Coding Adalah: Definisi, Manfaat dan Jenis Bahasa Pemrograman untuk Coding

Coding Adalah Definisi, Manfaat dan Jenis Bahasa Pemrograman untuk Coding

Dunia IT dan dunia digital memang sudah berkembang pesat dan saat ini sudah bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup besar. Coding adalah sebuah ilmu yang bisa menjadi bekal yang sangat bermanfaat untuk bisa memberi penghasilan besar di masa sekarang. Tapi mungkin sampai saat ini masih ada banyak sekali orang yang tidak mengerti soal Coding, padahal ilmunya sangat penting.

Bagi kalian yang menginginkan masuk ke dunia pemrograman seperti pembuatan website atau aplikasi maka perlu mempelajari coding. Ilmu coding sendiri sebenarnya sangat dibutuhkan di masa sekarang terlebih dengan penggunaan aplikasi sampai sosial media. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai coding, manfaatnya, dan juga bagaimana cara untuk mempelajari bagi para pemula.

Apa Itu Coding? 

Pertama-tama kalian perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu coding, supaya kalian tahu konsep dasar dari coding ini. Coding itu merupakan sebuah kegiatan menulis satu kode dengan menggunakan bahasa komputer untuk bisa berkomunikasi dengan komputer. Kode yang ditulis ini nantinya akan bisa dipakai untuk memberikan perintah pada komputer untuk bisa melakukan suatu tugas. 

Apa Itu Coding

Coding itu menggunakan bahasa pemrograman, sehingga untuk melakukan proses coding itu perlu menguasai bahasa pemrograman terlebih dahulu. Coding itu membantu komunikasi dengan komputer jadi jauh lebih efektif dan bisa menjalankan perintah yang kalian inginkan. Coding adalah langkah supaya bisa berkomunikasi dengan komputer lebih maksimal terutama untuk memberikan perintah tertentu untuk mengerjakan sesuatu. 

Manfaat Menguasai Coding

Coding merupakan sebuah ilmu yang sebenarnya sangat bisa membantu kehidupan kita terutama dalam penggunaan komputer. Pemanfaatan komputer pun jadi lebih maksimal untuk bisa membantu kita dalam berbagai kegiatan dengan menghasilkan beragam program. Jadi ada banyak sekali manfaat belajar coding dan bisa menguasai coding dengan baik, berikut ini kami akan jelaskan manfaatnya. 

Manfaat Menguasai Coding

1. Membuka Peluang Kerja Lebih Tinggi

Manfaat pertama dengan membuka peluang kerja yang lebih tinggi terutama di masa seperti sekarang dengan teknologi yang semakin berkembang. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang dengan kemampuan coding untuk berbagai keperluan di era digital sekarang. Mulai dari membuat website perusahaan, membuat program perusahaan, sampai aplikasi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Baca Juga:  NPM Adalah: Cara Kerja, Perintah Dasar, Cara Install, dan Contohnya

2. Bisa Mendapat Penghasilan Lebih Besar

Manfaat yang kedua adalah bisa memberikan kesempatan untuk bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar. Kemampuan coding itu sangat jarang dimiliki sementara kebutuhannya itu cukup tinggi, sehingga penghasilan yang didapatkan pasti besar. Jadi kalian tidak mungkin akan menyesal apabila mempelajari coding, karena bisa dipakai untuk menghasilkan banyak uang. 

3. Bisa Menyesuaikan Program Sesuai Kebutuhan

Manfaat yang ketiga adalah kalian bisa menyesuaikan program yang kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan dengan coding yang tepat. Banyak sekali program yang mungkin tidak sesuai atau bahkan ada batasan versi gratis dan juga berbayar, semua itu bisa disesuaikan dengan coding. Jadi coding adalah ilmu yang memang sangat berguna dalam kehidupan kita. 

4. Bisa Menyelesaikan Masalah Pada Program Tertentu

Manfaat yang keempat adalah bisa menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi pada satu program tertentu yang sedang digunakan. Bila kalian tahu kodenya, maka kalian bisa mencari tahu masalahnya dan kemudian mengubah kode tersebut untuk memperbaikinya. Jadi kalian tidak akan terlalu kesulitan ketika menghadapi masalah ketika menggunakan satu program tertentu.

Jenis Bahasa Pemrograman Untuk Belajar Coding

Coding tentunya tidak akan lepas dari bahasa pemrograman, dan ada cukup banyak bahasa pemrograman saat ini yang bisa digunakan. Kalian mungkin memilih salah satu bahasa pemrograman untuk bisa mempelajari coding dan pastikan memilih bahasa pemrograman yang tepat. Berikut ini kami akan informasikan beberapa jenis bahasa pemrograman yang bisa kalian pergunakan untuk belajar coding. 

1. PHP

Pertama ada bahasa pemrograman PHP yang merupakan bahasa pemrograman dengan fitur lengkap untuk pembuatan website. Banyak sekali perusahaan besar yang mempergunakan bahasa pemrograman ini untuk coding yang mereka lakukan dalam membuat website. Ada beberapa fitur di PHP yang bisa mendukung beberapa fungsi dari web development

  • Fitur yang pertama adalah mengatur form mulai dari mengumpulkan data, menyimpan data sampai mengirimkan data. 
  • Fitur yang kedua adalah mengatur cookies pada sebuah website dengan mudah, dan coding adalah salah satu bagian yang diperlukan dari pengaturan cookies ini. 
  • Fitur yang ketiga adalah membatasi akses beberapa pengunjung dalam mengakses halaman website, jadi ada beberapa akses yang akan diberikan. 
Baca Juga:  Firewall Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

2. Javascript

Berikutnya ada bahasa pemrograman Javascript yang merupakan bahasa pemrograman untuk website, namun bisa lebih dinamis. Jadi bila menggunakan bahasa pemrograman ini bisa membuat konten bergerak tanpa harus reload halaman website tersebut. Salah satu contoh coding bahasa pemrograman Javascript adalah jumlah like di aplikasi tertentu yang bisa berubah secara real time. 

3. Python 

Selanjutnya ada Python yang merupakan bahasa pemrograman yang menurut kami sangat tepat digunakan oleh pemula dalam coding. Bahasa pemrograman Python itu menggunakan Sintaks yang sederhana, karena menggunakan bahasa yang menyerupai bahasa manusia. Kemudahan dari Sintaks di bahasa pemrograman ini yang membuat banyak web developer atau pembuat aplikasi menggunakannya. 

Baca Juga : Python Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Bahasa pemrograman ini memang mudah digunakan, sehingga bisa digunakan untuk pembuatan website sampai ke pembuatan aplikasi. 

4. Java

Bahasa pemrograman yang selanjutnya adalah Java yang juga merupakan bahasa pemrograman sangat fleksibel dan tepat untuk aplikasi mobile. Java coding adalah pembuatan kode pada bahasa pemrograman Java yang seringnya dibuat untuk aplikasi mobile sedari dulu. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah mudah digunakan karena kode dan tampilan yang sederhana. 

Bahasa pemrograman ini pun bisa dibilang portabel, karena bisa tetap kompatibel meski jika digunakan di berbagai platform. 

Tips Mempelajari Coding Untuk Para Pemula

Tips Mempelajari Coding Untuk Para Pemula

Mempelajari coding itu memang tidak mudah, karena ada banyak hal yang harus dipelajari terutama soal bahasa pemrograman tadi. Tapi ada cara belajar coding untuk pemula yang bisa kalian terapkan, berikut ini penjelasannya. 

1. Mempelajari Bahasa Pemrograman Kemudian Tentukan Yang Paling Dikuasai

Tips yang pertama adalah kalian harus mempelajari beberapa bahasa pemrograman terutama untuk dasar coding dari setiap bahasanya. Setelah itu nanti kalian akan bisa menentukan bahasa pemrograman yang paling tepat terutama yang paling dikuasai. 

2. Selalu Upgrade Skill Dari Berbagai Sumber

Tips yang kedua adalah selalu upgrade skill coding dari berbagai sumber yang saat ini memang ada banyak sekali platformnya. 

Baca Juga:  6 Keuntungan Mempelajari Game Development

3. Mencoba Membuat Program Untuk Portofolio

Tips yang ketiga yakni mencoba untuk membuat program sebagai bahan latihan dan juga bisa menjadi portofolio. 

Bila kalian menginginkan mempelajari coding lebih mendalam bisa mengikuti kursus dari Coding Studio yang materinya lengkap. Coding adalah ilmu yang penting, jadi jangan ragu untuk mengikuti kursus di Coding Studio.

Related Articles