Homepage Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Penggunaan internet semakin berkembang setiap harinya dan halaman depan termasuk elemen penting untuk situs web. Homepage adalah halaman awal yang dilihat ketika pengunjung masuk ke sebuah situs. 

Maka dari itu, untuk kalian pemilik situs sangatlah penting memahami mengenai homepage ini, fungsi, cara membuatnya, dan juga perbedaannya dengan landing page. Informasi lebih jelasnya bisa menyimak informasi berikut ini. 

Mengenal Apa itu Homepage?

Homepage adalah halaman awal pada sebuah situs website yang mana halaman ini merupakan titik awal yang nantinya akan dilihat pengunjung pada saat memasuki sebuah website. 

Mengenal Apa itu Homepage 

Lebih lanjut homepage merupakan tempat situs web akan memperkenalkan diri lalu menampilkan tautan menuju halaman utama lainnya serta memberikan gambaran umum mengenai apa yang mampu diharapkan pada pengunjung situs tersebut. 

Melihat hal ini maka sangat penting membuat homepage yang baik, menarik, serta mudah dinavigasi sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah saat mengunjungi situs. 

Fungsi Homepage untuk Pemilik Website

Homepage merupakan halaman yang penting untuk website dan terdapat beberapa fungsi yang bermanfaat terutama untuk pemilik website dan berikut merupakan fungsinya. 

1. Sebagai Halaman Utama 

Fungsi pertama yakni menjadi identitas website dikarenakan letaknya yang terdapat pada halaman pertama. Sebagai halaman utama tentu saja akan memudahkan alur navigasi untuk menuju halaman lainnya.  

2. Menampilkan Isi Konten 

Fungsi lainnya yakni sebagai ringkasan halaman lainnya di sebuah website. Sebelum nantinya menjelajah ke seluruh tab yang ada di dalamnya, homepage umumnya akan merangkum serta memberikan gambaran ke pengunjung terkait semua isi konten. 

Cara Membuat Homepage untuk Website Usaha 

Cara Membuat Homepage untuk Website Usaha

Untuk pemilik bisnis umumnya ingin mempunyai homepage ataupun halaman utama yang menarik untuk usahanya. Itu berguna supaya membuat para pelanggan merasa nyaman dan betah jika harus berlama-lama untuk menjelajah website kalian. 

Tidak hanya itu saja, homepage nantinya akan menciptakan kesan pertama bagi pengunjung di situs website serta merek usaha yang dimiliki. Maka membuat homepage menarik adalah hal yang perlu dilakukan dan berikut adalah cara membuatnya. 

Baca Juga:  Staging Adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Tahapannya

1. Tampilkan Secara Jelas Produknya 

Pergunakanlah visual serta teks menarik guna memberitahukan pengunjung mengenai apa yang tengah ditawarkan di homepage website. Keduanya diperlukan di dalam merencanakan tema di homepage. 

2. Menggunakan Gambar Berkualitas Tinggi 

Pergunakanlah gambar asli dan berkualitas tinggi pada gambar produknya agar nantinya kualitas website akan mengalami peningkatan. 

3. Pergunakan Warna Kontras Pada Kolom Tertentu 

Penggunaan warna kontras memungkinkan menarik perhatian dari pengunjung. Contohnya warna kontras di kolom ajakan atau formulir tujuannya agar pengunjung menaruh perhatian lebih di kolom tadi. 

4. Menambahkan Petunjuk Arah 

Tambahkanlah petunjuk arah seperti gambar panah ataupun gambar seseorang yang tengah menunjuk atau melihat ke arah itu. Tujuannya membantu para pengunjung supaya dapat memahami alur dari website. 

5. Gunakan Fitur Pencarian 

Fitur ini berguna untuk pengunjung di dalam menemukan produk yang dicari pada website secara cepat terlebih jika website berisikan banyak produk atau konten. 

6. Hindari Penggunaan Kalimat Panjang 

Batasi penggunaan kalimat maksimal dua ataupun tiga kalimat saja. Jika terlalu banyak kalimat tentunya membuat homepage berantakan serta tidak menarik. 

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Banyak dari kalian yang tidak mengetahui perbedaan dari landing page dan juga homepage. Homepage adalah halaman utama untuk perkenalan brand serta memberitahukan kepada pengunjung apa yang ditawarkan di dalamnya sedangkan landing page bertujuan untuk campaign. Lebih jelas mengenai perbedaan keduanya simak informasi berikut. 

1. Tampilan Halaman 

Landing page tampilannya lebih sederhana dan jarang terdapat navigasi hanya berfokus kepada informasi yang dapat membuat pengunjung melakukan aksi lanjutan seperti pembelian. Sedangkan homepage lebih beragam tampilannya. 

2. Segmen Pengguna 

Segmen pengguna dari landing page merupakan orang-orang yang memang telah mempunyai minat ataupun kebutuhan spesifik mengenai sebuah produk maupun layanan. Sedangkan homepage hanya berupa pengunjung setia serta pengunjung baru. 

3. Fokus Isi Halamannya 

Fokus isi pada landing page berupa informasi menarik sehingga pengunjung bisa melakukan klik, membeli produk, ataupun berlangganan newsletter. Sedangkan homepage memudahkan pengunjung dalam menemukan berbagai halaman situs web yang lainnya. 

Baca Juga:  Belajar Laravel Pemula: Bagaimana Cara Cepat Mahir Laravel?

4. Tujuan Utama 

Tujuan utama dari landing page yakni meningkatkan konversi sehingga pelanggan bisa menjadi pelanggan ataupun mendorong pelanggan untuk melakukan sebuah tindakan yang diperintahkan. Sedangkan homepage adalah website yang memberikan gambaran umum pada semua isi website. 

5. Elemen Wajib 

Elemen wajib landing page yakni headline menarik, tawaran jelas, CTA yang kuat, dan formulir kotak. Umumnya CTA di landing page ditonjolkan dengan spesifik. 

Contoh Homepage

Setelah mengetahui tentang homepage maka kalian perlu mengetahui juga tentang beberapa contohnya seperti di bawah ini. 

1. Homepage untuk Situs Berita 

Homepage situs berita umumnya akan menampilkan tentang berita terbaru menggunakan format yang mudah untuk menavigasikan. Pada halaman depan akan memperlihatkan headline berita terkini, tautan menuju kategori berita, dan foto-foto maupun video. 

2. Homepage untuk E-Commerce 

Homepagenya berisikan penawaran spesial, produk terbaru, dan juga tautan untuk ke berbagai kategori produk. Halaman ini menampilkan rekomendasi produk, produk populer, dan lainnya. 

Jadi sampai di sini kalian memahami jika homepage adalah sesuatu yang penting untuk website sehingga usahakan membuatnya menarik. Untuk kalian yang tertarik belajar IT dengan lebih mendalam khususnya mengenai web development bisa memilih Coding Studio, banyak pilihan kelas dengan harga yang terjangkau merupakan keunggulan dari tempat ini.