SPSS: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

uji homogenitas

SPSS merupakan program komputer yang dipergunakan untuk melakukan analisis statistika. Sebenarnya SPSS adalah singkatan dari kata Statistical Package for the Social Sciences.

Program ini umumnya dipergunakan untuk pengolahan serta penganalisisan data yang mempunyai kemampuan analisis statistik dan sistem manajemen data serta lingkungan grafis.

Aplikasi ini menyediakan library guna melakukan perhitungan statistika antarmuka yang interaktif serta menjadikannya software analisis data pada tingkat lanjut terpopuler di berbagai perusahaan, instansi, dan universitas.

Aplikasi ini mempunyai tampilan yang user friendly sehingga akan sangat memudahkan para penggunanya. Maka tidak mengherankan jika aplikasi ini juga dipakai peneliti pasar, perusahaan survei, kesehatan, organisasi pemerintah, dan lainnya.

SPSS

Sedikit Mengenal Aplikasi SPSS

Aplikasi SPSS ini berguna melakukan analisis data statistik dan aplikasi ini sudah diakuisisi IBM Corporation. Sehingga ketika kalian akan mencari aplikasi ini akan menemukan yang namanya IBM SPSS.

SPSS

Fungsi ini memiliki beberapa fungsi yang bisa kalian ketahui dan berikut ini adalah beberapa fungsinya.

  • Pengolahan serta pendokumentasian data
  • Analisis statistik
  • Representasi data statistik
  • Analisis data
  • Pembuatan data turunan
  • Survei
  • Melakukan riset pemasaran
  • Data mining

Fasilitas

Aplikasi ini memanglah sangat memudahkan di dalam pengoperasiannya. Hal ini tidak terlepas dari berbagai macam fasilitas yang disediakan. Berikut ini adalah beberapa fasilitas tersebut.

·       Data Editor

Ini adalah jendela yang dipergunakan untuk pengolahan data. Fasilitas ini memang dirancang sedemikian rupa yang mana kalian temukan pada aplikasi spreadsheet guna mendefinisikan, mengedit, memasukkan, serta menampilkan data.

Baca Juga:  User Generated Content (UGC): Pengertian, Manfaat dan Contohnya

·       Viewer

Fasilitas ini akan mempermudah pengguna dalam melihat hasil pemrosesan, menghilangkan ataupun menunjukkan bagian tertentu pada output sehingga memudahkan distribusi dari hasil pengolahan ke aplikasi yang lain.

·       Multidimensional Pivot Tables

Nantinya hasil dari pengolahan data bisa ditunjukkan menggunakan fungsi ini. Pengguna bisa melakukan eksplorasi pada tabel dengan cara pengaturan baris, layer, dan kolom.

Pengguna bisa secara mudah melakukan yang namanya pengaturan pada kelompok data dengan splitting tabel jadi hanya satu grup saja yang dapat ditampilkan di satu waktu.

·       High-Resolution Graphics

Tentunya dengan kemampuan berupa grafik beresolusi tinggi untuk menampilkan bar charts, pie charts, scatter plots, histogram, 3D graphics serta lainnya. Hal tersebut membuat aplikasi ini selain mudah dioperasikan juga membuat pengguna merasa nyaman di dalam pekerjaannya.

·       Database Access

Pengguna program ini bisa mendapat kembali informasi yang berasal pada sebuah database dengan memakai Database Wizard yang sudah disediakan.

·       Data Transformations

Transformasi data membantu pengguna mendapatkan data yang siap dianalisis. Tentunya pengguna bisa secara mudah melakukan yang namanya subset data, merge, aggregate, add, mengombinasikan kategori, perintah transpose files, dan lainnya.

·       Electronic Distribution

Pengguna bisa mengirimkan laporan secara elektronik memakai sebuah tombol pengiriman data ataupun melakukan export tabel serta grafik ke dalam model HTML jadi bisa mendukung distribusi menggunakan intranet dan internet.

·       Online Help

Aplikasi ini menyediakan fasilitas berupa online help yang nantinya akan selalu siap dalam membantu pengguna di dalam pekerjaannya. Bantuan tadi berupa petunjuk pengoperasian dengan detail, kemudahan dalam pencarian prosedur dan juga contoh kasus di pengoperasian program tersebut.

·       Akses Data Tanpa Memerlukan Tempat Penyimpanan Sementara

Analisis file data yang sangatlah besar disimpan dan tidak memerlukan tempat penyimpanan sementara. Ini tentunya akan berbeda dengan versi terdahulunya yaitu versi 11.5 yang mana file data yang berukuran sangat buat akan dibuat temporary filenya.

·       Interface Memakai Database Relasional

Fasilitas ini berguna untuk menambahkan efisiensi serta memudahkan pekerjaan dalam mengekstrak data serta menganalisisnya dari database relasional.

Baca Juga:  Kursus Coding Online: Belajar Coding dari Rumah

·       Analisis Distribusi

Fasilitas ini akan didapatkan ketika pemakaian aplikasi multi user. Kegunaan analisis ini ketika peneliti akan melakukan analisis file data yang tergolong sangat besar bisa secara langsung me-remote pada server beserta memprosesnya sekaligus tanpa perlu memindahkannya ke komputer user.

·       Multiple Sesi

Fasilitas ini memberikan kemampuan dalam melakukan analisis satu atau lebih file data di waktu yang bersamaan.

·       Mapping

Visualisasi data bisa dibuat menggunakan berbagai tipe entah itu konvensional maupun interaktif. Contohnya memakai pie, tipe bar, simbol gradual ataupun chart.

Kelebihan dan Kekurangan SPSS

1.      Kelebihan

Tentunya aplikasi ini banyak dipilih untuk dipergunakan tidak terlepas dari berbagai macam kelebihannya dan berikut adalah kelebihannya.

  • Aplikasi ini dapat dipergunakan dalam mengakses banyak jenis format jadi data yang ada dapat langsung dilakukan analisis tanpa perlu dilakukan pengubahan pada formatnya seperti Text File, Lotus, dBase, dan lainnya.
  • Tampilan yang disediakan aplikasi SPSS ini terkesan lebih informatif.
  • Menampilkan alasan ketika terjadi missing data jadi informasi yang diberikan akan menjadi lebih akurat.
  • Pengguna tidak diharuskan untuk belajar bahasa pemrograman dikarenakan penggunaan aplikasi tersebut masuk kategori less coding sehingga bisa dipergunakan dengan cara click mouse saja.

2.      Kekurangan

Tentunya ada kelebihan ada pula kekurangannya. Walaupun mempunyai banyak kelebihan namun ada beberapa kekurangan yang perlu kalian ketahui.

  • Aplikasi ini merupakan aplikasi statistika berbayar jadi untuk memperoleh lisensi resminya kalian diharuskan untuk membayarnya, jadi aktivitas SPSS download tidak boleh dilakukan sembarangan.
  • Kendari termasuk dalam aplikasi less coding, akan tetapi pengguna haruslah menguasai ilmu statistik yang basicnya.
  • Aplikasi ini ternyata kurang mampu dalam menangani data time series.
  • Aplikasi ini terus melakukan upgrade pada versinya sehingga tampilannya akan berbeda pada setiap versinya sehingga terkadang memerlukan adaptasi bagi para penggunanya.

Cara Kerja SPSS

SPSS

Aplikasi ini bisa dipergunakan dalam membaca banyak jenis data ataupun memasukkan data secara langsung ke Data Editor. Struktur file data mentahnya sehingga data pada data editor terlebih dahulu harus dibentuk pada bentuk baris (cases) serta kolom (variable).

Baca Juga:  Skala Nominal Adalah Pengukuran Data, Berikut Penjelasannya

Case atau baris berisikan informasi bagi satu unit analisis, untuk variabel merupakan informasi yang dikumpulkan pada masing-masing kasus.

Hasil-hasil dari analisis radi akan keluar pada output navigator. Kebanyakan dari prosedur base system bisa menghasilkan pivot tables yang mana kalian dapat memperbaiki tampilan pada keluaran yang ada pada aplikasi ini.

Guna melakukan perbaikan pada output maka kalian bisa melakukan perbaikan output tadi sesuai pada kebutuhan.

Melihat informasi terkait aplikasi statistika yang satu ini tentunya kalian jadi memahami jika aplikasi tersebut akan sangat membantu dalam pengolahan data. Bagi yang bingung ingin belajar dari mana maka tidak ada salahnya mengambil kursus.

Saat ini sudah banyak lembaga kursus online yang menyediakan pelatihan tersebut dan salah satunya adalah Coding Studio. Tersedia kursus untuk level pemula yang pas untuk kalian yang baru mulai belajar.

Harga yang ditawarkan juga tergolong murah dan siapa pun bisa menjangkaunya. Metode belajar yang diterapkan berupa video learning, project based, dan case study. Metode tersebut tentunya akan membuat kalian lebih paham ketika mempelajari SPSS.

Keuntungan lain yang diperoleh adalah waktu belajar yang fleksibel jadi tidak ada alasan lagi tidak mau belajar karena tidak memiliki waktu.

Tertarik mengikuti kursus SPSS, cek promonya di Coding Studio

Related Articles