Computer Science Adalah: Penjelasan dan Peluang Kariernya

computer science

Perkembangan internet yang semakin terintegrasi dengan kehidupan manusia modern saat ini membuat jasa akan tenaga ahli teknik informatika kian dibutuhkan. Lalu computer science adalah salah satu dari jurusan yang mencetak lulusan teknik informatika yang kompeten.

Computer Science sendiri jadi jurusan yang cukup banyak diminati oleh generasi muda milenial pada saat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Nantinya lulusan akan siap mengembangkan pembaharuan internet bagi masyarakat di Tanah Air.

Pengertian Computer Science

computer science

Bagi orang awam seringkali bertanya-tanya apa itu jurusan Computer Science? Computer Science adalah disiplin ilmu dengan alatnya adalah komputer yang mana program studi ini berjenjang strata-1 dan umumnya berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Komputer.

Jurusan ini ditempuh selama 8 semester atau kurang lebih 4 tahun untuk nantinya menjadi sarjana yang bergelar ilmu komputer. Ini cukup berbeda dengan sarjana dari jurusan Computer Engineering yang nantinya bergelar sarjana teknik.

Perbedaan Computer Science dan Computer Engineering

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jurusan computer science berbeda dengan jurusan computer engineering. Adapun perbedaannya antara lain adalah:

· Pengetahuan mengenai Jaringan

Walaupun keduanya mempelajari tentang komputer dan internet, akan tetapi baik jurusan computer science dan computer engineering punya pemahaman yang beda mengenai jaringan komputer.

Mahasiswa pada jurusan computer science lebih banyak berfokus pada hardware dan juga perancangan komputer. Sedangkan mahasiswa computer engineering lebih berfokus pada hal yang berbentuk hardware, seperti prosesor, microcontroller, motherboard dan lain sebagainya.

· Fokus pada ilmu jurusan

Perbedaan selanjutnya yakni pada fokus ilmu jurusan tersebut. Jurusan computer science adalah jurusan dengan fokus untuk memberikan pengetahuan yang mendasar terkait dengan ilmu komputer.

Baca Juga:  IP Address Adalah: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Cara Melihatnya

Pengetahuan yang dasar ini melingkupi teori tentang algoritma komputer, pemrograman, teori tentang jaringan dan lainnya. Terkadang mahasiswa juga melaksanakan praktik terkait dengan komputerisasi dengan mengimplementasikan teori-teori seperti algoritma dan jaringan.

Adapun mahasiswa computer engineering lebih banyak berfokus pada perakitan komputer yang melingkupi berbagai komponen penyusun komputer, seperti perakitan motherboard dan juga perancangan jaringan internet.

· Konsep tentang hardware

Kedua jurusan memiliki pemahaman yang cukup dalam terkait dengan hardware komputer. Yang jadi perbedaan, mahasiswa jurusan computer science lebih banyak berfokus pada teori tentang komputerisasi yang mencangkup di dalamnya konsep operasional komputer.

Selain itu, computer science juga berfokus pada perangkat yang dibutuhkan untuk komputerisasi hingga memastikan berbagai software dapat diimplementasikan dengan baik pada perangkat komputer sehingga sistemnya dapat berjalan dengan baik.

Sementara mahasiswa computer engineering fokusnya lebih banyak pada hal yang konsepnya praktikal dan terkait dengan hardware penyusun komputer.

Mahasiswa computer engineering akan berfokus pada monitor, isi dari CPU dan juga perangkat keras lainnya. Tidak sekedar maengetahui teori tentang hardware penyusun komputer. Mahasiswa computer engineering dituntut mampu untuk membongkar dan merakit komputer dengan baik sehingga dapat dioperasikan.

· Alat penunjang perkuliahan

Bagi mahasiswa baik jurusan computer science dan jurusan computer engineering, laptop dan komputer jadi dua perangkat yang sangat diperlukan mahasiswa. Akan tetapi terdapat perbedaan kebutuhan gadget pada saat pemakaiannya.

Pada mahasiswa jurusan computer science, gadget dengan kualitas dan spesifikasi yang tinggi diperlukan untuk mengimplementasikan software dan implementasi teori-teori algoritma yang mendukung proses komputerisasi.

Sedangkan bagi mahasiswa jurusan computer engineering, gadget dengan spesifikasi yang tinggi tidak terlalu diperlukan karena mahasiswanya cenderung pada perakitan komputer di lapangan sehingga laptop dengan spesifikasi standar diperlukan.

· Peluang kerja lulusan

Perbedaan antara lulusan computer science dan computer engineering juga terlihat pada peluang kerja lulusan yang dihasilkan. Umumnya lulusan computer science banyak berkiprah sebagai staf komputerisasi, programmer dan system analist.

Adapun lulusan computer engineering banyak berkecimpung sebagai computer analyst, system engineer dan juga network administrator. Walaupun berbeda, kedua lulusan tersebut punya peluang kerja yang luas dan mudah untuk mendapatkan pekerjaan di masa sekarang.

Baca Juga:  IaaS (Infrastructure as a Service): Pengertian dan Kelebihannya

Profil Lulusan Computer Science

computer science

Seperti yang telah dijelaskan, computer science adalah jurusan yang banyak berkecimpung pada program pengembangan komputer yang mana dilakukan dengan proses komputerisasi. Terdapat beberapa peluang kerja yang sesuai dengan background sebagai computer science.

Lantas, apa sajakah profil lulusan yang dihasilkan dari jurusan spesialis ilmu komputer ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

· Developer atau System Analyst

Peluang kerja bagi lulusan computer science yang pertama ialah sebagai pengembang ataupun analis sistem komputer. Profesi ini lebih banyak berfokus pada perencanaan, koordinasi, penentuan perangkat dan sistem serta penelitian dan evaluasi sistem.

Sebelum nantinya sebuah sistem diterapkan dalam suatu instansi, developer atau tim analis haruslah memiliki hasil penelitian dan laporan kelayakan sistem untuk sebuah institusi tertentu sehingga nantinya dapat meminimalisir adanya kendala yang timbul pada sistem pada saat diaplikasikan di lapangan.

Profesi sebagai pengembang ataupun tim analis sistem ini dapat berkisar di angka 5 hingga 15 juta rupiah untuk sekali proyek yang sedang diselesaikan di lapangan. Angka tersebut bahkan dapat bertambah tergantung dari kerumitan sistem yang diterapkan.

· Database Specialist

Jurusan computer science adalah jurusan yang memberikan teori tentang basis data dan pemrograman sebuah data dalam sistem. Oleh karenanya, profesi sebagai database analyst dapat menjadi alternatif peluang kerja yang menjanjikan bagi lulusan Jurusan Computer Science.

Kini hampir semua data sudah terinput menjadi data digital yang disimpan di ruang digital dengan keamanan yang baik. Melihat hal tersebut, jasa database analyst sangat diperlukan di lapangan.

Profesi ini secara khusus memastikan keamanan dan juga alur data yang disimpan dalam sistem data suatu instansi berjalan dengan baik dan tidak bocor ke publik.

· Software Developer

Banyaknya aplikasi yang ditemui di pusat aplikasi digital saat ini bisa jadi merupakan produk dari seorang software developer. Dan lulusan computer science berperan banyak akan hal itu. Ini tidak lain karena dalam pembelajarannya, jurusan ini memberikan praktik desain program perangkat lunak yang dapat diterapkan secara umum.

Baca Juga:  Mengetahui Apa Itu Pop Up? Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Tugas merancang, menganalisis, mengembangkan dan memodifikasi jadi pekerjaan utama yang biasa dilakukan oleh seorang lulusan bidang ilmu komputer. Penghasilannya sendiri juga tidak main-main. Setiap aplikasi yang dihasilkan mampu membuat lulusan digaji besar.

· Computer Network Specialist

computer science

Profesi ini secara khusus memang identik dengan lulusan computer science. Tugas dari profesi ini lebih banyak berfokus pada upaya menjaga jaringan komputer agar tetap berjalan dengan baik dan mengurangi kendala yang timbul.

Seorang spesialis di bidang jaringan komputer akan mendesain, menciptakan sebuah jaringan dan merawat jaringan agar tetap stabil dan normal sehingga pemanfaatannya berjalan dengan baik. Bayaran untuk profesi ini juga tidak sedikit, dapat mencapai puluhan juta setiap proyeknya. Demikian tadi penjelasan tentang computer science, yang mana merupakan jurusan ilmu komputer yang secara khusus berfokus pada desain program dan software di suatu sistem di komputer.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles