GIT adalah Version Control Programmer, Ketahui Fungsi dan Keunggulannya

GIT adalah Version Control Programmer, Ketahui Fungsi dan Keunggulannya

GIT adalah jenis software atau alat kolaborasi coding yang banyak digunakan oleh seorang programmer atau developer karena sifatnya yang fleksibel dan mudah untuk digunakan. 

Jika Anda berencana untuk menggunakan software Git maka sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu git, fungsi, fitur, cara menggunakannya dan keunggulan yang dimilikinya. Secara umum, GIT menjadi salah satu alat yang digunakan untuk memberikan kemudahan ketika membuat sebuah program tertentu. 

Pengertian GIT

GIT merupakan kepanjangan dari Group Inclusive Tour, adalah sebuah version control yang banyak digunakan oleh programmer untuk berkolaborasi untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi. GIT juga dikenal dengan istilah Distributed Revision Control yang artinya adalah sebuah penyimpanan database GIT yang tidak hanya pada satu tempat saja. GIT adalah sebuah perangkat lunak yang dipakai oleh Linus Torvald untuk proses pembuatan kernel Linux tepatnya pada tahun 2005. 

Pengertian GIT

Software GIT sendiri memiliki tujuan penggunaan untuk memudahkan pengelolaan source code program, misalnya jika ada perubahan pada baris kode yang diganti atau ditambahkan. Perlu diketahui bahwa GIT merupakan salah satu tool yang bisa diunduh dan diinstal secara gratis pada semua perangkat dengan berbagai sistem operasi. 

Dijelaskan bahwa ada hal yang bisa diperoleh setelah kita melakukan cara menggunakan git, yaitu dimana hanya akan ada satu file dalam proyek yang perubahannya akan disimpan dalam database. 

Git hanya akan menyimpan delta perubahannya saja, namun tidak akan menyimpan semua isi file yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih banyak. Hal tersebut memberikan peluang pada kita untuk bisa kembali ke versi revisi yang kita butuhkan dan inginkan. 

Baca Juga:  Apa itu CodeIgniter? Pengertian dan Cara Kerjanya

Fungsi GIT

Berikut ini adalah beberapa fungsi git yang penting untuk Anda ketahui : 

Fungsi GIT

1. Membantu mengorganisir

Penggunaan GIT akan membantu Anda untuk bisa mengorganisir folder project dengan optimal sesuai versinya. Dimana akan tersimpan 1 project yang disimpan dengan menggunakan database khusus dengan isi dokumen semua file versi proyek yang Anda miliki. 

2. Open Source

Penggunaan GIT bisa dilakukan dengan gratis sekaligus kompatibel untuk semua jenis sistem operasi karena sifatnya yang open source

3. Mudah berkolaborasi

Dengan memanfaatkan layanan program GIT maka akan memudahkan programmer untuk bisa bekerja sama dengan programmer yang lainnya untuk membuat atau mengembangkan sistem. Hal tersebut bisa dilakukan tanpa khawatir kode sumber yang Anda miliki bisa rusak maupun tercampur karena setiap programmer akan bekerja dalam ruang lingkupnya sendiri. 

4. Backup

Dengan menggunakan GIT maka programmer bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan restore script program untuk kembali pada kondisi yang sebelumnya.

5. Platform yang fleksibel

Menjadi salah satu platform yang bersifat fleksibel sehingga bisa dipakai untuk mengerjakan beragam proyek bersama dengan tim yang Anda miliki.

Fitur GIT

Fungsi dari penggunaan GIT semakin lengkap dengan keberadaan Fitur git yaitu sebagai berikut:

Version control system

Fitur yang pertama dari GIT adalah mempunyai version control system yang lebih terdistribusi dengan baik. Fitur ini bekerja dengan menggunakan pendekatan peer to peer, maksudnya dengan menggunakan SVN atau subversion melalui model client server.

Pemberian komentar pada source kode

Fitur penting berikutnya adalah pemberian komentar pada source code yang sudah diganti ataupun ditambah. Sehingga pihak pengembang bisa mengetahui apa saja masalah maupun kendala yang dialami oleh developer lainnya. 

Bersifat atomic

Fitur yang berikutnya adalah fitur yang penting keberadaannya karena ada beberapa version control system yang sistem operasinya menggunakan non-atomic. Fitur ini bisa memberikan bantuan pada programmer untuk memastikan apakah tindakan yang dilakukannya sudah selesai dengan lengkap atau tidak. 

Branch code

Fitur yang berikutnya memiliki kegunaan untuk memungkinkan para developer atau programmer mempunyai branch kode yang bersifat massif dan independent. Hasilnya adalah keleluasaan untuk membuat, menghapus dan menggabungkan branch dengan lebih mudah serta cepat. 

Baca Juga:  Programming Adalah, Tujuan, Jenis dan Tipsnya untuk Pemula

Mempunyai media penyimpanan dalam folder .git

Berbeda dengan penggunaan VCS lainnya, penggunaan GIT akan memberikan fungsi tambahan dengan fitur penyimpanan tambahan. Fitur media penyimpanan ini ada di dalam folder .git yang didesain khusus dan tersembunyi

Index atau Staging Area

Fitur berikutnya adalah fitur index yang memungkinkan programmer atau developer untuk bisa menggunakan staging area ketika melakukan format commit sekaligus untuk melakukan review sebelum penerapan GIT dilakukan

Data Model

Fitur yang terakhir adalah yang berguna untuk mengintegrasikan cryptographic yaitu data model. Dengan memanfaatkan fitur ini programmer atau developer bisa memastikan integritas cryptographic yang ada pada bagian repository.

Keunggulan GIT dan Perbedaannya Dengan GITHUB

Keunggulan GIT dan Perbedaannya Dengan GITHUB

Sebagai salah satu jenis alat yang bekerja untuk memudahkan pekerjaan programmer dan developer, GIT pasti memiliki Keunggulan GIT yang membuat banyak orang menggunakannya. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh GIT adalah :

  • Bersifat open source alias gratis tanpa biaya lisensi dan bisa digunakan untuk semua jenis sistem operasi
  • Memiliki sistem penyimpanan yang berbasis file (maksudnya tidak menggunakan database/SQL)
  • Mempunyai Visual Control System yang lebih terdistribusi
  • Mempunyai tampilan antar muka aplikasi yang lebih mudah untuk dipahami khususnya untuk pengguna yang baru
  • Penggunaan GIT akan memberikan dukungan dalam proyek besar seperti kernel Linux
  • Akses penggunaan GIT hanya menggunakan command line tanpa menggunakan client-server

Semakin banyak programmer dan developer yang memilih untuk menggunakan GIT karena memiliki banyak manfaat penting, diantara manfaat GIT adalah sebagai berikut :

  • Bisa memfasilitasi pembuatan blog dengan menggunakan SSG
  • Lebih aman untuk digunakan dalam pembuatan proyek bersama, terutama karena memiliki fitur yang akan memberitahukan siapa yang merubah atau melakukan penggantian
  • Bisa memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang cara bekerja menggunakan kolaborasi dalam membuat proyek
  • Bisa membantu menyimpan semua jenis versi source code
  • Bisa memahami cara deploy aplikasi yang modern

Lalu adakah perbedaan antara GIT dan GITHUB? Git dan Github adalah dua jenis platform yang dibuat oleh perusahaan dan memiliki tujuan yang sama namun dengan fitur yang berbeda. Kedua platform tersebut memiliki kegunaan yang sangat penting bagi pekerjaan seorang programmer. Terutama dalam hal kinerja tim untuk melakukan penyusunan kode script yang dibutuhkan. 

Baca Juga:  Coding HTML: Contoh Dasar yang Wajib Diketahui Pemula

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Github & Cara Kerjanya

Setidaknya ada beberapa perbedaan git dan Github yang penting untuk Anda ketahui yaitu sebagai berikut :

GITGITHUB
Bisa diakses secara offlineHarus diakses secara online
Instalasi software di penyimpanan lokalDi-host dengan menggunakan layanan cloud
Tak menggunakan fitur user managementMemanfaatkan fitur user management
Dikelola oleh The Linux FoundationDikelola oleh Microsoft
Memiliki fokus pada code sharing dan version controlMemiliki fokus pada source code hosting yang terpusat

Itulah beberapa informasi tentang GIT adalah sebuah version control system yang digunakan programmer untuk menjalankan sebuah proyek pengembangan software. Setelah mengenal tentang GIT, yuk pelajari bagaimana cara instal dan menggunakannya dengan mengikuti kursus IT online di Coding Studio. Dapatkan penawaran terbaiknya dengan mendaftar sekarang juga.

Related Articles