Cara Buat Kolom di Excel dengan Mudah dan Efektif

kolom
kolom

Masih ada banyak orang yang masih bingung dengan bagaimana cara buat kolom di Excel. Padahal, untuk melakukannya tidaklah sulit dan pasti bisa kalian kuasai dengan cepat. Untuk itu, tetap baca artikel kali ini sampai habis agar kalian dapat paham seutuhnya ya.

Kolom yang dimaksudkan di sini, adalah suatu tabel kolom yang pastinya memiliki banyak kegunaan. Walaupun kalian masih belum menggunakannya saat ini, kami yakin suatu saat nanti pasti akan kalian perlukan juga. Lagian, tidak ada salahnya menambah pengetahuan mengenai berbagai hal yang ada.

Penjelasan Tabel Kolom

Tabel kolom adalah, suatu tabel yang memiliki isi berupa berbagai kumpulan data yang diperlukan. Kumpulan data tersebut akan disusun sesuai dengan deretan yang kalian buat demi kepentingan kalian sendiri. Biasanya sih, berbagai data awalnya di isi pada bagian baris atau kolom yang ada.

Cara Membuat Tabel Kolom

kolom

Seperti yang kami janjikan tadi, bahwa akan ada penjelasan mengenai cara pembuatan kolom yang bisa kalian coba nantinya. Dengan begitu, kalian tidak akan perlu bingung lagi ketika suatu saat kalian memerlukan hal ini.

Sampai sekarang, sebenarnya ada tiga cara yang digunakan oleh banyak orang dalam pembuatan tabel kolom. Cara yang sering dilakukan orang-orang tersebut adalah:

  • Menggunakan Shortcut di Keyboard
  • Melalui Menu Insert Table
  • Serta Memakai Opsi Format as Table

Dari ketiga cara tersebut, kalian bebas memilih salah satunya saja. Intinya, cari yang menurut kalian cocok dan mudah untuk kalian lakukan. Karena hal itu bisa membuat pekerjaan kalian akan selesai tanpa memakan waktu yang lebih lama lagi.

Untuk yang semakin penasaran mengenai cara pembuatan tabel kolom di Microsoft Excel, tenang saja. Sebab, kami akan menjelaskan secara detail dengan cara yang mudah untuk dipahami oleh kalian. Baik bagi para pemula, orang yang memang sudah sering menggunakan Excel atau kalangan profesional sekalipun.

Baca Juga:  Excel Round, Panduan untuk Penggunaannya

Langkah-langkah Membuat Tabel Kolom di Excel

Tertarik mengikuti kursus Microsoft Excel, cek promonya di codingstudio.id

Sekarang kita segera masuk ke dalam langkah-langkah cara buat kolom di Excel seperti yang kalian inginkan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut ini. Pastikan kalian terus mengikutinya ya!

1. Menggunakan Shorcut di Keyboard

Yang pertama harus kalian lakukan apabila memakai cara yang ini, adalah menentukan seberapa besar tabel yang ingin kalian buat. Cukup dengan memblock bagian tersebut, pasti kalian sudah bisa melakukannya bukan?

Setelah itu, pada keyboard kalian, tekan tombol Ctrl + T. Ingat, tekan kedua tombol ini secara berbarengan ya.

Selanjutnya, akan muncul kotak yang bertuliskan ‘Create Table’. Saat kotak ini muncul, kalian hanya tinggal mencentang yang bertuliskan ‘My table has headers’ dan klik OK

Selesai sudah, maka tabel kolom kalian sudah jadi dan tinggal mengisinya dengan berbagai data yang kalian perlukan. Mudah bukan?

2. Melalui Menu Insert Table

Tentu saja kalian harus membuka aplikasi Microsoft Excelnya terlebih dahulu

Setelah terbuka, kalian bisa melanjutkan dengan menuliskan beberapa data yang ingin kalian masukan ke dalam tabel baik di kolom atau baris yang ada

Lagi-lagi kalian harus menandai atau memblock data tersebut dengan seberapa banyak tabel yang akan kalian jadikan tabel. Setelah menandainya, pergi ke bagian atas menu, dan klik tab insert, klik table.

Menu yang akan muncul selanjutnya sama seperti ketika kalian menggunakan shortcut keyboard. Kalian hanya tinggal mencentang kotak ‘My table has headers’ dan OK. Selesai sudah.

3. Memakai Opsi Format as Table

Apabila kalian memakai cara yang ini, maka kalian bisa membuat tabel tersebut menjadi lebih berwarna dan beragam loh. Caranya adalah sebagai berikut:

Seperti cara buat kolom di Excel sebelumnya, kalian hanya perlu memasukkan beberapa data yang diperlukan kemudian memblock bagian tersebut bersama dengan seberapa banyak tabel yang kalian inginkan

Setelah itu lihat di bagian atas dan pilih tab Home, kemudian pilih opsi Format as Table. Kalau kalian telah menekan opsi tersebut, akan muncul berbagai jenis tabel yang bisa kalian pilih sesuai dengan keperluan atau yang kalian sukai

Baca Juga:  Fungsi Counta Excel: Rumus dan Cara Pakai

Kalau sudah memilih jenis tabel yang ingin kalian gunakan, menu ‘Create Table’ akan muncul lagi dan langkah selanjutnya tinggal klik saja bagian ‘My table has a headers’, dan OK. Tabel yang kalian inginkan pun akan selesai dibuat.

Mudah sekali bukan cara membuatnya? Tapi, masih saja ada banyak orang yang masih kebingungan bahkan belum tahu untuk cara melakukannya loh. Padahal, tabel kolom sudah sering diperlukan dalam beberapa kondisi. Misalnya penyelesaian tugas bagi yang masih menempuh pendidikan, atau demi menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan oleh sang atasan.

Beberapa Pengelolaan Tabel yang Diperlukan

Sebagai bonus, kami juga akan menjelaskan beberapa cara pengelolaan tabel yang sering dibutuhkan oleh kalian. Mulai dari cara penyortiran, mematikan filter tabel, sampai dengan menambahkan total angka pada tabel.

· Sortir Data Dalam Tabel Kolom

Pilih saja bagian data mana yang akan kalian sortir, setelahnya tinggal klik lambang panah yang terdapat di judul kolom tersebut

Lalu akan muncul beberapa pilihan untuk penyortiran, yang mana sudah bisa kalian pilih sesuai dengan masing-masing kebutuhan kalian sebagai sang pembuat. Data yang ada, akan tersortir sesuai dengan perintah yang kalian pilih.

· Mematikan Filter pada Tabel

Terkadang, tombol filter yang selalu muncul dalam setiap pembuatan tabel membuat sang pembuatnya merasa kesal. Terlebih lagi apabila mereka memang tidak ingin melakukan penyortiran data, sehingga membuat fitur filter tabel ini tidak akan digunakan sama sekali.

Cara mematikan filter pada tabel di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

Pilih tabel yang ingin kalian hilangkan fitur filternya. Setelahnya, pergi ke bagian atas dan pilih tab Home, pilih Sort & Filter, dan klik Filter untuk membuat fitur ini menjadi tidak aktif. Akhirnya tidak akan ada lagi tombol filter pada tabel yang kalian buat.

· Menambahkan Total Angka pada Tabel

Pilih tabel yang akan ditambahkan total angkanya. Ke menu atas, pilih tab Design dan centang pada bagian kotak yang bertuliskan Total Row. Lalu akan muncul total penjumlahan yang biasanya terletak di bagian bawah tabel kalian secara otomatis

Baca Juga:  Data Kuesioner Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Selain total penjumlahan, masih fitur lain di Excel yang juga bisa kalian gunakan lagi loh, seperti angka tertinggi, rata-rata, serta angka terendah. Kalian bisa memilihnya hanya dengan menekan logo seperti anak panah yang akan muncul di bagian angka total penjumlahan tersebut.

Baiklah, kami yakin bahwa kalian sekarang sudah mengerti dan sangat memahami mengenai cara buat kolom di Excel. Bahkan kalian juga sudah tahu mengenai beberapa cara pengelolaan data yang ada. Semoga kalian semua mengerti dan paham dengan apa yang kami jelaskan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tertarik mengikuti kursus Microsoft Excel, cek promonya!

Related Articles