Cybersquatting: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cybersquatting Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cybersquatting adalah istilah yang digunakan guna memperoleh nama domain. Untuk di beberapa negara, hal ini tidak terlalu berbahaya bahkan tergolong legal untuk digunakan. Tidak dipungkiri terkadang cybersquatting kerap dipergunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab dalam melakukan penyerangan ataupun kejahatan dunia maya. 

Tertarik mempelajari tentang cybersquatting lebih dalam terkait pengertian, penyebab, cara kerja, hingga contohnya? Maka simak informasi lebih jelasnya berikut ini. 

Mengenal Apa Itu Cybersquatting

Cybersquatting adalah sebuah praktik untuk membeli nama domain mirip atau identik dengan suatu nama bisnis ataupun merek dagang orang lain dan bertujuan memperoleh keuntungan finansial maupun merugikan pemilik dari merek dagang ataupun usaha tersebut. 

Mengenal Apa Itu Cybersquatting

Pembajakan nama domain pada beberapa kasus bisa dilakukan dengan cara menggunakan domain yang didapatkan dengan tidak sah guna memanfaatkan merek dagang maupun bisnis orang lain dan caranya dengan menampilkan iklan ataupun mengarahkan pengunjung pada web lain. 

Kasus pembajakan nama domain mampu menjadi suatu permasalahan serius untuk pemilik merek dagang karena bisa merusak reputasinya serta menghilangkan lalu lintas dari para pengunjung yang semestinya masuk ke dalam situs websitenya. 

Tidak hanya merusak citra namun hal ini bisa berdampak pada kerugian finansial signifikan terlebih lagi bagi pemilik merek dagang yang terpaksa harus membayar dengan harga lebih tinggi supaya bisa merebut kembali nama domainnya yang telah dicuri. 

Ketahui Penyebab Cybersquatting

Cybersquatting dapat terjadi ketika seseorang membeli kemudian memanfaatkan nama domain identik maupun mirip dengan nama bisnis atau merek dagang lainnya dan tujuannya mengambil keuntungan atau malah membuat rugi dari pemilik merek tersebut. Jadi awal mulanya rasa keinginan untuk mengambil keuntungan ataupun merusak reputasi dari merek dagang tertentu. 

Apa Saja Dampak Cybersquatting?

Tentunya serangan ini akan menimbulkan beberapa dampak yang pastinya akan sangat merugikan bagi sang korban dan berikut ini beberapa dampaknya. 

Apa Saja Dampak Cybersquatting

1. Kerugian Uang 

Baca Juga:  Berbagai Istilah dalam Database yang Wajib Diketahui

Pastinya pemilik merek dagang bisa jadi harus membayar uang dengan nominal yang sangat tinggi guna membeli lagi nama domain yang sudah diambil tadi. 

2. Mampu Merusak Reputasi 

Cybersquatting adalah hal yang bisa merusak reputasi dari merek dikarenakan akan mengarah kepada traffic pada situs yang tidak berkaitan dengan merek tadi ataupun menampilkan konten yang memang tidak sesuai standar merek. 

3. Bisnis Terhambat 

Pemilik bisnis bisa jadi perlu memperlambat bisnisnya sementara dikarenakan fokus mengatasi permasalahan cybersquatting ini. 

4. Kehilangan Hak 

Ketika pemilik merek dagang diam saja dan tidak melakukan tindakan apa pun untuk mengatasinya maka ada kemungkinan besar untuk kehilangan hak pada merek dagangnya. 

5. Kepercayaan Pelanggan Menghilang 

Cybersquatting mampu memunculkan kebingungan serta kehilangan kepercayaan dari pelanggan dikarenakan pelanggan tidak bisa menemukan situs yang sesuai merek dagang yang sedang dicari. 

Secara garis besar aktivitas ini mempunyai dampak merugikan terutama untuk pemilik merek dagang. Kerugian tadi seperti kehilangan reputasi, kerugian finansial, dan juga hak atas merek dagangnya. Maka sangat penting melakukan pencegahan serta mengatasi tindakannya dengan secepat mungkin. 

Cara Kerja Cybersquatting

Cara Kerja Cybersquatting

Cara kerjanya dengan membeli nama domain serupa merek dagang terkenal ataupun nama terkenal lainnya. nantinya nama domain tersebut akan dijual ke pemilik aslinya ataupun memakainya untuk tujuan lain seperti mengambil informasi pribadi pengunjung. 

Cybersquatter bisa membeli nama domain secara mudah lewat register domain yang tersedia fasilitas guna pendaftaran nama domain. 

Untuk beberapa kasus, para cybersquatter ini memakai nama domain untuk nantinya mengarahkan pengunjung pada website yang mempunyai virus ataupun spam di dalamnya gua mendapatkan informasi pribadi pengunjung. 

Cara Mencegah Cybersquatting

Cara mencegah tentunya akan lebih bermanfaat dari cara mengatasi cybersquatting karena dengan mencegah akan meminimalkan kemungkinan terburuk yang terjadi akibat cybersquatting dan berikut cara mencegahnya. 

1. Daftarkan Merek Dagang 

Daftarkanlah merek dagang yang berguna agar pemilik mempunyai dasar hukum untuk nantinya melawan tindakan seperti cybersquatting adalah cara yang tepat. 

2. Memonitoring Nama Domain 

Baca Juga:  Kursus Cyber Security di Indonesia

Lakukan monitoring berkala di nama domain yang berkaitan dengan merek dagang sehingga dapat membantu melakukan identifikasi tindakan berupa cybersquatting dengan cepat. 

3. Membeli Nama Domain 

Pembelian nama domain yang dimaksudkan membeli nama domain yang berkaitan dengan nama dari merek dagang guna mencegah aksi cybersquatter dalam membeli ataupun mengontrol nama dari mobil tersebut. 

4. Pergunakan Nama Domain Unik 

Gunakanlah nama yang unik serta mudah diingat guna mencegah adanya cybersquatting dikarenakan cybersquatter akan kesulitan dalam mengontrol nama dari domain tadi. 

5. Membantu Menyelesaikan Cybersquatting Secara Cepat 

Membantu dalam menangani permasalahan cybersquatting dengan cepat sehingga membantu dalam meminimalisir kerugian serta memastikan jika hak pada merek dagang serta nama domain terjaga. 

Beberapa Contoh Cybersquatting

Contohnya yakni ada kasus di tahun 2021 di mana PT Telekomunikasi Indonesia Tbk melaporkan adanya kasus cybersquatting dengan memakai nama domain dari Telkom yang mana situs tadi mengarahkan pengunjung masuk ke situs web dengan banyak iklan. 

Contoh lainnya terjadi pada Bank BCA di tahun 2013 melaporkan adanya kasus serupa dengan penggunaan nama domainnya. Kejahatan ini mengarahkan pengunjung masuk ke situs berisikan informasi serta tawaran produk yang tidak ada hubungannya dengan BCA. 

Tentunya sampai di sini kalian paham jika cybersquatting adalah hal yang sangat merugikan dan perlu penanganan khusus agar tidak menimbulkan dampak lebih dalam. Itulah sekilas tentang cybersquatting dan jika kalian tertarik bekerja di industri startup maka tidak ada salahnya mulai memperdalam pengetahuan dengan mengambil kelas di Coding Studio dengan banyak pilihan materi pembelajaran.

Related Articles