Belajar Bahasa Pemrograman C++ yang Sederhana dan Penjelasannya

Belajar Bahasa Pemrograman C++ yang Sederhana dan Penjelasannya

Pembuatan beragam aplikasi banyak menggunakan bahasa pemrograman C++. Maka dari itu, untuk Anda yang termasuk pemula, belajar C++ dapat menjadi langkah yang tepat dalam mengembangkan karier menjadi developer andal.

Lalu, seperti apa proses dalam belajar C++ dengan baik? Tak perlu khawatir, pada artikel kali ini akan kami bahas secara lengkap, dari pengertian, konsep dasar, keunggulan serta contoh dari program C++. Ikuti terus pembahasan kali ini!

Bahasa Pemrograman C++, Apa itu?

C++ merupakan bahasa yang dapat digunakan dalam pembuatan berbagai jenis aplikasi. Contoh, sistem operasi baru, aplikasi untuk gadget, aplikasi pengolah gambar, hingga game.

Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Bahasa ini merupakan pengembangan bahasa pemrograman C. Maka tak mengherankan jika kedua bahasa ini mempunyai struktur kode serta sintaks yang sama. Perbedaannya, C++ adalah Object Oriented Programming atau OOP sementara C adalah bahasa pemrograman prosedural.

Ini berarti, C++ mempunyai data serta function yang dipadukan dalam objek dan kelas untuk bekerja sama memecahkan suatu masalah. Maka saat Anda ingin mengubah fungsi, tak perlu mengubah program secara menyeluruh. Dengan demikian, mengubah kode nantinya lebih fleksibel.

Dalam bahasa pemrograman C dengan sifat prosedural hal ini tak dapat dilakukan. Mengingat data dan function terpisah serta harus dibaca oleh compiler satu persatu. Maka saat Anda ingin mengubah fungsi, keseluruhan program perlu Anda ubah.

Bahasa pemrograman C++ sejak awal didesain pada tahun 1983 terus berkembang sampai rilis versi paling baru C++ 17 pada tahun 2017. Sekalipun terdapat beberapa versi, konsep dasarnya tetap sama hingga Anda tak perlu kebingungan untuk menggunakan versi yang mana.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu JSON, Fungsi, Cara Menggunakan, dan Keuntungannya!

Lalu seperti apa konsep dasar dari C++ ini? Ikuti pembahasan berikutnya!

Konsep Dasar dari C++

Jika Anda ingin mempelajari C++ maka penting untuk mengerti konsep dasar dari C++. Berikut pembahasannya.

Konsep Dasar dari C++

– Variabel

Variabel merupakan penanda identitas yang dipakai dalam menampung suatu value. Ini berarti variabel nantinya menunjukkan suatu lokasi yang ada pada RAM atau memory komputer. Dengan demikian, ketika Anda membuat satu variabel, nantinya ada satu slot memory guna menampung value tersebut.

C++ termasuk bahasa pemrograman menggunakan konsep strongly typed. Ini berarti, ketika melakukan deklarasi, Anda wajib memberi type data pada setiap variabel.

– Control Structure

Control structure merupakan konsep dasar dalam menentukan keputusan pada masing-masing code flow atau baris pembacaan kode. Seperti apa cara kerjanya?

Ketika program melakukan pembacaan baris kode satu persatu dengan compiler, maka tugas dari compiler yaitu menemukan titik pengambilan keputusan. Nah, titik keputusan ini berupa penyeleksian serta pengulangan kode.

Control structure nantinya membantu compiler dalam mengambil keputusan apakah penyeleksian atau pengulangan tersebut nantinya dipecahkan ataupun dilewati.

– Data Structure

Data structure merupakan fitur yang memiliki fungsi dalam pembuatan deklarasi yang berisi kelompok variabel yang memiliki tipe data berbeda. Statement struct dimiliki oleh data structure. Anda dapat membuat struktur dengan tipe mendirikan sebuah objek dengan fitur bahasa pemrograman C++ ini.

– Syntax

Syntax merupakan aturan dalam penulisan kode untuk membuat suatu aplikasi atau program. Syntax meliputi suatu layout, simbol dan ekspresi. Anda perlu untuk memastikan ketepatan syntax yang digunakan guna mencegah terjadinya error pada aplikasi atau program yang Anda buat.

Keunggulan yang Dimiliki Oleh C++

Sebelum Anda mempelajari lebih jauh tentang C++, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu keunggulan dari bahasa pemrograman satu ini. Berikut pembahasannya!

– Portabel

C++ merupakan bahasa pemrograman portabel. Ini berarti Anda dapat melakukan coding, kemudian melakukan compile pada operating system (OS) yang berbeda. Contoh, Anda dapat menulis kode pada OS Linux lalu melakukan compile kode pada OS Windows.

Baca Juga:  NoSQL: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Bisa dikatakan ketika mempelajari bahasa pemrograman satu ini Anda memiliki kebebasan untuk memakai operating system apapun.

– Object Oriented

C++ merupakan bahasa pemrograman yang fokus pada objek atau object oriented. Ini berarti, data dan function dipadukan dalam kelas serta objek guna bekerja sama memecahkan suatu masalah.

Objek saling berkaitan nantinya mempercepat penulisan kode. Hal ini karena Anda dapat memakai kode class yang sama dengan fitur inheritance guna menghindari pengulangan kode. Tak hanya itu, OOP juga mempermudah Anda dalam mendeteksi permasalahan jika terdapat kendala di aplikasi.

– Mudah untuk Mengatur Memory

Bahasa pemrograman C++ mempunyai Dynamic Memory Allocation atau kemampuan pengaturan memory secara dinamis. Anda pun lebih mudah memperoleh memory tambahan ketika program berjalan dengan pengaturan ini.

Programmer pun cukup terbantu dalam mengatur Tree atau Linked List sesuai kebutuhan dengan adanya kemudahan ini.

– Mempunyai Skalabilitas yang Baik

Skalabilitas cukup baik dimiliki oleh C++. Ini berarti pembuatan program dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda pun dapat membuat program sederhana dengan ukuran kecil terlebih dahulu sebelum pengembangan untuk menjadi aplikasi dengan ukuran yang lebih besar.

– Eksekusi yang Lebih Cepat

C++ merupakan bahasa pemrograman yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan low level manipulation. Ini berarti, sekalipun termasuk suatu high level language, C++ dapat membuat eksekusi kode berjalan dengan lebih cepat pada komputer dikarenakan minimnya jeda waktu ketika melakukan interpretasi kode.

Contoh Program C++ yang Kerap Digunakan

Setelah mengetahui tentang konsep dasar C++, Anda dapat menggunakannya untuk pengembangan beragam aplikasi. Nah, berikut adalah contoh aplikasi yang memakai bahasa pemrograman C++.

– Operating System

Banyak operating system atau sistem operasi dikembangkan dengan menggunakan C++, misalnya Windows dan Mac OS. Akan tetapi tentunya didukung dengan penggunaan bahasa pemrograman yang lain seperti Swift.

Salah satu alasan menggunakan C++ untuk operating system adalah kecepatan eksekusi pada komputer yang menjadi kunci suatu OS bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Skill yang Dibutuhkan oleh Mobile App Developer

– Akses Database

C++ juga banyak digunakan dalam pengembangan database seperti MongoDB dan MySQL. Hal ini karena C++ termasuk bahasa pemrograman modern portable untuk akses beragam library database.

– Aplikasi Pengolah Grafis

C++ banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi grafis, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan Adobe Premiere. Beberapa aplikasi grafis memerlukan image processing cukup intensif, di mana C++ dianggap sesuai dalam mengembangkan aplikasi tersebut.

Nah, dengan mempelajari C++ bukan tidak mungkin di masa depan Anda dapat mengembangkan aplikasi kompleks yang beberapa di antaranya telah kami sebutkan di atas.

– Browser

Ada banyak browser populer yang dikembangkan dengan C++ seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome. Salah satu alasannya yaitu C++ memiliki portability. Mengingat suatu browser tentunya akan dibuat multiplatform agar mempermudah para penggunanya.

– Games

C++ juga digunakan dalam pengembangan games 3D yang rumit. Contoh game populer yang dikembangkan dengan menggunakan C++ adalah Call of Duty: Black Ops II.

C++ cocok dalam pengembangan game sebab kebutuhan akan proses eksekusi yang cepat. Dengan adanya low level manipulation, tentu C++ bisa melakukannya dengan lebih baik dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain.Setelah mengikuti artikel kali ini, tentunya Anda sudah lebih mengetahui tentang C++. Nah, tunggu apalagi? Untuk belajar bahasa pemrograman C++ Anda bisa segera bergabung dengan kursus IT online di Coding Studio.

Related Articles