Excel Online

Cara Menghitung Rumus Persentase Excel

Menghitung rumus persentase Excel tidak dapat dipisahkan pada saat mengolah dan menyajikan hasil analisa data. Tujuannya adalah agar memudahkan pengguna maupun pembaca data supaya bisa menangkap pesan yang disajikan dari hasil analisa data tersebut dengan baik.

Ada banyak perhitungan di Microsoft Excel dengan melibatkan rumus persen, contohnya adalah menghitung bunga bank, persen komisi, persen diskon dan yang lainnya. Itulah sebabnya, Anda harus mempelajari rumus menghitung persentase khususnya di Microsoft Excel. Supaya Anda lebih paham mengenai rumus persentase yang digunakan di Microsoft Excel, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Persentase di Excel?

rumus persentase excel
Cara Menghitung Rumus Persentase Excel 10

Persentase adalah sebuah angka maupun pembanding rasio untuk menyatakan pecahan dari 100. Umumnya satuan persen atau di Bahasa Inggris percent dan merupakan kependekan dari per centum yang artinya per seratus. Persen dinyatakan dengan lambang satuan %. Pada setiap bilangan angka umumnya bisa dinyatakan jadi rasio pembanding dengan angka 1 dan Anda bisa menggunakan rumus persentase Excel untuk menghitungnya.

Contoh lainnya adalah angka 0,5, sehingga nilainya bisa ditulis dengan 0,5/1. Apabila angka 0,5 dinyatakan dengan bentuk persen atau per seratus, maka nilainya jadi 50% yang diperoleh dengan mengalikan 0,5 dengan 100% maupun 100/100.

Cara Menampilkan Persen (%) di Excel

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghitung rumus persentase Excel, pahami dahulu konsep penulisan persen yang baik di Excel. Terlebih lagi Microsoft Excel sudah menyediakan fitur mengubah nilai angka yang terdapat di cell Excel ke sejumlah format angka yang tersedia sesuai dengan keinginan. 

Salah satu contoh format angkanya adalah persentase atau percentage dan sebagaimana yang sudah dijelaskan  di atas. Nah, ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah maupun menampilkan nilai angka di Microsoft Excel jadi lambang bilangan persen (%) sebelum menggunakan rumus persentase Excel, yaitu:

  1. Menulis lambang satuan % secara langsung di cell Excel setelah menulis angka
  2. Format cell dengan cara mengubah style format persen (%) di Tab Home – Number – Percent (%), seperti ini contohnya:
rumus persentase excel
Cara Menghitung Rumus Persentase Excel 11

Anda juga bisa menggunakan cara lainnya dengan shortcut CTRL + Shift + %

  • Pilih format percentage di kotak dialog pada Format Cells.

Ketiga cara di atas untuk menampilkan persen, biasanya cara kedua yang paling umum dipakai.

Catatan:

  1. Apabila angka ditulis setelah memformat cell dalam persentase, maka angkanya otomatis berubah jadi bilangan persentase.
  2. Apabila angka yang dimasukkan ke cell dahulu tanpa menulis lambang %, kemudian cell baru diformat ke style persen, maka Excel otomatis mengalikan angkanya dengan 100 dahulu.

Contoh Menghitung Rumus Persentase Excel

Contoh-contoh menghitung rumus mencari persentase di Excel adalah:

1.     Contoh Menghitung Rumus Persentase Proporsi

rumus persentase excel
Cara Menghitung Rumus Persentase Excel 12

Perlu Anda ketahui, persentase proporsi adalah pecahan angka yang mana angka pembilangnya adalah bagian dari penyebut. Artinya adalah proses perhitungan persen dari variabel dengan cara membandingkan dengan pembandingnya.

Misalnya ada 200 mahasiswa baru dengan jumlah 80 laki-laki dan 120 perempuan. Berapakah persen mahasiswa laki-laki dan perempuan dari total keseluruhan siswa yang ada?

Rumus persentase Excel menghitung persentase proporsi adalah Proporsi = nilai proporsi : pembanding proporsi x 100%.

Contoh cara pengerjaannya di Excel adalah:

rumus persentase excel
Cara Menghitung Rumus Persentase Excel 13

Pada tabel tersebut, cara menghitung persentase sebanyak 200 mahasiswa dengan pembagian 80 laki-laki dan 120 perempuan, rumus Excelnya ialah =nilai proporsi yang dicari/nilai pembanding proporsi*100%.

Jadi, nilai proporsi yang dicari pertama ialah 80 dan kedua 120. Pembanding proporsinya adalah jumlah semua siswa yaitu sebanyak 200, jadi hasil yang didapatkan adalah 40% untuk laki-laki dan 60% untuk perempuan.

2.     Contoh Menghitung Persentase Perubahan

rumus persentase excel
Cara Menghitung Rumus Persentase Excel 14

Cara menghitung rumus persentase Excel yang kedua adalah persentase yang dipakai untuk mengetahui jumlah selisih yang ada di antara nilai awal dan akhir. Umumnya, data seperti ini sering ditemukan di perhitungan potongan harga atau diskon.

Harga barang awal akan dicari selisihnya dengan harga setelah diskon dan akan ditemukan nilainya dengan bentuk persen (%). Cara menghitungnya adalah:

rumus persentase excel
Cara Menghitung Rumus Persentase Excel 15
Screen Shot 2022 11 10 at 15.06.51
Cara Menghitung Rumus Persentase Excel 16

Berdasarkan dari tabel di atas, pembanding pertamanya adalah B2 yang tidak lain adalah penghasilan awal diterima. Perubahannya di B3 dengan nilai yang sama, jadi hasilnya 0%. Di B3 ke B4 selisihnya adalah Rp 250.000 dibagi dengan pembandingnya, jadi hasilnya adalah 50%.

Jadi, hasil dari bulan sekarang dikurang dengan bulan sebelumnya, kemudian ditabah dengan bulan sebelumnya lagi dan nilai yang diperoleh ialah nilai persen perubahan.

3.     Contoh Menghitung Persentase Perubahan Kenaikan

rumus persentase excel
Cara Menghitung Rumus Persentase Excel 17

Umumnya persentase perubahan dibagi jadi 2 dan sekarang akan membahas rumus menghitung persentase di Excel untuk perhitungan persentase perubahan kenaikan. Tujuannya adalah agar mengetahui berapa persen jumlah penambahan nilai jika dibandingkan nilai sebelumnya atau yang lama.

Konsepnya adalah nilai baru  dikurang nilai lama dan akan mendapatkan selisihnya. Rumusnya adalah perubahan kenaikan = (nilai saat ini : nilai sebelumnya) x 100%. Rumusnya memang hampir sama dengan sebelumnya, namun diprioritaskan dengan jumlah kenaikannya.

Itulah dia penjelasan tentang rumus persentase Excel, cara menampilkan di Excel dan contoh-contohnya yang bisa dipahami. Cek link ini untuk dapatkan informasi lebih lengkapnya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *