3 Tips Belajar Coding untuk Pemula

Perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat sekarang ini membawa perkembangan yang juga pesat untuk industri digital. Dengan perkembangan kemajuan tersebut, secara tidak langsung membawa banyak orang untuk belajar menguasai coding. Orang yang memiliki keahlian coding, disebut programmer atau developer.

Profesi programmer atau developer perangkat lunak saat ini banyak menarik minat pencari kerja maupun penyedia lapangan kerja. Lalu, apa yang dimaksud dengan coding? Bagaimana memulai belajar coding pemula? Pada pembahasan artikel kali ini, akan membahas mengenai apa itu coding, dan tips belajar coding untuk pemula.

belajar coding pemula

Coding termasuk salah satu skill profesional yang sangat dibutuhkan dalam industri yang semakin mengembangkan kemajuan di bidang teknologi dan digital. Berbagai perusahaan kini semakin mendekatkan diri dengan kemajuan teknologi digital. Oleh karena itu, mereka para perusahaan banyak mencari orang – orang dengan keahlian dalam bidang coding.

Alasannya tentu karena skill coding merupakan skill yang memiliki peran penting dalam pengembangan software atau perangkat lunak serta pemrograman komputer. Menariknya, kini belajar coding pemula tidak hanya bisa dipelajari melalui bangku kuliah formal atau pendidikan akademik yang sejenis. Anda bisa mempelajarinya melalui berbagai cara.

Apa Itu Coding?

Coding adalah tindakan menulis kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Saat menjalankan proses coding, programmer harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku agar skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer. Aturan sintaks yang berlaku sendiri tergantung dari bahasa pemrograman yang digunakan oleh programmer pada saat menuliskan skrip.

Bahasa yang digunakan oleh komputer bukanlah bahasa yang digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi, melainkan dengan bahasa kode atau bahasa mesin. Struktur bahasa mesin yang juga sering disebut sebagai biner pada dasarnya sangat sederhana, dengan hanya menggunakan dua angka, yaitu 0 dan 1.

Namun, menggunakan bahasa mesin untuk menginstruksikan perintah kerja yang harus dilakukan oleh komputer sangat tidak praktis dan memakan waktu lama. Oleh karena itu, sebagai solusinya diciptakanlah bahasa pemrograman yang mempermudah komunikasi antara programmer dengan komputer.

Baca Juga:  8 Framework Terbaik Tahun 2020, Apa Saja ya?

Dari penjelasan di atas, pengertian coding secara luas yaitu aktivitas berkomunikasi dengan komputer tentang apa yang harus dia kerjakan menggunakan bahasa pemrograman. Setiap belajar coding pemula, kode dalam bahasa pemrograman membantu komputer mengetahui dan memahami apa yang harus dilakukannya. Komputer menerima perintah kemudian melakukan tugas berdasarkan perintah yang dituliskan.

3 Tips Belajar Coding Pemula

belajar coding pemula

Pada kenyataannya, belajar coding pemula menjadi sesuatu yang penting karena permintaan posisi sebagai programmer yang semakin banyak. Lebih menariknya lagi, belajar coding pemula bisa dimulai melalui banyak cara, tidak hanya melalui pendidikan akademik ataupun bangku kuliah formal.

Di lapangan pun, banyak dari para programmer ahli yang tidak mengemban pendidikan bangku kuliah formal dalam perjalanannya menjadi seorang programmer yang ahli di bidangnya. Berikut ini, beberapa tips untuk Anda yang ingin belajar coding.

1. Memahami Konsep Dasar Coding

Sebelum belajar coding pemula, Anda harus mempelajari tentang berbagai bahasa pemrograman, terlebih dahulu Anda perlu memahami lima konsep dasar dari coding. Konsep dasar tersebut, yaitu:

  • Variabel

Variabel adalah nilai, angka, character string, dan memory address yang membantu programmer dalam membuat sebuah program.

  • Control structure

Serangkaian blok pemrograman yang digunakan untuk menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya.

  • Struktur data

Struktur data adalah format khusus untuk menyimpan data dan juga menganalisis data sesuai dengan tujuan tertentu.

  • Syntax

Kode atau script yang digunakan untuk mencapai tujuan dari programmer yang bisa dipahami komputer.

  • Tools

Program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, serta menjalankan debug terhadap aplikasi ataupun program lainnya.

2. Mengenal Bahasa Pemrograman

Untuk memulai belajar coding pemula, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan. Bahasa pemrograman sendiri terdiri dari beberapa macam yang tiap bahasa pemrogramannya mempunyai tujuan dan karakteristik masing-masing.

Menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan sesuai dengan apa yang akan dibuat dan tujuan membuatnya menjadi penting karena bahasa pemrograman memiliki tujuan dan karakteristik yang berbeda – beda.

Baca Juga:  Apa Itu TypeScript? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Sebagai contoh, saat Anda melakukan coding untuk membuat sebuah aplikasi di sistem operasi Android, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin atau Java karena bahasa ini cocok untuk belajar coding pemula. Contoh lain, misalnya Anda ingin memasukkan coding untuk membuat aplikasi web, Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman JavaScript atau PHP.

Bahasa pemrograman sendiri terdapat berbagai macam yang bisa Anda pilih dengan leluasa. Tiap bahasa pemrograman tersebut memiliki aturan penulisan yang dikenal dengan istilah sintaks. Beberapa bahasa pemrograman yang populer antara lain PHP, JavaScript, Java, Python, Ruby, dan lain-lain.

  • PHP

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf ini merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk website development atau pengembangan website dan sering dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai bahasa komando dalam CMS (Content Management System).

PHP menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan karena PHP merupakan server side scripting yang dirancang untuk membangun sebuah website yang dinamis. Contoh dari website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dalam pengembangannya antara lain Wordpress, Facebook, dan Wikipedia.

  • JavaScript
belajar coding pemula

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape ini merupakan salah satu bahasa pemrograman terpenting untuk website developer karena JavaScript digunakan untuk membuat website yang menarik dan interaktif. Bahasa pemrograman JavaScript juga digunakan dalam pembuatan aplikasi mobile, game, dan desktop.

JavaScript banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan, diantaranya yaitu bisa digunakan di banyak browser dan platform, bersifat dinamis, mudah dikembangkan dan tidak membutuhkan resource memory yang besar.

  • Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pertama kali di tahun 1992 oleh James Gosling dengan The Green Projectnya dan menjadi bahasa pemrograman yang memiliki kelebihan bisa dijalankan dalam berbagai jenis platform mulai dari komputer hingga smartphone. Java sendiri dijadikan nama oleh James Gosling karena dirinya menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau Jawa, Indonesia.

Kelebihan dari Java sebagai bahasa pemrograman antara lain yaitu bisa berjalan pada berbagai sistem operasi yang berbeda dan termasuk dalam pemrograman orientasi objek yang lebih memudahkan programmer saat menyusun program. Aplikasi – aplikasi yang digunakan di smartphone Android sebagian besar menggunakan bahasa pemrograman Java.

3. Mempelajari Coding yang Dibuat Orang Lain

Cara yang cukup mudah untuk belajar coding pemula salah satunya yaitu dengan cara mempelajari coding yang dibuat orang lain. Anda bisa mencoba menemukan coding yang sederhana, lalu amati aspek yang perlu Anda pelajari, antara lain, apakah metode yang digunakan dalam tiap line coding sudah efektif, adakah kesalahan dalam potongan coding yang Anda temukan tersebut, dan bagaimana caranya merubah sebuah kode agar fungsinya juga dapat berubah, dan sebagainya.

Baca Juga:  Mengenal OWASP: Standar Keamanan Website Dunia

Itulah pembahasan mengenai pengertian dari coding serta beberapa tips singkat untuk belajar coding pemula mulai dari memahami konsep dasar, mengenal bahasa – bahasa pemrograman yang populer, hingga mempelajari coding yang dibuat oleh orang lain. Buat kamu yang tertarik untuk belajar coding dari 0, cek link ini untuk dapat promo menarik!

Related Articles