Mengenal NET Framework

NET framework

Bagi Anda yang memiliki sebuah perangkat laptop mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah NET Framework. Jika Anda memikirkan bahwa sebuah aplikasi tak akan bisa dijalankan jika ada sebuah sistem penting yang kurang di dalam aplikasi tersebut, maka komponen tersebutlah yang perlu Anda pasang di perangkat komputer Anda.

Bahkan Anda mungkin sudah pernah melihat sebuah pop-up yang muncul tiba-tiba pada saat Anda ingin menjalankan sebuah aplikasi atau game, di mana di sana menyebutkan bahwa Anda perlu memiliki framework tersebut.

Maka dari itu, kali ini kita akan membicarakan mengenai framework yang mungkin tak banyak dipikirkan orang, namun sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dalam membuat sebuah aplikasi bisa berjalan dengan lancar di dalam perangkat komputer Anda.

Apa itu NET Framework?

NET framework

Aplikasi .NET Framework merupakan sebuah aplikasi atau kerangka kerja yang diciptakan oleh Microsoft yang berguna sebagai fasilitator untuk banyak aplikasi yang sedang dijalankan di dalam Windows komputer Anda.

Perangkat lunak ini memiliki 2 komponen yang utama, antara lain Common Language Runtime atau CLR yang gunanya untuk mengatur aplikasi yang sedang digunakan, dan juga Framework Class Library atau FCL sebagai pustaka kode yang terkelola untuk membantu pemrosesan aplikasi.

Layanan yang Tersedia

Hal yang cukup penting untuk diketahui adalah, dari dua komponen yang tersedia dalam Framework tersebut, kemudian kita akan disediakan beberapa layanan yang bisa digunakan di dalam aplikasi, antara lain:

  • Fungsi pengelolaan dan pemantauan penggunaan memori pada saat aplikasi sedang berjalan, yang biasanya menjadi tugas dari seorang programmer, dengan adanya penggunaan .NET Framework maka tugas tersebut jadi bisa dialihkan dan tentu saja akan memudahkan tugas programer.
  • Common Type System atau CTS digunakan sebagai sebuah standar untuk pembacaan atau penggunaan jenis data dalam .NET Framework. Cara kerja CTS adalah dengan membaca kelompok jenis data yang sedang digunakan atau dikelola dalam runtime agar bisa memfasilitasi jalannya integrasi secara lintas bahasa.
  • Class library luas yang disediakan oleh .NET Framework membuat Anda bisa menuliskan susunan kode dengan cukup leluasa sebab layanan ini memiliki sifat ready-to-use, di mana akan memungkinkan Anda untuk tak perlu repot lagi menuliskan kode dengan jumlah yang besar untuk menjalankan operasi pemrograman dengan tingkat dasar.
  • Pengembangan di dalam framework dan juga teknologi yang memiliki pustaka pemrograman yang luas, makabisa menyediakan area yang luas untuk melakukan pengembangan aplikasi dengan lebih spesifik. Misalnya adalah ASP.NET yang digunakan pada aplikasi web, dan ADO.NET yang digunakan dalam data akses, Windows Communication Foundation sebagai langkah pengembangan dengan orientasi yang menitik beratkan pada pelayanan, lalu Windows Presentation Foundation dalam aplikasi Windows yang ada pada desktop.
  • Common Intermediate Language atau CIL adalah sebuah compiler bahasa dengan target di mana .NET Framework bisa menggunakan susunan kode perantara dengan nama Common Intermediate Language atau CIL. Kode untuk perantara ini kemudian akan terkumpul ketika runtime sedang dijalankan oleh Common Language Runtime atau CLR. Dengan begitu, sebuah proses pemrograman pada satu jenis bahasa dapat diakses oleh jenis bahasa lain, programmer juga bisa lebih berfokus pada pembuatan aplikasi dengan bahasa yang sesuai pilihan.
  • Penyesuaian versi bisa terjadi dalam sebuah aplikasi yang pengembangannya menggunakan .NET Framework yang memiliki versi tertentu, dan masih bisa berjalan dengan versi yang terbaru tanpa melewati proses modifikasi.
  • Eksekusi yang dilakukan berdampingan dalam NET Framework akan membantu penyelesaian masalah perbedaan versi dengan cara mengizinkan banyak versi dari Common Language Runtime atau CLR ada dalam satu perangkat yang sama. Ini artinya, dari banyak versi aplikasi yang bisa berjalan secara bersamaan dengan versi dari awal pembuatannya. Eksekusi secara berdampingan ini bisa berlaku dalam kelompok .NET Framework dengan versi 1.0 atau 1.1, 2.0 atau 3.0 atau 3.5, serta 4 atau 4.5.x atau 4.6.x atau 4.7.x atau 4.8.
  • Penargetan ganda yang dilakukan terhadap .NET Standard memiliki arti bahwa sebuah developer membuat suatu class library dan dapat bekerja menggunakan berbagai jenis yang dimiliki .NET Framework platform, selama hak itu didukung dengan .NET Standard. Misalkan, class library dengan target .NET Standard 2.0 dapat digunakan pada aplikasi dengan target .NET Framework versi 4.6.1, .NET Core versi 2.0, dan juga UWP versi 10.0.16299.
Baca Juga:  Apa itu CodeIgniter? Pengertian dan Cara Kerjanya

Sejarah dari .NET Framework

NET framework

Setelah kita mengetahui dan memahami penjelasan mengenai .NET Framework, Anda akan bisa segera menyadari bahwa perangkat lunak ini tersedia dengan banyak sekali versi. Pengembangannya sendiri pertama dimulai saat akhir tahun 1990-an yang awalnya diberi nama Next Generation Windows Services atau disingkat NGWS.

Setelah itu, di akhir tahun 2000-an, muncul versi beta .NET Framework 1.0 yang telah dirilis. Lalu, dua tahun setelahnya, .NET Framework versi 1.0 sudah beroperasi menggunakan sistem kode yang terkelola ke dalam beberapa versi Windows, mulai NT 4.0, dilanjutkan 98, lalu 2000, versi ME dan juga XP.

Sejak pertama rilis sampai saat ini, Microsoft telah meluncurkan setidaknya 16 versi dari .NET Framework. Versi yang paling baru adalah Microsoft NET Framework versi 4.8. Di setiap versi framework, memiliki Common Language Runtime atau CLR, kemudian class library secara dasar, dan juga library terkelola lain.

Versi NET Framework

Pada tiap versi terbaru yang dikeluarkan .NET Framework, tidak hanya menambah fitur baru, tetapi juga tetap mempertahankan fitur yang sudah ada di versi sebelumnya. Berikut ini adalah daftar versi .NET Framework sejak pertama kali dirilis sampai yang paling baru, mulai dari versi 1.0, versi 1.1, versi 2.0, versi 3.0, versi 3.5, versi 4, versi 4.5, versi 4.5.1, versi 4.5.2, versi 4.6, versi 4.6.1, versi 4.5.2, versi 4.6, versi 4.6.1, versi 4.6.2, versi 4.6.1, versi 4.6.2, versi 4.7, versi 4.7.2, versi 4.7.2, dan versi 4.8.

Pentingnya NET Framework

Itulah beberapa penjelasan mengenai NET Framework yang penting untuk Anda ketahui, apalagi jika Anda adalah seseorang yang banyak melakukan pekerjaan menggunakan perangkat komputer atau laptop di mana penggunaan aplikasi yang semakin modern akan membutuhkan support atau keberadaan software dengan versi yang lebih tinggi atau sesuai dengan kebutuhannya.

NET framework

Anda tak bisa menutup mata akan hal ini, karena memang masih banyak orang yang tidak familiar dengan hal ini, padahal software yang dikembangkan oleh Microsoft ini cukup krusial dan bisa dibilang wajib untuk terpasang dalam perangkat Anda agar semua aplikasi bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Baca Juga:  5 Program Sederhana untuk Melatih Logika Looping Kamu

Tertarik mengikuti kursus yang telah disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang.

Related Articles