jenis database. Database yang bisa digunakan mulai dari MySQL bahkan hingga non relasional seperti Redis.

Baca Juga:  Tugas Game Developer dan Prospek Kerja serta Skillnya

· Memiliki fleksibilitas yang tinggi

PHP adalah salah satu yang sangat populer karena juga memiliki fleksibilitas yang tinggi. Bahkan PHP ini dapat dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lainnya. Sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

· Selalu mengalami pembaharuan

Alasan mengapa PHP ini populer yaitu karena selalu mengalami pembaharuan. PHP selalu mengalami pembaruan sistem hingga saat ini pihaknya sudah ada di sistem dengan versi 7.4

Dalam pembuatan halaman website sebenarnya tidak terlalu untuk membutuhkan bahasa pemrograman seperti PHP. Cukup hanya menggunakan HTML serta CSS saja sudah dapat membuat tampilan web yang tersusun dengan konten dan statis.

Tetapi dalam pengembangan website ini membutuhkan integrasi dengan server dan juga membutuhkan database sehingga membuat PHP ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan antara database dengan web statis dan server.

Website dinamis ini juga digunakan untuk penyimpanan data dalam database. Selain itu untuk membuat halaman situs berubah dengan hasil input yang dilakukan user.

Apabila anda menuliskan form pada website maka hasil datanya akan diproses melalui PHP ini. PHP ini juga bisa disisipkan pada file ataupun dokumen HTML.

Setiap bahasa pemrograman tentu akan memiliki aturan untuk pengkodingan sendiri. Begitu pula dengan PHP ini. Sintak dasar PHP dibuka dengan <?php dan ditutup <?. <?php ini merupakan kode wajib yang harus ada pada sistem pemrograman PHP.

Struktur Penulisan PHP

PHP adalah

PHP memiliki dua struktur penulisan yaitu ada PHP Native dan framework PHP. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan antara dua struktur penulisan PHP tersebut.

PHP native adalah bentuk penulisan kode dari PHP yang digunakan untuk merancang sebuah website. Biasanya PHP native ini digunakan oleh developer terutama yang ahli dalam penyusunan algoritma dan coding sehingga tersusun struktur data yang baik.

Sehingga dengan menggunakan PHP native ini bisa membantu untuk membuat tenaga kerja jadi lebih maksimal dan cenderung memiliki fungsionalitas yang tinggi.

Framework PHP

Framework ini sangat berkaitan dengan perancangan alur kerja yang baik. Sehingga PHP ini bisa membuat pekerjaan lebih optimal, efisien, dan lebih akurat. Ada Framework khusus yang membantu untuk pengembang dalam menjalankan tugasnya untuk aplikasi yang berbasis web.

Baca Juga:  Cara Menjadi Web Developer yang Handal

Saat ini ada banyak Framework yang populer digunakan di antaranya Yi, Symfoni, Laravel, Codelgniter dan juga Zend Framework.

Kode pada PHP Framework ini sudah dioptimasi secara maksimal dan sesuai dengan standar begitu dari kecepatan maupun dari segi keamanannya. Pada penggunaannya PHP ini sering dikombinasikan dengan JavaScript, HTML, dan CSS.

Demikian informasi tentang PHP adalah yang menjadi salah satu bagian penting pada website. PHP adalah bahasa pemrograman yang sampai kini masih populer meskipun versi awalnya sudah diluncurkan sejak tahun 1955.

Bahkan sampai kini PHP masih menjadi primadona di antara bahasa pemrograman yang lainnya. Bagi Anda yang masih belum menggunakan PHP maka bisa mencoba sistem yang populer ini.

Tertarik mengikuti kursus Laravel, cek promonya di Coding Studio

Related Articles