6 Jenis Database yang Sering Digunakan

Di zaman teknologi yang semakin berkembang ini, pastinya database sudah tidak asing lagi. Banyak orang yang sudah menggunakan database untuk menyimpan data atau informasi. Tapi, apa sih pengertian database itu sendiri? Database adalah kumpulan data atau informasi yang terorganisir dan diatur secara khusus untuk pencarian dan pengambilan cepat oleh komputer.

Di mana, data yang dimaksud ini biasanya digunakan dalam berbagai bentuk teks, angka, media, dan lainnya. Selain itu, saat ini juga telah banyak berbagai jenis database yang digunakan orang-orang. Memahami berbagai jenis database ini sangat penting bagi suatu instansi atau individual yang terkait dengan bidang ini.

Jenis database yang perlu kamu ketahui adalah sebagi berikut:

1. Database Relational

jenis database
Photo by omnisci.com

Jenis database ini memiliki data yang diatur ke dalam kategori yang telah ditentukan sebelumnya menggunakan serangkaian tabel. Tabel terdiri dari baris (tuple) dan kolom (attribute), serta bersama-sama membentuk tabel (relation). Pada jenis ini, SQL adalah bahasa akses data untuk aplikasi database relational.

Ada sejumlah prosedur mudah yang dapat dilakukan pada tabel, sehingga memudahkan untuk memperluas database ini. Dimulai dengan menghubungkan dua database dengan relasi bersama dan menyesuaikan semua aplikasi saat ini. Contoh database relational adalah MySQL, Oracle, dan Microsoft SQL Server.

2. Database NoSQL

Jenis Database
Photo by educba.com

Database apa pun yang tidak menggunakan SQL sebagai bahasa akses data utamanya, diklasifikasikan sebagai NoSQL. Sehingga, database non-relational adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis database ini. Hal ini dikarenakan data dalam database NoSQL tidak harus mematuhi skema yang telah ditentukan sebelumnya.

Tidak seperti data dalam database relational, database ini ideal untuk menyimpan data tidak terstruktur atau semi terstruktur. Salah satu manfaat database NoSQL adalah ini memungkinkan developer untuk membuat perubahan pada database dengan cepat tanpa mengganggu aplikasi yang menggunakannya. Contoh database NoSQL adalah MongoDB dan CouchDB.

Baca Juga:  Data Set Adalah: Pengertian, Jenis dan Contohnya

3. Database Cloud

Jenis database
Photo by  rawpixel on freepik

Jenis database ini adalah database yang telah dikustomisasi atau dibuat khusus untuk digunakan dalam lingkungan virtual melalui platfrom cloud computing. Ini memberi pengguna berbagai layanan cloud computing (SaaS, PaaS, IaaS, dll.) untuk mengakses database. Ada beberapa manfaat menggunakan jenis ini, termasuk membayar kapasitas penyimpanan dan bandwidth per pengguna.

Ini juga menyediakan skalabilitas sesuai permintaan dan ketersediaan yang sangat baik. Dalam penerapan software sebagai layanan, database cloud juga memungkinkan bisnis untuk mendukung aplikasinya. Contoh database cloud adalah Microsoft Azure SQL Database, Amazon Relational Database Service, dan Oracle Autonomous Database.

4. Database Object-Oriented

Photo by phoenixnap.com

Database object-oriented adalah kombinasi dari database relational dengan Object-Oriented Programming (OOP). Semua jenis data dapat disimpan dalam bentuk database ini. Karakteristik dan metode objek yang akan disimpan dalam database menggambarkan apa yang harus dilakukan dengan data. Meskipun ada beberapa item dengan OOP yang dapat disimpan dalam database relational seperti Java, database ini lebih cocok untuk item tersebut. Jenis database ini diatur di sekitar objek daripada action, dan data daripada logika.

Misalnya, rekaman multimedia dalam database relasional dapat menjadi objek data yang dapat ditentukan, sebagai lawan dari nilai alfanumerik. Contoh database object-oriented adalah PostgreSQL, Wakanda, dan ObjectStore.

5. Database Graph

Overhyped Graph Database Valuations - Wikibon Research
Photo by neo4j.com

Grafik terdiri dari node dan edge, yang masing-masing mewakili entitas dan masing-masing menentukan hubungan di antara mereka. Database graph adalah database yang menempatkan penekanan yang sama pada data dan koneksi. Jenis ini memiliki bentuk database NoSQL yang menyimpan, memetakan, dan membuat kueri relationship menggunakan teori graf.

Data dalam database ini juga tidak terbatas pada model yang sudah ada. Tujuan utama dari database graph adalah untuk menganalisis interkoneksi. Salah satu penerapannya mungkin pada perusahaan yang menggunakan database graph untuk melakukan data mining dari media sosial untuk mempelajari lebih lanjut tentang konsumen mereka. Contoh database graph adalah Datastax Enterprise Graph dan Neo4J.

6. Database Distributed

Photo by phoenixnap.com

Data tersebar di banyak sistem database organisasi dalam jenis ini. Jenis database ini mencakup kontribusi dari database umum, serta informasi yang direkam oleh komputer lokal. Dalam sistem basis data jenis ini, data tersebar di seluruh organisasi dan tidak disimpan di satu lokasi. Lokasi-lokasi tersebut saling terhubung melalui jalur komunikasi, sehingga memudahkan mereka untuk mengakses data yang tersebar.

Baca Juga:  Nuxt JS: Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihannya

Koneksi komunikasi menghubungkan sistem database ini bersama-sama. Sehingga, pengguna akhir dapat dengan mudah mengakses data dengan menggunakan koneksi tersebut. Contoh database distributed adalah Hbase dan Ignite.

Itulah tadi 6 jenis database yang sering digunakan. Nah, kalau kamu seringnya menggunakan jenis yang mana, nih? Kalau kamu tertarik dengan informasi ini, terus ikuti blog Coding Studio atau kunjungi Instagram kami, ya!

Related Articles