Mengenal Bahasa Pemrograman Swift untuk Aplikasi Apple

Mengenal Bahasa Pemrograman Swift untuk Aplikasi Apple

Melihat perkembangan teknologi saat ini membuat semakin banyak juga kesempatan terbuka untuk meniti karir di dunia teknologi atau IT. Anda juga bisa bekerja sebagai developer iOS di Apple dengan gaji yang tinggi dan pekerjaan yang menyenangkan. Akan tetapi, itu tak akan menyenangkan jika Anda tidak memahami bahasa pemrograman Swift.

Apakah bahasa Swift tersebut? Ini adalah bahasa pemrograman yang dicetuskan dan dikembangkan oleh Apple Inc. yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs. Jika Anda tertarik untuk bersaing memasuki perusahaan ini, maka Anda perlu menyimak ulasan berikut yang membahas tentang bahasa Swift. Simak ulasannya sampai habis.

Apa itu Bahasa Pemrograman Swift?

Swift adalah sebuah nama bahasa pemrograman yang memiliki orientasi terhadap objek yang sedang dikembangkan untuk membuat produk dari perusahaan Apple.

Apa itu Bahasa Pemrograman Swift

Dasar dari bahasa ini adalah Objective-C yang dirancang agar bisa dijalankan bersamaan dengan framework Cocoa milik Apple. Jika dilihat dari dasar bahasa yang ada, bahasa Objective-C, bahasa C dan C++ bisa beroperasi dengan Swift pada program yang sama.

Chris Lattner adalah orang dibalik pengembangan bahasa Swift yang memiliki tujuan untuk mengatasi kesulitan yang terdapat dalam bahasa Objective-C. Pertama kali dirilis di tahun 2014 dan dipublikasikan di WWDC (Worldwide Developers Conference) milik Apple.

Swift kini telah menjadi bahasa pemrograman yang banyak membentuk aplikasi dengan nama besar seperti Spotify, YouTube, juga Instagram dalam versi iOS sejak pertama dirilis.

Fungsi Bahasa Swift

Bahasa pemrograman Swift memiliki fungsi utama, yaitu sebagai pengganti dari bahasa pemrograman pendahulunya Objective-C yang dalam penggunaannya membutuhkan metode penulisan yang lebih rumit dan terlalu kompleks.

Keunikan dari bahasa Swift ini adalah jika sebuah program atau aplikasi yang sudah dibuat menggunakan bahasa Objective-C maka tidak perlu lagi mengulang penulisan kode aplikasi, ini karena bahasa Swift bisa digabung dengan bahasa Objective-C dalam projek yang sama.

Baca Juga:  Membuat Aplikasi dengan Python Secara Mudah

Kelebihan Bahasa Swift

Jika melihat dari keterangan di website resmi, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari bahasa Swift yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan Bahasa Swift

1. Up to Date

Kita tahu bahwa bahasa Swift adalah bahasa pemrograman yang relative baru dan muda. Maka dari itu, tidak heran jika bahasa ini memiliki sifat yang clean, kekinian, up to date, dan modern.

Anda juga perlu tahu bahwa bahasa ini tidak memerlukan penggunaan tanda titik koma (;) layaknya bahasa pemrograman secara umum. Dengan begitu, bahasa Swift jadi lebih mudah untuk dibaca dan dipahami sehingga terhindar dari kesalahan penulisan.

2. Cepat

Bagi Anda yang memang sudah tertarik dengan dunia programming, tentu saja Anda sudah tidak asing dengan istilah compiling. Compiling adalah sebuah proses pembacaan bahasa pemrograman yang dilakukan oleh computer dan setelah itu diubah menjadi susunan perintah atau command.

Dalam bahasa pemrograman Swift, ada sebuah teknologi yang disebut compiling LLVM yang akan mempercepat proses pembacaan. Dengan kata lain, proses pembuatan program juga bisa dilakukan dan selesai dengan lebih cepat.

3. Aman Digunakan

Tidak hanya up to date dan cepat, bahasa Swift juga dianggap lebih aman dari bahasa sebelumnya. Ini karena Swift tidak punya kelompok atau kumpulan kode yang berpotensi untuk diretas atau dirusak oleh hacker yang berniat jahat.

Ini adalah poin yang paling penting, di mana keamanan adalah hal vital yang sudah semestinya menjadi komponen terkuat dalam sebuah bahasa pemrograman. Anda juga bisa yakin jika aplikasi atau program Anda tidak akan merugikan siapa pun.

4. Mudah Dimengerti

Bahasa Swift banyak disepakati oleh programmer sebagai sebuah bahasa pemrograman yang mudah untuk dipahami. Apple sendiri juga menambahkan bahwa bahasa Swift ini bisa menjadi bahasa ibu bagi siapa saja, mulai dari orang yang masih dalam taraf belajar di sekolah, hingga orang yang memang ingin meniti karir di bidang teknologi.

Kemudahan ini juga semakin memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penyusunan bahasa Swift dalam proses pemrograman, sehingga programmer akan mudah berkembang.

Baca Juga:  Belajar Programming Online dengan Coding Studio

5. Kompatibel dengan Objective-C

Ini juga salah satu keuntungan yang besar. Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa bahasa Swift bisa beroperasi di bahasa atau API Objective-C, yang mana ini akan mempersingkat proses perubahan aplikasi tanpa harus mengcopy kode aplikasi dari Objective-C ke Swift.

6. Open Source

Bahasa pemrograman Swift dibuat menggunakan source code, ruang obrolan, juga bug tracker. Semua ini adalah dari pengembang untuk pengembang, dan ini bisa Anda temukan dalam sebuah forum yang disebut Swift.org. Open Source berarti bahwa bahasa Swift bisa digunakan oleh siapa saja, dan komunitas ini mempunyai contributor yang berasal dari dalam dan luar perusahaan Apple.

Dari banyaknya keuntungan yang bisa Anda dapatkan, hanya ada satu kekurangan yang ada dalam bahasa Swift, yaitu kurangnya library di dalamnya. Namun, ini masih bisa dipahami karena bahasa ini tergolong masih baru dan tentu saja kedepannya akan lebih berkembang dengan menyediakan lebih banyak library.

Kemudahan Belajar Bahasa Swift

Keuntungan lain bagi Anda yang serius untuk belajar bahasa pemrograman Swift adalah Anda tidak harus memiliki produk dari Apple untuk bisa mulai mempelajari bahasa Swift yang mudah ini. Anda bisa mencari tahu caranya di internet, dan jika Anda ingin coba membuat aplikasi iOS dengan Swift maka perlu untuk menggunakan computer atau laptop dengan OSX.

Cara untuk Mulai Belajar Bahasa Swift

Sebagai upaya untuk memperlancar Anda yang memiliki impian meniti karier di bidang IT, terutama yang berhubungan dengan iOS, Anda bisa mulai mempelajarinya dengan mengunjungi situs web resmi dan belajar secara online. Anda akan menemukan file yang berisi panduan tepat untuk mempelajari bahasa pemrograman Swift. Bisa juga Anda menemukannya di YouTube.

Berikut ini beberapa sumber yang bisa Anda pilih untuk mempelajari bahasa Swift:

  • Situs resmi Apple
  • Kursus Online
  • YouTube
  • Tutorial
  • Blog IT
  • Seminar IT
  • Buku
  • Dokumentasi

Berapa Lama untuk Bisa Menguasainya?

Dari semua sumber yang bisa Anda kunjungi, lalu berapa lamakah kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk bisa mempelajari bahasa pemrograman Swift? Bagi Anda yang memang sudah paham dasar bahasa pemrograman, maka waktu yang dibutuhkan tak akan banyak, setidaknya 3-4 hari atau paling lama 7 hari.

Baca Juga:  Apa Itu Laravel?

Tapi jika Anda benar-benar baru mulai untuk belajar bahasa pemrograman, maka akan membutuhkan setidaknya 1 bulan atau kurang jika Anda belajar secara intensif. Anda juga bisa memutuskan untuk belajar sendiri dengan banyak membaca atau menonton tutorial, akan tetapi Anda perlu sadar bahwa ini akan memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pembelajaran yang didampingi oleh expert secara langsung.

Itulah ulasan menarik mengenai bahasa pemrograman Swift yang penting untuk Anda ketahui sebelum Anda terjun dan memulai karir di dunia IT, khususnya pemrograman berbasis iOS milik Apple. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta kesempatan Anda untuk bisa memperoleh hidup yang lebih baik kedepannya. Apakah Anda tertarik untuk memulai karir dalam dunia programming? Yuk belajar coding di Coding Studio dengan mentor professional terbaik!

Related Articles