Pengertian Technopreneur, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Pengertian Technopreneur, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Technopreneur adalah sebuah istilah baru yang menggabungkan 2 kata yakni technology dan juga entrepreneur yang muncul baru-baru ini. Revolusi teknologi yang semakin pesat tidak lepas dari peran Technopreneur ini lho, karena memunculkan inovasi teknologi terbaru. Berikut ini kami akan jelaskan pengertian dari Technopreneur termasuk manfaat dan juga tujuannya.

Apa Itu Technopreneur?

Sebelum memutuskan menjadi Technopreneur, maka kalian harus tahu dulu apa itu Technopreneur dengan baik. Bila didasarkan pada penggabungan 2 istilahnya, maka bisa diartikan sebagai orang yang berwirausaha dengan mengandalkan teknologi. Jadi biasanya produknya itu didasarkan pada teknologi bukan hanya dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada saja.

Apa Itu Technopreneur

Era digital seperti sekarang membuat Technopreneur ini menjadi kewirausahaan generasi baru yang mungkin memiliki potensi yang besar. Kemampuan dan juga wawasan yang luas mengenai teknologi itu menjadi kunci utama untuk menjadi seorang Technopreneur yang berhasil dan sukses. Biasanya orang-orang yang menjadi Technopreneur itu adalah orang yang selalu berinovasi dan memunculkan berbagai terobosan yang baru.

Tujuan Technopreneur

Tujuan Technopreneurship sendiri memang cukup luas, karena bidang yang bersinggungan pun juga cukup luas. Berikut beberapa tujuan yang biasanya mendorong orang menjadi Technopreneur.

  1. Menyelesaikan masalah yang mungkin saat ini sedang dialami banyak orang yang mungkin tidak terpikirkan solusinya. Jadi nantinya akan muncul teknologi baru yang bisa membantu kehidupan manusia menjadi jauh lebih mudah dan cepat.
  1. Menghasilkan keuntungan dengan menyelesaikan masalah menggunakan basis teknologi.
  1. Membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas, karena cakupan teknologi itu sangat luas dan pasti membutuhkan banyak tenaga kerja. Jadi Technopreneur adalah jawaban dari permasalahan pengangguran yang saat ini mungkin sangat banyak di Indonesia.
Baca Juga:  Fedora Adalah? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Manfaat Technopreneurship

Dari beberapa tujuan di atas, kita jadi paham bahwa ada banyak sekali manfaat Technopreneur yang mungkin tidak disadari banyak orang. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja manfaatnya.

Manfaat Technopreneurship

1. Mengembangkan Teknologi

Teknologi tentu saja akan bisa berkembang dengan pesat ketika ada banyak Technopreneur yang bermunculan di dunia. Biasanya inovasi dan terobosan akan terus muncul dan membuat ada semakin banyak teknologi baru yang bermunculan. Ini akan membantu perkembangan teknologi dunia.

2. Mengembangkan Perekonomian

Mengembangkan perekonomian negara dengan adanya inovasi teknologi baru yang didasarkan pada penyelesaian masalah manusia secara umum. Transaksi digital memiliki potensi yang besar menghasilkan pajak bagi negara dan bisa mendorong perekonomian negara meningkat. Roda ekonomi pun akan bergerak pada saat lebih banyak start up sebagai salah satu bentuk Technopreneur itu sendiri.

3. Mendorong UMKM Berkembang

Teknologi mendorong UMKM untuk berkembang, sehingga mampu menjangkau pasar yang jauh lebih luas dari sekarang. Inovasi teknologi bisa membantu UMKM untuk berkembang dengan memanfaatkan teknologi terbaru tersebut.

Contoh Beberapa Technopreneur Sukses

Ada beberapa contoh Technopreneur yang sukses di dunia, bahkan di Indonesia pun ada beberapa lho yang bahkan sangat populer. Berikut ini kami akan sebutkan beberapa.

1. Windows

Windows merupakan Technopreneur pertama yang berhasil dan sukses sampai sekarang menjadi sangat besar di dunia. Bill Gates yang menemukan teknologi Windows untuk penggunaan komputer yang lebih fleksibel dan luas menjadi cikal bakal perkembangan teknologi. Sampai saat ini perusahaan Windows masih berjaya dan terus melakukan inovasi menciptakan teknologi terbaru.

2. Facebook

Facebook merupakan Technopreneur generasi berikutnya yang mampu menghubungkan orang dengan jarak yang jauh dengan mudah. Inovasi dari Mark Zuckerberg ini mengatasi masalah komunikasi yang sebelum sangat sulit dilakukan ketika jarak menjadi penghalang. Dari sini kita bisa melihat Technopreneur adalah pendorong inovasi teknologi untuk terus berkembang dengan pesat.

3. Gojek

Gojek menjadi salah satu jenis Technopreneur yang berasal dari Indonesia yang menghadirkan teknologi transportasi online. Masalah transportasi di Indonesia jadi teratasi berkat inovasi dari tokoh Technopreneur dari Indonesia yang berhasil melakukan inovasi teknologi. Sampai saat ini Gojek masih banyak digunakan sebagai alternatif transportasi saat bepergian untuk berbagai kepentingan.

Baca Juga:  Mengetahui Apa Itu Pop Up? Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Perbedaan dengan Entrepreneur

Dalam Technopreneur itu mengandung kata entrepreneur, akan tetapi kedua istilah tersebut sebenarnya sangat berbeda. Berikut ini kami akan jelaskan perbedaan entrepreneur dan Technopreneur itu sebenarnya apa.

  1. Entrepreneur itu biasanya lebih fokus pada bagaimana cara untuk menjual satu produk, sementara Technopreneur lebih kepada bagaimana menciptakan teknologi yang bisa dijual.
  1. Entrepreneur memiliki motivasi untuk bisa memanfaatkan peluang untuk mendapat keuntungan, namun Technopreneur lebih kepada perubahan sistem yang memberi keuntungan.
Cara Menjadi Technopreneur Sukses

Cara Menjadi Technopreneur Sukses

Melihat beberapa tokoh yang sukses tentu saja membuat orang ingin tahu bagaimana cara jadi Technopreneur yang sukses itu. Berikut ini beberapa tips untuk mempersiapkan diri menjadi Technopreneur ini.

1. Membaca Inti Masalah di Masyarakat

Akar dari Technopreneur itu adalah masalah di masyarakat, jadi kalian itu harus berupaya peka terhadap masalah yang ada. Pikirkan solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan teknologi baru yang mungkin akan menjadi jawaban yang tepat.

2. Memperluas Wawasan dan Kemampuan Teknologi

Teknologi adalah basis dari Technopreneur, maka kalian tentunya harus memperluas wawasan teknologi dan tentunya pengaplikasiannya. Saat ini sudah ada banyak sekali kursus dan webinar untuk meningkatkan skill dibidang teknologi seperti di Coding Studio. Kursus tersebut sangat membantu kalian untuk memiliki dasar dalam menjadi Technopreneur.

3. Meningkatkan Jiwa Wirausaha 

Meningkatkan jiwa wirausaha yang bisa melihat peluang dari masalah dan menemukan solusi untuk bisa menghasilkan keuntungan. Menjadi Technopreneur adalah langkah yang sulit, namun hasilnya sangat menjanjikan.

Coding Studio menjadi tempat kalian bisa mempelajari beragam aplikasi desain UI dan tools yang bisa membantu pembuatan desain UI.

Related Articles