Brainware: Pengertian, Fungsi, Jenis, Macam-macam dan Contohnya

Brainware Pengertian, Fungsi, Jenis, Macam-macam dan Contohnya

Brainware adalah salah satu komponen dalam komputer yang mungkin tidak banyak diketahui namun sebenarnya sangat penting. Tanpa adanya Brainware ini maka komputer tidak akan bisa dipergunakan dan memberikan manfaat dalam kehidupan manusia. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai Brainware mulai dari pengertian, fungsi, jenis dan juga contohnya kepada kalian.

Pengertian Brainware

Pengertian Brainware itu adalah kecerdasan yang mempergunakan perangkat komputer mulai dari software sampai dengan hardware. Kecerdasan ini bisa membantu penggunaan komputer dengan baik serta bisa mengembangkan komputer menjadi lebih baik pula. Brainware inilah yang membuat komputasi bisa digunakan dan juga berkembang sangat pesat seperti sekarang ini.

Pengertian Brainware

Jadi dalam komputasi itu ada 3 komponen penting yakni hardware, software dan juga Brainware yang ketiganya tidak bisa dipisahkan. Jika ketiga komponen tersebut bisa berjalan dengan baik, maka komputasi pun akan bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan fungsinya. Informasi apa itu Brainware akan memberi informasi bahwa itu merupakan komponen penting yang mengatur kinerja dari komputer.

Fungsi Brainware

Fungsi Brainware sendiri memang ada beberapa dan terbagi menjadi beberapa sisi yang bisa menunjang penggunaan komputer dan pengembangannya. Berikut ini beberapa fungsinya.

Fungsi Adanya Brainware

1. Sebagai Programmer

Programmer di sini berarti Brainware inilah yang akan membuat suatu program atau software untuk bisa digunakan pada hardware komputer. Fungsi ini tentunya membutuhkan skill pemrograman yang baik, terutama soal bahasa pemrograman komputer yang ada banyak jenisnya. Program sendiri biasanya dibuat untuk sistem komputerisasi tertentu yang memang dibutuhkan untuk menunjang kinerja.

2. Sebagai Administrator

Administrator menjadi fungsi Brainware untuk menjaga kelancaran keseluruhan jaringan pada komputer mulai dari hardware sampai software. Jadi nantinya komputer akan bisa berjalan dengan lancar dan juga aman dari beragam gangguan dan serangan terhadap komputer. Fungsi dari Brainware adalah administrator untuk mengatasi beragam permasalahan teknis yang mungkin terjadi pada komputer.

Baca Juga:  Apa itu XML? Pengertian, Contoh dan Keunggulannya

3. Sebagai Operator

Operator dalam hal ini adalah kecerdasan yang mempergunakan komputer itu sendiri atau yang mengoperasikan komputer tersebut. Operator ini akan memastikan komputer berjalan dengan baik dan semua program bisa berjalan tanpa ada kendala apa pun. Operator inilah yang menjadi pengguna dari komputer baik itu software dan juga hardware untuk memberikan perintah terhadap komputer.

Komponen Dalam Brainware

Untuk menjaga kinerja komputer yang terdiri dari software dan hardware, membuat ada 2 komponen Brainware yang harus diketahui. Berikut ini kami akan coba berikan penjelasannya.

1. Hardware Engineer

Hardware engineer adalah komponen yang secara fokus memperhatikan hardware dari sebuah komputer mulai dari pengelolaan dan pengembangan. Biasanya komponen ini akan menjamin hardware bisa bekerja baik, bisa dipergunakan dengan baik dan juga bisa dikembangkan. Caranya pun bervariasi baik dengan cara ekspansi hardware, perkembangan hardware dan lain sebagainya.

2. Software Engineer

Software engineer adalah komponen yang lebih fokus pada software atau program yang ada pada satu komputer tertentu. Komponen ini berhubungan dengan program development yang akan memastikan program berjalan baik dan tentunya terus berkembang.

Jenis-Jenis Dari Brainware

Setelah sudah mengetahui pengertiannya dan fungsinya, maka saatnya untuk mengerti apa saja sih jenis Brainware yang ada pada saat ini. Berikut ini beberapa macam dari Brainware yang masing-masing memiliki tugas dan fungsinya masing-masing.

Jenis-Jenis Dari Brainware

1. Operator

Operator itu adalah jenis yang mempergunakan komputer dan memberikan perintah terhadap komputer mempergunakan program. Orang-orang yang menggunakan komputer mulai dari pekerja, siswa, guru dan lain sebagainya masuk dalam jenis operator.

2. Teknisi

Teknisi adalah jenis yang akan memastikan komputer bekerja dengan baik, biasanya lebih fokus pada bagian hardware. Setiap permasalahan pada hardware harus bisa diatasi oleh teknisi, termasuk juga persoalan jaringan dalam sebuah perangkat keras. Di sini Brainware adalah kemampuan untuk menjaga kondisi hardware tetap terjaga dengan baik.

3. Trainer

Trainer adalah jenis yang akan mengajarkan bagaimana cara untuk menggunakan, mengembangkan dan membuat program pada komputer. Trainer ini yang nantinya akan membuat dunia teknologi semakin berkembang dengan adanya program developer yang baik dan teknisi yang baik. Kemampuan dari trainer ini tentunya harus luas untuk bisa menghasilkan berbagai macam Brainware terbaik yang lainnya.

Baca Juga:  Perbedaan Linux VS Windows, Sistem Operasi Mana Pilihanmu?

4. Project Manager

Jenis project manager ini memiliki tugas untuk membuat dan merencanakan projek yang berhubungan dengan program dari komputer. Kemampuan yang dibutuhkan pada jenis ini sangat luas.

5. Security Specialist

Security Specialist ini bertugas untuk menjaga keamanan dari komputer dan juga jaringan dari komputer.

6. Web Developer

Web developer merupakan Brainware yang membuat sebuah website di internet yang berisi beragam informasi yang berguna bagi banyak orang.

7. Database Administrator

Database administrator memiliki tugas untuk mengelola dan menjaga database yang memang sangat penting bagi setiap orang. Baik itu perusahaan atau bahkan negara perlu pengelolaan database yang baik.

8. Sistem Analis

Sistem analis ini adalah Brainware yang bertugas untuk memastikan komputer dan koordinasi software dan hardware berjalan lancar.

Contoh Brainware

Ada beberapa contoh Brainware yang memang ada saat ini, bahkan kita sebagai pengguna komputer saja sudah merupakan Brainware. Netter atau pengguna internet itu sudah bisa dikategorikan sebagai Brainware juga. Petugas entry data apa pun itu juga termasuk dalam Brainware dalam sebuah komputasi.

Brainware adalah komponen yang sangat penting dan Coding Studio termasuk dalam jenis Trainer. Kursus di Coding Studio itu melatih untuk menciptakan Brainware yang berkualitas.

Related Articles