Trademark Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Trademark Adalah Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Ketika berhubungan langsung dengan bisnis dan perdagangan, trademark adalah hal yang sering kali kita dengar. Trademark atau merek dagang merupakan lambang, kata, simbol, bahkan desain unik yang dipakai dalam mengidentifikasi suatu produk atau jasa suatu bisnis usaha.

Pengertian Trademark

Anda tentu sering melihat atau mendengar berbagai merek dan simbol produk tertentu, baik produk makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya. Dapat dilihat jika merek atau simbol tersebut berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan tertentu.

Pengertian Trademark

Hal itulah yang kemudian menjawab apa itu trademark. Ya, trademark merupakan simbol, nama, bahkan logo tertentu yang dipakai dalam membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Merek dagang ini dipakai sebagai ciri khas dari produk atau bisnis tersebut.

Manfaat Trademark

Setiap bisnis hendaknya memiliki merek dagang yang sesuai dan tidak bertentangan dengan hukum, terlebih manfaat trademark ini sangat besar. Secara umum, berikut beberapa alasan yang membuat merek dagang dalam suatu perusahaan sangat diperlukan:

1. Menghindari pemalsuan

Ketika suatu produk banyak populer, sudah pasti ada banyak orang akan membuat tiruannya. Dengan mendaftarkan merek dagang produk Anda, pihak lain tentu akan kesulitan untuk menirunya. Terlebih, Anda memiliki bukti sah di mata hukum bahwa Anda-lah pemilik produk tersebut.

2. Sebagai alat komunikasi bisnis

Selain itu, trademark adalah alat komunikasi informasi bisnis yang tepat kepada target pasar produk Anda. Ketika pelanggan melihat logo atau simbol dari sebuah produk, mereka akan langsung mengenalinya tanpa Anda harus menjual atau mempromosikannya secara langsung.

3. Mempermudah pelanggan mencari produk

Trademark juga dapat membedakan produk Anda dengan produk lain yang sejenis. Hal ini tentu akan membuat para pelanggan lebih mudah menemukan produk yang Anda jual. Terlebih jika simbol tersebut unik dan khas, tentu akan membuat produk tersebut semakin mudah dikenal.

Jenis-jenis Trademark

Jenis-jenis Trademark

Ada beberapa jenis trademark yang sering kali kita jumpai. Mulai dari simbol, logo, kata-kata, dan sebagainya. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membedakan produk tersebut dari produk lainnya. Berikut beberapa jenis merek dagang yang dimaksud.

Baca Juga:  IaaS (Infrastructure as a Service): Pengertian dan Kelebihannya

1. Word mark

Merupakan salah satu jenis merek dagang yang umum kita temui. Jenis merek dagang ini umumnya terdiri dari huruf, kata, angka, hingga kombinasinya. Tidak hanya sering kita jumpai, merek dagang yang satu ini terbilang mudah didaftarkan dan dilindungi. Contohnya seperti logo Facebook.

2. Design mark

Jenis merek dagang lain yang juga sering kali ditemui yakni desain atau grafik seperti logo, simbol, bahkan berbagai elemen grafis lainnya. Detailnya terbilang lebih kompleks untuk lebih mudah mengidentifikasi suatu produk. Contoh dari design trademark adalah logo Apple atau Starbuck.

3. Sound mark

Sesuai namanya, jenis merek dagang ini dapat diketahui dari suara atau komposisi musik tertentu yang menjadi identitas sebuah produk. Jenis merek dagang ini cenderung sulit didaftarkan karena membutuhkan rekaman suara yang valid atau khas. Contohnya seperti jingle Indomie.

Selain beberapa jenis di atas, ada pula beberapa jenis dan contoh trademark lain yang sering kali ditemukan. Mulai dari color mark yang memudahkan identifikasi produk dari warna, hingga smell mark yang dapat memudahkan pelanggan mengidentifikasi wangi atau bau produk tersebut. 

Tips Membuat Trademark

Membuat merek dagang menjadi suatu kewajiban bagi suatu bisnis sebagai representasi citra dan reputasi bisnis. Tentunya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat trademark ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Selalu melakukan riset

Salah satu tips membuat trademark yang pertama tentu saja dengan melakukan riset, terutama menentukan merek yang belum pernah dipakai. Dengan demikian, merek tersebut tidak memiliki kesamaan dengan bisnis lain dan bebas dari berbagai hak paten.

2. Pilih trademark yang merepresentasikan produk

Selain itu, pilih merek yang memang mudah didengar, diucapkan, serta mampu menjadi representasi dari bisnis yang Anda bangun. Pemilihan merek ini bertujuan agar pelanggan mudah mengingat produk Anda dan memiliki pengaruh besar terhadap target pasar suatu bisnis.

3. Segera mendaftarkan merek dagang

Jika Anda sudah memiliki merek maupun logo untuk bisnis tersebut, cara membuat trademark selanjutnya yakni mendaftarkan produk tersebut ke DJKI Kemenkumham. Hal ini tentu akan mempermudah Anda melindungi bisnis dari berbagai tindakan plagiasi.

Baca Juga:  Social Media Marketing: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Strateginya

Cara Membuat dan Mendaftarkan Trademark

Setelah mengetahui tips dan yang tepat, ada baiknya Anda segera mendaftarkan merek tersebut. Lengkapi beberapa berkas administratif yang penting seperti formulir pengajuan, daftar barang yang akan diberikan trademark, surat pernyataan, identitas pemohon, hingga berbagai berkas yang menunjukkan bahwa produk tersebut benar milik Anda sebagai pemohon.

Setelah itu, dalam pendaftaran trademark adalah penting untuk mengisi formulir secara online melalui website DJKI Kemenkumhan (SIMPAKI). Ikuti alur pendaftaran dan isi setiap form yang disediakan dan tunggu hingga merek dagang Anda disetujui dan terdaftar. 

Kelebihan dan Kekurangan Trademark

Kelebihan dan Kekurangan Trademark

Meskipun sangat penting, ternyata ada beberapa kelebihan dan kekurangan trademark yang perlu dipahami. Dari segi kelebihan, tentunya dapat dipahami jika merek dagang menjadi penanda khas dari suatu produk. Pendaftarannya juga terbilang mudah dan dapat melindungi produk dari plagiasi.

Sayangnya, ada beberapa kekurangan yang sering kali dialami dalam pembuatan merek dagang ini. Mulai dari pemilihan merek yang harus lebih kreatif seiring semakin banyaknya produk, hingga pemilihan kelas merek dagang yang harus selektif dan cermat.

Itulah beberapa hal mengenai trademark yang harus dipahami oleh banyak pemilik bisnis. Tentunya, trademark adalah hal penting yang harus dimiliki dan sesegera mungkin didaftarkan agar tidak mudah ditiru oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Nah, jika Anda ingin belajar lebih intens seputar teknologi IT untuk mendukung bisnis yang dibangun segera hubungi Coding Studio, suatu platform belajar IT yang dikenal memiliki kurikulum paling update. Materi belajar selalu relevan dan dapat diaplikasikan dengan mudah!

Related Articles