Apa Itu Guerilla Marketing? Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Apa Itu Guerilla Marketing Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Strategi marketing itu ada banyak sekali langkahnya, salah satunya adalah guerilla marketing yang memadukan elemen kejutan di dalamnya. Guerilla marketing adalah salah satu strategi marketing yang cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness dari satu perusahaan. Berikut ini penjelasan mengenai guerilla marketing mulai dari pengertian, manfaat, jenis, sampai dengan cara penerapan yang tepat.

Pengertian Guerilla Marketing

Pengertian Guerilla marketing sendiri adalah sebuah langkah atau strategi marketing yang menerapkan elemen kejutan dalam praktiknya. Inovasi dan kreativitas menjadi kunci untuk membuat kejutan dalam melakukan marketing ini bisa efektif dan mendapatkan hasil baik. Berikut beberapa prinsip dari guerilla marketing yang harus diketahui untuk bisa memahaminya dengan baik.

Pengertian Guerilla Marketing
  1. Elemen kejutan harus ada pada langkah marketing ini, supaya bisa mendapatkan perhatian dari audiens dengan cepat.
  1. Elemen kreatif dan inovatif menjadi kunci dalam membuat iklan supaya unik dan tentunya bisa lebih mudah mendapatkan perhatian audiens.
  1. Elemen sementara atau temporer, karena bila membuat iklan yang sama dalam jangka waktu lama sudah pasti efek kejutannya pun akan hilang.
  1. Memberikan efek positif pada audiens mulai dari pengalaman baru dan juga menyenangkan terhadap audiens yang melihat iklannya.

Manfaat Menggunakan Guerilla Marketing

Manfaat guerilla marketing sendiri cukup banyak, sehingga perusahaan besar yang mendunia pun sering mempergunakan strategi marketing ini. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan.

  1. Terkadang guerilla marketing merupakan strategi marketing yang fokus pada inovasi dan kreasi, sehingga budget bisa lebih hemat.
  1. Prinsip kejutan dan menarik sering kali memudahkan iklan untuk cepat viral dan akhirnya bisa mencapai audiens yang lebih luas.
  1. Efek kejutan dan tempat yang lebih dekat dengan audiens bisa memberi kesan yang lebih mendalam pada strategi marketing ini.
  1. Bisa membuka jalan untuk partnership dengan calon konsumen.
Baca Juga:  Customer Retention: Pengertian, Keuntungan dan Strategi Meningkatkannya

Jenis-jenis Strategi Guerilla Marketing

Guerilla marketing sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang bisa dikelompokkan berdasarkan metode pembuatan dan penempatan iklan. Berikut ini jenis guerilla marketing yang harus Anda pahami supaya bisa menentukan jenis yang tepat untuk digunakan.

Jenis-jenis Strategi Guerilla Marketing

1. Ambient Marketing

Ambient atau lingkungan sekitar ini berarti melakukan guerilla marketing pada lingkungan sekitar audiens yang dekat dan sering dijumpai. Biasanya diletakkan di tempat umum seperti taman, jalan, dan lain sebagainya yang memang dilewati oleh banyak orang. Bentuknya sendiri sangat beragam mulai dari lukisan, kursi, bangunan, sampai instalasi umum yang bisa membuat orang tertarik untuk melihatnya.

2. Stealth Marketing

Stealth berarti adalah sembunyi-sembunyi, berarti pembuatan iklan itu tidak terlalu terlihat dan butuh fokus lebih untuk melihatnya. Biasanya diletakkan di tempat-tempat orang berdiam cukup lama, sehingga justru sedang fokus dan akhirnya membaca iklan tersebut. Dampak kejut dari jenis ini terbilang cukup besar, karena orang mungkin tidak menyangka ada iklan pada tempat tersebut.

Salah satu contoh yang mungkin paling sering dijumpai yakni pada palang penunjuk toilet atau bahkan pada penunjuk jalan.

3. Ambush Marketing

Ambush guerilla marketing adalah iklan penyergapan yang secara tiba-tiba muncul pada satu acara yang dihadiri banyak penonton. Tentunya perlu ada kerja sama sebelumnya, namun memang efek kejutnya sangat besar dan juga bisa dibilang cukup efektif untuk marketing. Ada banyak contoh guerilla marketing jenis ini seperti iklan pada pertandingan olahraga atau pada acara musik.

4. Viral Marketing

Viral marketing bukan jenis yang mudah untuk dilakukan, karena Anda butuh iklan tersebut untuk viral terlebih dahulu. Kreativitas sangat penting untuk membuat iklan jadi viral, sehingga nantinya iklan bisa menjangkau lebih banyak orang. Anda bisa memanfaatkan influencer dan sosial media untuk membuat jenis viral guerilla marketing ini.

Tips Menerapkan Guerilla Marketing dengan Baik

Tips Menerapkan Guerilla Marketing dengan Baik

Setelah sudah mengetahui apa itu guerilla marketing, maka saatnya untuk mengetahui juga bagaimana cara menerapkannya dengan baik. Penerapan yang salah bisa berdampak buruk dan akhirnya bisa membuat langkah marketing jadi sia-sia. Berikut ini cara menerapkan guerilla marketing yang baik dan benar supaya bisa berhasil dengan baik.

Baca Juga:  Paid Promote Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Caranya

1. Lakukan Survei Audiens

Survei audiens terlebih dahulu untuk bisa benar-benar mengenali audiens, jadi iklan bisa benar-benar efektif masuk ke audiens. Guerilla marketing adalah strategi marketing yang mengandalkan konten yang mengejutkan, untuk bisa membuatnya tentu harus kenal baik dengan audiens. Survei ini akan menentukan jenis konten yang tepat.

2. Pilih Jenis yang Sesuai dengan Bisnis

Sesuaikan jenis marketing guerilla yang tepat untuk bisnis Anda, supaya langkah marketing yang Anda lakukan benar-benar efektif. Tidak semua jenis tepat untuk bisnis Anda, jadi Anda harus pahami setiap jenis dan pilih yang memang paling sesuai.

3. Ciptakan Ide Kreatif

Buatlah ide kreatif yang menjadi kunci keberhasilan dari guerilla marketing ini sendiri bisa masuk pada audiens secara luas. Semakin kreatif dan menarik iklannya, maka audiens pun akan semakin tertarik dan tidak jarang akhirnya mereka penasaran dan ingin mencoba produk.

4. Buat Anggaran

Tentukan anggaran yang diperlukan untuk membuat iklan berdasarkan kreativitas yang sudah Anda buat sebelumnya. Ini akan membatasi anggarannya dan pada akhirnya akan bisa membuat efektivitas dari guerilla marketing jadi lebih baik.

Mempelajari guerilla marketing adalah hal penting untuk marketing baik secara nyata atau melalui dunia digital. Anda bisa pelajari di Coding Studio sebagai penyedia kursus IT yang meliputi digital marketing termasuk guerilla marketing ini. Tunggu apa lagi, daftar sekarang.

Related Articles