Belajar Komputer Untuk Pemula dan Manfaatnya

belajar komputer

Tidak dipungkiri bahwa perkembangan zaman, teknologi, dan informatika membuat sebagian besar aspek kehidupan harus menggunakan komputer. Dari aspek pekerjaan, pendidikan, bisnis, hiburan, dan lainnya. Sehingga belajar komputer menjadi hal yang setidaknya pernah dilakukan oleh seseorang agar memiliki keterampilan komputer.

Saat belajar di tingkat SMA misalnya, pasti ada ujian komputer yang dilaksanakan sekolah yang nilainya nanti menjadi salah satu syarat kelulusan. Biasanya, sebelum ujian akan ada materi dan pelatihan untuk belajar komputer dasar. Ilmu tersebut yang nantinya akan menjadi bekal setelah kelulusan, seperti kuliah, bekerja atau mendirikan usaha.

Namun, jika Anda masih bingung bagaimana cara menguasai penggunaan komputer, artikel ini akan memberikan penjelasan, terutama jika Anda masih seorang pemula.

Apa Itu Komputer?

belajar komputer

Sebelum masuk pada pembahasan bagaimana cara belajar komputer bagi pemula, ada baiknya kita bahas dulu pengertian komputer.

Komputer adalah benda elektronik yang terdiri dari susunan beberapa perangkat keras yang bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti mengolah data sesuai rumus yang ada di dalam komputer. Nantinya, hasil dari olah data tersebut memberikan informasi yang bermanfaat untuk penggunanya.

Atau definisi lainnya, komputer adalah perangkat elektronik yang disusun oleh beberapa komponen dan saling terhubung untuk membentuk sistem kerja. Sistem ini nantinya akan secara otomatik melakukan pekerjaan sesuai dengan program yang telah diperintahkan, hasil dari data dan program tersebut berupa informasi yang bisa kita baca.

Baca Juga:  Google Space: Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya

Cara Belajar Komputer Untuk Pemula

belajar komputer

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk belajar komputer, yaitu:

1. Belajar teori komputer

Sebagai langkah awal belajar komputer, baiknya Anda mempelajari teori komputer terlebih dahulu. Meskipun menguasai komputer bisa dilakukan dengan langsung praktik, tetapi memahami teori komputer bisa jadi panduan lebih mudah untuk mempelajari komputer.

Anda bisa membeli buku atau membaca panduan melalui internet untuk menguasai teori komputer. Semakin sering mempelajarinya, semakin lancar ketika Anda mempraktikkannya.

2. Membeli perangkat komputer yang murah

Memiliki perangkat sendiri memudahkan Anda ketika belajar, karena membeli komputer sendiri lebih baik daripada meminjamnya. Anda bisa membeli perangkat yang murah untuk belajar, ini lebih baik daripada terjadi kerusakan pada komputer orang lain ketika Anda belajar.

3. Beranikan diri untuk praktik langsung

Ketika pertama kali memegang komputer, pasti ada perasaan takut untuk melanjutkannya. Entah takut melakukan kesalahan atau merusak komputer itu sendiri. Anda tidak perlu khawatir, ketakutan tersebut lumrah terjadi pada pemula.

Namun, Anda perlu memberanikan diri untuk melanjutkan pelatihan komputer. Untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan, Anda bisa belajar dengan hati-hati dan memperhatikan langkah-langkah dan teori secara seksama.

4. Menonton tutorial di YouTube dan internet

Selain membaca buku teori komputer, Anda juga bisa cara belajar komputer di HP dengan menonton tutorial dari video YouTube atau internet. Kelebihan dari melihat tutorial dalam bentuk video bisa memberikan efek yang nyata, sehingga kita lebih mudah untuk mengikuti langkah-langkahnya untuk mengoperasikan komputer.

5. Belajar sistem operasi

Mempelajari komputer berarti Anda harus tahu sistem operasi, terutama nantinya jika Anda harus menggunakan komputer yang lebih canggih, misalnya dalam bekerja.

Sistem operasi yang terkenal adalah produksi dari Microsoft, hampir semua sistem operasi yang digunakan pada komputer dari rilisan lama sampai keluaran terbaru dikeluarkan oleh Microsoft. Maka dari itu, Anda perlu belajar sistem operasi agar skill penguasaan pada komputer lebih maksimal.

6. Kenali perangkat yang saling terhubung pada komputer

Sesuai dengan definisi komputer yaitu terdiri dari serangkaian perangkat, sehingga Anda perlu memahami nama-nama komponen tersebut dan fungsinya. Seperti monitor, keyboard, mouse, hard disk, CPU, speaker, dan lain-lain.

Baca Juga:  Anonymox: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

7. Miliki niat yang kuat untuk belajar

Niat menjadi fondasi ketika Anda memutuskan untuk mempelajari komputer. Perkuat niat tersebut dengan memikirkan tujuan Anda belajar, seperti mempermudah pekerjaan atau pendidikan dan lainnya. Atau bisa juga dengan meminta dukungan dari teman-teman terdekat atau keluarga.

8. Rajin berlatih

Kemampuan apa pun akan semakin bagus jika kita rajin berlatih, termasuk saat mempelajari komputer. Ada baiknya jika Anda berlatih komputer setiap hari untuk menambah kemampuan baru dan memperlancar latihan sebelumnya setiap Anda berlatih.

9. Memahami software komputer

Selain sistem operasi, pemahaman terhadap software yang digunakan pada komputer juga harus Anda kuasai. Software ini biasa digunakan oleh pengguna untuk membantu pekerjaan yang menggunakan komputer. Fungsinya sama seperti sistem operasi, yaitu menunjang olah data pada komputer.

Manfaat Belajar Komputer

belajar komputer

Komputer menjadi salah satu wujud kemajuan teknologi ciptaan manusia yang sangat mempengaruhi berbagai kegiatan di kehidupan. Sehingga, sangat disarankan agar Anda belajar komputer untuk mempermudah kehidupan di berbagai aspek.

Menguasai komputer memiliki manfaat yang sangat banyak, beberapa di antaranya yaitu:

1. Membuat pekerjaan lebih mudah

Tujuan dibuatnya komputer memang untuk membantu pekerjaan agar bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, pekerjaan juga bisa selesai dengan cepat.

2. Sarana komunikasi

Mungkin kita mengenal ponsel sebagai sarana komunikasi yang praktis, tetapi komputer juga bisa melakukan hal yang sama. Kita bisa berkirim pesan lewat komputer, hingga melakukan video call.

3. Menunjang pendidikan

Kegiatan belajar mengajar sudah menggunakan komputer sebagai sarana. Dari penyusunan materi pembelajaran, penyampaian, hingga ujian. Komputer juga digunakan untuk menyusun tugas akhir atau penelitian.

4. Prospek kerja lebih luas

Seseorang yang ahli mengoperasikan komputer memiliki prospek kerja yang luas. Umumnya, beberapa pekerjaan membutuhkan karyawan yang menguasai komputer. Ada yang hanya membutuhkan penguasaan komputer dasar hingga ahli.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa bekerja secara mandiri dengan menyediakan jasa yang Anda jual atau membuat konten sebagai YouTuber karena penguasaan Anda terhadap editing video.

Baca Juga:  Apa Itu E-Wallet? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

5. Belajar informatika

Dengan belajar informatika, seseorang bisa menciptakan, merancang, serta mampu mengembangkan suatu sistem dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) menggunakan tools dan teknologi yang sesuai. Lalu, apakah belajar informatika harus memakai komputer?

Tidak selalu, Anda bisa belajar informatika melalui ponsel ataupun tablet. Meskipun begitu, belajar komputer tidak ada salahnya dilakukan. Karena, Anda bisa saja bertemu komputer setiap harinya untuk melakukan suatu pekerjaan.

6. Menunjang kegiatan bisnis

Dengan menguasai komputer, Anda bisa membuka bisnis yang berkaitan. Misalnya membuka percetakan buku, print dokumen atau foto, rental komputer, atau jasa.

Penutup

Komputer tidak hanya menjadi sebuah gaya di mana orang akan terlihat lebih keren atau lebih pintar. Komputer menjadi wujud kemajuan teknologi yang telah dikembangkan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaan.

Belajar komputer memiliki manfaat yang banyak di antaranya yang telah disebutkan pada poin sebelumnya. Anda juga bisa menjadi bagian dari pengembang teknologi komputer jika belajar dengan tekun. Bukti dari perkembangan komputer yang telah dilakukan adalah bentuk komputer yang kini lebih ramping dan telah dibuat versi praktisnya, yaitu laptop.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles