Entrepreneur Adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya

Entrepreneur Adalah Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya

Entrepreneur adalah sebutan bagi seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha. Seorang entrepreneur diidentikkan dengan sifat kreatif dan inovatif dalam menunjang kegiatan usahanya di pasaran.

Biar lebih paham apa itu entrepreneur, simak pengertian, karakteristik, tujuan, tipe, dan contohnya di artikel berikut.

Pengertian Entrepreneur

Kata entrepreneur diambil dari Bahasa Prancis yaitu “entreprande” yang berarti berusaha atau berkembang. Sementara itu, menurut KBBI sendiri kata entrepreneur merupakan istilah untuk seseorang yang pandai dalam mengenali produk baru, membuat cara baru dalam membuat produk, merancang operasional pengadaan produk dan merasakan keuntungannya.

Pengertian Entrepreneur

Dapat disimpulkan bahwa pengertian entrepreneur yaitu orang yang menjalankan suatu usaha dan siap dengan segala risiko demi mendapatkan keuntungan. Seorang entrepreneur atau wirausahawan tidak harus bisa menemukan sesuatu yang baru, tetapi harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah.

Entrepreneur dikaitkan dengan pelaku usaha yang memiliki aset, tenaga kerja, juga materialnya secara langsung. Para entrepreneur ini menanggung risiko yang sangat besar terhadap usaha yang dijalankan.

Tujuan Entrepreneur

Terlepas dari besar atau kecil usaha yang dijalankan, entrepreneur akan membuat perencanaan untuk mencapai tujuannya. Berikut ini beberapa tujuan entrepreneur yang paling umum.

1. Membuka lapangan kerja

Salah satu tujuannya adalah menciptakan lapangan pekerjaan baru. Hal ini yang membuat entrepreneur memiliki peran penting untuk meningkatkan taraf hidup di lingkungan sekitarnya.

2. Meningkatkan jumlah entrepreneur berkualitas

Kegiatan wirausaha bertujuan untuk meningkatkan jumlah entrepreneur sehingga dapat membuka lapangan kerja yang lebih banyak.

Baca Juga:  Apa Itu Bounce Rate? Pengertian, Fungsi dan Cara Menurunkannya

3. Membantu menularkan semangat berwirausaha

Tujuan lainnya dari entrepreneur adalah membagikan semangat berwirausaha sehingga masyarakat luas bisa mendapatkan ide atau inspirasi untuk menjalankan usaha.

Jenis-jenis Entrepreneur

Dalam beberapa tahun belakang, banyak orang yang tertarik menjadi entrepreneur. Berikut beberapa jenis entrepreneur yang populer di kalangan masyarakat tanah air.

Jenis-jenis Entrepreneur

1. Foodpreneur

Foodpreneur merupakan pelaku usaha di bidang makanan atau kuliner (F&B). Banyak wirausahawan yang menggeluti usaha ini karena cukup menjanjikan. Bukan sebatas kebutuhan pokok, makanan dan minuman yang ditawarkan juga untuk gaya hidup orang banyak.

2. Technopreneur

Berikutnya, ada technopreneur yaitu wirausaha dibidang teknologi. Mereka pasti memiliki basic pengetahuan seputar teknologi terkini yang kemudian diterapkan untuk usaha yang potensial.

3. Ecopreneur

Wirausahawan yang menjalankan bisnis sekaligus memperhatikan dampaknya bagi lingkungan sekitar termasuk ecopreneur. Biasanya kegiatan usaha mereka memproduksi barang-barang yang ramah lingkungan.

4. Sociopreneur

Sociopreneur merupakan sebutan bagi pelaku usaha yang memiliki tujuan mendapatkan keuntungan dan juga memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial orang banyak.

Baca Juga: Sociopreneur Adalah: Pengertian, Manfaat, Macam dan Tujuannya

Tipe-tipe Entrepreneur

Ada 4 tipe entrepreneur yaitu the world changer, the survivor, the visionary, dan strategist. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. The world changer

Tipe wirausahawan ini tidak hanya mementingkan keuntungan, tetapi juga menginginkan perubahan positif bagi dunia. Sociopreneur termasuk salah satu tipe wirausahawan ini.

2. The survivor

Ada juga wirausahawan yang mulai menjalankan usaha karena keluar dari kantor atau tempatnya bekerja. Mereka termasuk dalam tipe the survivor.

3. The visionary

Tipe wirausahawan yang satu ini memiliki ide luar biasa yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Entrepreneur yang termasuk tipe visionary biasanya hadir dengan ide-ide kreatif dan inovatif.

4. The strategist

Tipe strategist termasuk mereka yang menjalankan usaha meski tidak benar-benar ahli di bidangnya. Namun, mereka memiliki pengetahuan yang luas dengan bisnis yang dijalankan sehingga mampu membuat strategi yang sangat bagus.

Karakteristik Entrepreneur

Seperti profesi pada umumnya, entrepreneur adalah pekerjaan yang memiliki karakter khas untuk dikenali. Beberapa karakteristik entrepreneur antara lain:

Baca Juga:  Widget Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

1. Optimis

Karakteristik yang dimiliki entrepreneur salah satunya adalah sikap optimis karena mereka perlu keberanian dan tekad untuk menjalankan usahanya.

2. Berani mengambil risiko

Selain optimis, wirausahawan juga berani mengambil risiko. Namun, mereka akan melakukannya dengan perhitungan yang matang.

3. Memiliki kemampuan problem solving

Bukan hanya menciptakan usaha, entrepreneur juga siap dengan strategi jika usahanya mengalami kendala atau masalah.

4. Berpikiran terbuka

Entrepreneur harus open minded atau berpikiran terbuka dan peka terhadap kondisi atau perubahan di sekitar setiap mengambil keputusan.

5. Selalu fokus pada tujuan

Biasanya entrepreneur sudah memiliki tujuan saat membuat rencana usaha. Tujuan ini yang menjadi fokus utamanya.

Ciri-ciri Entrepreneur

Ciri-ciri Entrepreneur

Apakah Anda memiliki jiwa entrepreneur? Ada beberapa ciri ciri entrepreneur yang perlu Anda ketahui.

  1. Bisa menciptakan peluang bisnis dengan ide-ide usaha yang kreatif dan inovatif.
  1. Memiliki keberanian dan tekad kuat dalam menjalankan usaha.
  1. Berpikir rasional bahwa usahanya bisa saja mengalami kerugian atau kegagalan.
  1. Mampu mengelola dengan manajemen usaha yang baik.
  1. Memiliki sifat disiplin yang tinggi dan tidak suka membuang-buang waktu atau tenaga untuk hal-hal yang tidak perlu.

Contoh Entrepreneur

Memang tidak semua entrepreneur bisa sukses, semua tergantung kemampuan dan strategi usahanya. Untuk membantu memotivasi Anda, berikut beberapa contoh entrepreneur sukses yang ada di Indonesia.

  1. Johny Andrean, pemilik usaha J.Co Donuts & Coffee
  1. Nadiem Makarim, entrepreneur sukses pendiri Gojek
  1. Sudono Salim, pemilik usaha Indofood, Bogasari, dan BCA

Jumlah entrepreneur di tanah air memang semakin banyak, terutama technopreneur. Jika Anda tertarik dengan profesi ini, siapkan diri dengan skill teknologi yang mumpuni. Biar mahir teknologi, gabung dengan Coding Studio dan upgrade kemampuan untuk menunjang karier impian Anda.

Nah, itulah pembahasan mengenai entrepreneur, ciri-ciri, karakteristik, tujuan, dan contohnya. Singkatnya, entrepreneur adalah wirausahawan atau pelaku usaha yang berani mengambil risiko besar. Anda tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur?

Related Articles