Game Online Gratis dan Terbaik Tahun 2023

game online

Game online merupakan sebuah permainan yang bisa dimainkan di perangkat seperti komputer, smartphone dan perangkat lain yang terhubung dengan koneksi internet. Pada saat ini permainan online bukan hanya dinikmati oleh pro player saja, akan tetapi masyarakat umum juga banyak yang bermain untuk sekedar hiburan mengisi waktu senggang.

Selain sebagai hiburan, membuat konten video saat bermain juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Buktinya pada saat ini banyak Youtuber yang sukses mendapatkan penghasilan dari video yang dibuat dan diupload di Youtube.

Mereka mendapatkan penghasilan dari adsense yang perhitungannya berdasarkan banyaknya penonton. Semakin banyak orang yang menonton video kamu, maka potensi penghasilan akan lebih besar.

Rekomendasi Game Online Tahun 2023 Yang Gratis

Saat ini sudah banyak game online gratis, dimana pemain tidak perlu mengeluarkan uang jika ingin bermain. Namun pada umumnya permainan jenis ini menyediakan sebuah fitur berbayar di dalam permainan.

Pada artikel ini hanya akan membahas permainan online gratis terbaik di awal tahun 2023 hanya untuk permainan versi mobile. Berikut ini ada beberapa rekomendasi game online terbaik yang bisa kamu mainkan sekaligus bisa jadi referensi.

1. Mobile Legends: Bang Bang

game online

Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu game online yang paling banyak dimainkan pada awal tahun ini. Jika dilihat di Play Store, Mobile Legends sudah diunduh oleh 500 juta pengguna android.

Mobile Legends: Bang Bang atau biasa disebut ML ini merupakan permainan MOBA buatan developer MoonTon yang tersedia di platform android dan IOS. Permainan online ini populer karena bisa dimainkan di smartphone yang memiliki spesifikasi menengah.

Dalam permainan ML ini dimainkan oleh 10 orang pemain yang terhubung secara online. Dari ke 10 pemain itu dibagi menjadi 2 tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Kedua tim akan bertarung di arena pertempuran yang disebut dengan land of dawn.

Baca Juga:  Kursus Game Development di Indonesia

Misi utama permainan ini yaitu menghancurkan tower utama musuh yang terletak di base. Permainan akan berakhir jika tower tersebut berhasil dihancurkan. Dan yang menarik, pada permainan ini terdapat ratusan hero yang bisa dipilih oleh pemain.

Setiap hero memiliki skill, kemampuan dan kategori yang berbeda-beda. Kategori yang dimaksud yaitu ada hero marksman, assassin, tanker, mage, fighter dan support. Selain itu tersedia juga banyak item pilihan yang bisa dibeli pada saat sedang bermain.

Item yang tersedia banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan kategori yang kamu pilih. Permainan biasanya berlangsung selama 10 sampai 30 menit.

Selain itu, tersedia juga mode arcade yaitu magic chess, brawl dan hyper blend. Kamu bisa menikmati tiga mode gam tersebut hanya dengan menginstal Mobile Legends.

Permainan ini juga sering melakukan pembaharuan dan event khusus berhadiah yang membuat pemain betah. Jika kamu ingin menginstal permainan ini membutuhkan penyimpanan sekitar 6,7 giga.

2. Free Fire

Free Fire juga merupakan game online yang populer dan memiliki banyak pemain aktif. Jika dilihat dari Play Store Google, permainan ini sudah di unduh 1 miliar pengguna android. Hal ini membuktikan bahwa permainan ini memiliki banyak pemain.

Free Fire merupakan permainan survival shooter milik Garena International. Dalam permainan Free Fire ada 50 pemain yang bertanding secara online di sebuah pulau yang tersedia banyak pilihan senjata yang bisa digunakan untuk bertarung. Dari 50 pemain tersebut akan bertarung sampai menyisakan satu pemain saja.

Pemain terakhir yang bertahan akan menjadi pemenang permainan. Durasi permainan mulai dari 10 menit atau bisa lebih tergantung pemain yang bertanding. Tersedia juga pertarungan tim dimana para pemain akan bertarung di sebuah pulau secara berkelompok.

Free Fire bisa dimainkan di smartphone yang memiliki spesifikasi menengah. Jadi buat kamu yang memiliki Hp dengan spesifikasi biasa, bisa bermain Free Fire tanpa kendala. Selain itu ukuran file permainan juga tidak terlalu besar.

3. Ludo King

Ludo King merupakan game online buatan Gametion yang populer dan sudah diunduh lebih dari 500 juta pengguna Hp android. Permainan online memungkinkan pemain ludo bermain dengan lawannya secara online.

Baca Juga:  GIT adalah Version Control Programmer, Ketahui Fungsi dan Keunggulannya

Jumlah pemain dalam permainan ludo maksimal yaitu 4 orang, akan tetapi bisa juga hanya 2 atau tiga pemain saja. Ludo King bisa dimainkan bersama teman kamu apabila menginstal permainan yang sama.

Jadi permainan ini cocok dimainkan buat kamu yang suka bermain ludo hanya menggunakan smartphone yang terkoneksi internet. Ukuran file juga tidak terlalu besar hanya 65 MB saja.

4. PUBG

game online

PUBG merupakan game online yang hampir sama dengan Free Fire yang dibuat oleh developer Level Infinite. Permainan survival shooter ini sudah di unduh oleh 500 juta pengguna Hp android. Permainan battle royal di sebuah pulau yang terdiri dari 50 pemain saling bertarung untuk menjadi pemain terakhir.

Namun permainan ini ukurannya lebih besar dari Free Fire dan akan berjalan lancar di smartphone yang memiliki spesifikasi menengah ke atas.

5. FIFA Mobile

game online

Bagi kamu yang suka bermain game online sepak bola, FIFA Mobile bisa menjadi pilihan permainan untuk mengisi waktu senggang. FIFA merupakan permainan yang dibuat oleh developer terkenal yaitu ELECTRONIC ARTS yang juga membuat permainan populer lain seperti Plants vs Zombies, Real Racings, NBA Live dan masih banyak lagi.

Permainan ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pemain di Play Store android. FIFA juga tersedia di berbagai device lain seperti PS dan PC.

6. Top Eleven Be a Soccer Manager

Top Eleven Be a Soccer Manager merupakan permainan football manager yang juga banyak dimainkan oleh pengguna smartphone dari dulu hingga sekarang yang dibuat oleh Nordeus. Sampai saat ini, Top Eleven sudah diunduh lebih dari 100 juta pemain di Play Store.

Dalam permainan Top Eleven, pemain akan membentuk sebuah tim sepak bola yang nantinya akan ikut dalam sebuah liga. Tersedia juga transfer dan jual pemain untuk menambah pemain tim agar lebih kuat.

Semakin bagus kualitas dari pemain sepak bola, maka harga pemain juga akan lebih mahal. Selain itu persaingan juga akan lebih ketat dalam memperebutkan pemain secara otomatis akan menjadi incaran dari pemain lain. Untuk melakukan penawaran pemain membutuhkan token yang bisa dibeli dalam permainan atau diperoleh lewat even.

Baca Juga:  Model View Controller (MVC): Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Satu musim dalam permainan Top Eleven sama dengan satu bulan. Jika kamu masuk peringkat atas, maka tim sepak bola kamu akan naik divisi dan bertemu tim-tim lain yang lebih kuat.

Demikian daftar game online populer pada tahun 2023 yang bisa kamu mainkan secara gratis. Namun perlu diingat, dalam bermain perlu memperhatikan waktu agar tidak mengganggu rutinitas harian. Akan lebih baik jika bermain game online pada saat weekend atau waktu senggang.

Tertarik mengikuti kursus Game Development, cek promonya di Coding Studio

Related Articles