Apa itu Company Profile? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Membuatnya

Apa itu Company Profile Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Membuatnya

Pada umumnya, company profile adalah alat untuk memperkenalkan perusahaan. Terlepas dari itu perusahaan besar atau kecil, company profile penting sebagai reputasi profesional dalam dunia bisnis.

Company profile yang baik dapat memberikan kesan yang baik pula. Bagaimana cara membuatnya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut!

Pengertian Company Profile

Apa itu company profile? company profile atau profil perusahaan adalah dokumen atau media yang menjelaskan gambaran umum sebuah perusahaan. Meliputi sejarah, visi misi perusahaan, tujuan bisnis, produk atau layanan, anggota tim dan informasi lainnya yang terkait.

Pengertian Company Profile

Ini dilakukan agar masyarakat dapat mengenal perusahaan tersebut dengan lebih baik. Bukan hanya memperkenalkan perusahaan, company profile juga dibuat untuk menarik minat investor terutama bagi perusahaan startup yang tengah mencari pendanaan.

Company profile dapat disampaikan dalam berbagai jenis media, seperti brosur, website, buku, video, dan masih banyak lagi.

Manfaat dan Fungsi Company Profile

Tentu ada manfaat company profile bagi suatu perusahaan. Berikut beberapa manfaat dan fungsi sebuah company profile.

Manfaat dan Fungsi Company Profile

1. Menciptakan brand story

Company profile dibuat untuk menyajikan gambaran umum tentang perusahaan. Mulai dari sejarah berdirinya perusahaan, visi misi, dan detail informasi dasar lainnya dengan lengkap.

Audiens diharapkan dapat mengetahui brand story dengan informasi yang lebih tepat dari perusahaan tersebut. Dengan memanfaatkan profil perusahaan, audiens juga dapat mengetahui gambaran umum tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

2. Memperkuat branding perusahaan

Tujuan dibuatnya company profile adalah untuk memperkuat upaya branding. Perusahaan dapat memanfaatkan company profile untuk menjelaskan kelebihan apa saja yang dimilikinya, baik dari produk maupun dari sisi bisnis.

Baca Juga:  Revenue Stream Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Meningkatkannya

Ini membantu menciptakan keunikan yang menarik bagi orang-orang di luar perusahaan. Company profile dapat menjadi faktor pembeda atau unique selling point antara perusahaan Anda dengan kompetitor.

3. Menjadi media promosi dan publikasi

Profil perusahaan juga berperan sebagai media promosi bagi perusahaan. Biasanya ini dilakukan melalui halaman informasi produk atau layanan yang membantu masyarakat agar aware dengan suatu brand.

Perusahaan dapat memberikan informasi tentang detail produk atau jasa kepada calon konsumen. Fungsi company profile dapat menjadi media publikasi resmi sehingga memudahkan calon pelanggan yang ingin lebih mengenal produk Anda.

Selain produk atau jasa yang ditawarkan, profil perusahaan juga menjadi media publikasi bagaimana kiprah suatu perusahaan dan pencapaian-pencapaian yang dimiliki. Hal ini sangat bagus untuk menunjukkan kredibilitas perusahaan atau bisnis.

Cara Membuat Company Profile

Banyak perusahaan yang menggunakan company profile untuk berbagai skenario bisnis. Jika masih ragu atau bingung, berikut beberapa cara membuat company profile yang bisa Anda ikuti.

1. Tentukan tujuan dan gaya bahasa yang akan digunakan

Langkah pertama adalah menentukan gaya bahasa seperti apa yang akan Anda gunakan untuk menyampaikan informasi kepada konsumen. Hal ini perlu memperhatikan target audiens dari bisnis Anda.

Sebagai contoh, untuk target audiens anak muda kekinian yang lebih cocok menggunakan gaya bahasa santai dan ceria. Pastikan juga penyampaian informasi pada company profile menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

2. Tulis detail informasi tentang perusahaan

Jika ingin perusahaan dikenal oleh calon konsumen Anda, maka perlu perkenalan. Apa saja yang diperkenalkan? Pada umumnya, detail perusahaan yang diperkenalkan dalam company profile meliputi beberapa informasi seperti berikut.

Nama perusahaan

Visi misi perusahaan

Lokasi perusahaan

Tanggal pendirian perusahaan

Kontak perusahaan (nomor telepon, email, website, dll)

Link media sosial

Deskripsi produk atau jasa

Alamat cabang-cabang perusahaan

Penjelasan singkat mengenai SDM perusahaan

3. Ceritakan sejarah perusahaan

Selain informasi umum perusahaan, company profile juga perlu ditambahkan dengan sejarah perusahaan tersebut berdiri. Hal ini membantu audiens untuk lebih memahami bagaimana perjalanan bisnis Anda dari awal hingga sekarang.

Baca Juga:  White Box Testing Adalah: Fungsi dan Tekniknya

Diharapkan audiens akan merasa lebih dekat dengan perusahaan. Selain itu, cerita yang menarik dari sejarah perusahaan juga dapat menjadi strategi untuk menggaet audiens agar lebih tertarik dengan perusahaan Anda dibanding kompetitor.

4. Sampaikan keunggulan dan pencapaian perusahaan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa company profile dapat mendukung branding perusahaan. Oleh sebab itu, Anda perlu mencantumkan informasi yang dapat menambah nilai jual dari brand Anda.

Termasuk keunggulan produk atau jasa dan berbagai pencapaian yang diraih perusahaan. Beberapa informasi yang dapat ditambahkan antara lain:

  • Project yang pernah dan sedang dijalankan dengan berhasil
  • Sertifikat atau penghargaan yang diraih terkait kualitas produk atau brand perusahaan
  • Ulasan dan testimoni pelanggan yang positif
  • Pengakuan dari media tentang kinerja perusahaan yang baik

5. Tambahkan kata-kata ajakan

Salah satu tips membuat company profile adalah menambahkan kata-kata ajakan. Buat audiens tertarik untuk mengunjungi situs perusahaan, menghubungi nomor contact center, dan lainnya untuk meningkatkan peluang menjadi konsumen.

Contoh Company Profile Lengkap

Contoh Company Profile Lengkap

Sudah lebih paham mengenai company profile? Sebagai tambahan informasi, berikut beberapa contoh company profile.

1. J&T Express

Company profile dari perusahaan ekspedisi ini cukup menarik dengan menggabungkan beberapa media interaktif, mulai dari video, ilustrasi, dan informasi teks yang bisa dilihat seluruhnya hanya dengan scroll saja.

2. Pertamina International Shipping

Company profile dari perusahaan ini disajikan dalam bentuk brosur. Beberapa informasi yang disampaikan seperti sejarah, visi misi, dan core values perusahaan.

3. Tokopedia

Anda bisa melihat di halaman “About” pada situs Tokopedia. Company profile ini tampil unik dengan video company profile bertajuk “Membangun Indonesia Bersama Tokopedia”.

Selain informasi yang bagus dan mudah dimengerti, company profile juga perlu dibuat dengan desain yang menarik dan atraktif. Salah satunya dengan memanfaatkan website sebagai media untuk menyampaikan company profile.

Agar bisa membuat website yang bagus untuk company profile, Anda dapat mengikuti kelas pelatihan online di Coding Studio. Anda yang sudah memiliki basic atau bahkan masih pemula bisa belajar seputar teknologi hingga menjadi mahir.

Baca Juga:  WYSIWYG Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Peranannya

Itulah beberapa informasi seputar company profile yang perlu diketahui. Jadi, pada intinya company profile adalah informasi yang memperkenalkan suatu perusahaan kepada masyarakat atau konsumen.

Related Articles