Programming Adalah, Tujuan, Jenis dan Tipsnya untuk Pemula

Mahasiswa yang memulai terjun ke dunia ilmu komputer pasti selalu terbayang-bayang dengan ilmu programming. Programming adalah sebuah instruksi yang diberikan terkait kode-kode untuk menciptakan program komputer.

Tidak hanya sampai di situ saja, penjelasan lengkap terkait programming bisa Anda temukan dengan mudah di sini. Dengan begitu Anda bisa menyerap informasi lebih mudah dan banyak referensi dunia komputer.

programming adalah

Pengertian dari Programming Adalah

Bisa dikatakan bahwa programming adalah salah satu perbincangan utama yang sering muncul jika berada di lingkungan komputer atau teknik informatika. Dimana programming ini akan berkaitan dengan coding, program (software), website, aplikasi, hingga sistem operasi.

Oleh karena itu, programming adalah bentuk proes seseorang dalam menulis, memperbaiki, menguji, dan memelihara dari kode-kode sehingga bisa terbentuk sebuah program komputer yang baik saat dijalani.

Kode-kode yang dibuat juga tidak hanya dengan satu macam saja, Kode tersebut memang ditulis dalam bahasa pemrograman yang sudah ada. Anda sendiri bisa membuat bahasa pemrograman yang berbeda dan tergantung dari bahasa yang Anda kuasai saat melakukan pemrograman sistem.

Belajar mengenal programming bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Anda yang terjun dalam dunia programming juga harus memahami hal yang lain seperti logika, algoritma, dan pengetahuan yang lainnya dan masih seputar programming.

Kenali Tujuan dari Progamming

programming adalah

Setelah mengenal dan mengetahui pengertian dari programming, saatnya Anda lebih mengenal secara detail tujuan dari adanya programming yang sebenarnya. Tujuan dari programming adalah :

  1. Dapat membantu untuk berpikir dengan logis dan analitik, misalnya saja ketika Anda menyukai brainteaser maka dengan pengkodean inilah Anda bisa menemukan banyak hal terkait brainteaser.
  2. Mampu tingkatkan penalaran secara logis dan mudah memecahkan masalah
  3. Mampu kembangkan lobus frontal dari otak dimana bertanggung jawab untuk bisa menemukan sebuah solusi
  4. Dapat mengotomatisasi sebuah proses
  5. Dalam prakteknya bisa melakukan pengajaran agar komputer bisa melakukan suatu perintah.
Baca Juga:  CRUD PHP: Pengertian, Fungsi dan Tutorial Membuatnya

Itulah tujuan dari adanya programming di dunia ilmu komputer. Dimana tujuan ini yang dijelaskan juga berdampak kepada diri sendiri sebagai orang yang melakukan pemrograman.

Jenis-Jenis Programming

programming adalah

Secara teknis, programming dibedakan menjadi dua jenis atau dua bagian, antara lain :

  1. Jenis Front-End Programming

Jenis pertama dari programming adalah pemrograman yang bagiannya terletak paling depan. Jenis ini melibatkan segala hal yang berkaitan dengan kode dan menghasilkan elemen yang bisa dilihat dan diinteraksi oleh pengguna.

Interaksi yang dilakukan ini dalam istilah dunia teknologinya dikenal dengan User Interface (UI). Dimana UI ini merupakan bagaimana sebuah program menjadi terlihat nyata dan dapat dirasakan.

  1. Jenis Back End Programming

Jenis programming selanjutnya adalah back-end programming atau pemrograman pada bagian belakang. Jenis ini merupakan pemrograman yang harus dilakukan untuk memastikan kembali apakah program bisa berfungsi atau berjalan dengan semestinya atau tidak.

Kode yang sudah ditulis oleh programmer memang tidak akan terlihat oleh pengguna. Jenis back-end programming lebih sering bekerja dengan database untuk menyimpan informasi detail.

Karakteristik dari Programming

Bagi seorang yang akan berkecimpung dalam dunia teknologi, seharusnya informasi tidak berhenti sampai jenis dari programming saja. Anda juga perlu mengetahui karakteristiknya juga. Inilah karakteristik programming adalah :

  1. Karakter Functionality Across Languages

Karakteristik fungsionalitas lintas-bahasa merupakan semua yang dibuat akan mempunyai fungsionalitas yang sama dengan cara bagaimana bahasa yang akan diucapkan mampu mengekspresikan suatu objek, frasa dan juga emosi yang sama.

  1. Karakter Syntax and Structure

Selanjutnya terdapat siktaks dan struktur, dimana dalam sebuah perintah yang ada dalam pemrograman pasti terjadi adanya bahasa yang tumpang tindih.

  1. Karakter Natural Lifespan

Karakter selanjutnya adalah natural lifespan atau umur alami. Setiap bahasa pemrograman yang dibuat oleh seorang programmer akan mencoba untuk menciptakan cara yang baru untuk bisa lebih mudah melakukan ekspresi ide komputasi.

  1. Karakter One Creator

Kemudian terdapat one creator atau satu pencipta, dimana bahasa lisan, pemrograman bisa dibuat oleh satu orang dengan waktu yang singkat.

  1. Karakter Written Language

Terakhir adalah written language atau penulisan bahasa. Bahasa pemrograman umumnya akan ditulis dalam bahasa Inggris dan dikenal dengan sebutan “written in English”, namun ada beberapa bahasa yang non-Inggris seperti bahasa Hindi atau Arab hanya saja tidak tersebar luas.

Baca Juga:  Tipe Data Primitif dalam Dunia Pemrograman

Tips Pemula untuk Pelajari Programming

Sekarang masuk ke dalam informasi bagaimana sebagai pemula bisa mempelajari dunia programming. Tentu saja, tidak perlu berkecil hati jika belum mempunyai basic, karena Anda masih bisa menggunakan tips berikut :

  1. Kenali Bahasa Pemrograman

Saat ini ada 700 bahasa pemrograman yang tersedia di seluruh penjuru dunia, namun Anda tidak perlu khawatir untuk menghapal semuanya. Bahasa pemrograman tetap mempunyai bahasa yang populer dan dijadikan acuan.

Anda bisa menggunakan acuan C++ yang mempunyai keunggulan untuk pemula karena terbilang sederhana, cepat dan banyak pustaka yang memadai.

  1. Tekuni dasar-dasarnya

Untuk mengurangi kesalahan yang sering terjadi, maka Anda perlu melewati materi dasar secara ekstra. Dengan begitu, akan lebih mudah lanjut ke materi-materi di atasnya jika sudah menguasai dasar-dasarnya.

  1. Lakukan metode belajar sekaligus praktik

Tips belajar programming adalah melakukan belajar dengan praktik langsung ke medianya. Cara ini akan jauh lebih cepat menyerap ilmu karena langsung dipraktekan daripada hanya sekedar teori saja.

  1. Gunakan belajar media online

Saat ini sudah banyak materi yang membahas programming secara online. Anda bisa dengan mudah mendapatkan sumber ilmu dari internet dan sudah sangat beragam. Lebih mudah langsung mempelajari secara video dan melakukan praktiknya.

  1. Mulai untuk belajar algoritma

Jangan lupa untuk mempelajari algoritma sebelum loncat atau beralih ke bagian coding. Algoritma akan membantu Anda dalam mengambil sebuah keputusan dan tindakan untuk berjalan ke langkah selanjutnya.

  1. Tulis kode dengan tangan

Langkah ini berarti Anda perlu berlatih melakukan penulisan kode dengan tangan. Penulisan kode dengan tangan dan komputer akan berbeda, sebab pada komputer Anda tidak bisa memeriksa bagian tengah penulisan apakah sudah benar atau belum.

Dengan menulis di kertas atau media lain terlebih dahulu, bisa melatih kecermatan dan ketelitian Anda dalam menyusun kode.

Dengan begitu, Anda akan jauh lebih cepat bisa mempelajari programming meskipun masih pemula. Tidak ada salahnya untuk menggunakan tips ini untuk lebih cepat menyerap ilmu programming lebih mudah.

Selesai sudah informasi programming, jangan takut menghadapi kegagalan atau kesalahan yang muncul saat eksekusi program. Bisa disimpulkan programming adalah proses dalam menulis kode-kode dalam sebuah program komputer yang pasti ditemui pada dunia ilmu komputer. Untuk bisa expert dalam bidang programming maka terus asah kemampuan Anda dalam programming dan selalu mencari solusi pada setiap masalah yang ditemui. Pelajari dan kuasai materi dasarnya, baru naik ke materi selanjutnya.

Baca Juga:  Golang: Pengertian, Keunggulan dan Contoh Aplikasi Golang

Buat kamu yang tertarik belajar programming dari dasar bisa langsung cek link ini ya!

Related Articles